Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kebiasaan Makan Orang Jerman Yang Bikin Tubuh Mereka Sehat

Guten tag! Kalau ditanya kebiasaan baik apa yang bisa kita tiru dari orang Jerman, salah satunya ialah pola hidup mereka yang sehat. Sebagai acuan, orang Jerman lebih memilih naik sepeda ketimbang naik kendaraan beroda empat sebab lebih sehat dan juga menghemat ongkos parkir mobil yang mahalnya minta ampun. Gaya hidup ini juga tercermin dari kebiasaan makan orang Jerman juga yang serba sehat.


Mau tahu apa aja kebiasaan makan sehat itu? Berikut yakni beberapa yang bisa dicontoh.


Pecinta Sauerkraut


kebiasaan makan orang Jerman adalah menikmati sauerkraut.
Asem-asem kecut tetapi membuatnagih. Itulah serunya menikmati sauerkraut! (Foto: Shutterstock)

Sauerkraut ialah asinan kubis yang khas dan orang Jerman lazimmencicipinya selaku makanan pendamping. Cita rasa sauerkraut ini masam sebab ada proses fermentasi alami. Tidak cuma kaya akan probiotik yang baik untuk pencernaan, namun juga mengandung Vitamin A, B, C, dan E. Kalau ingin menjajal sauerkraut, bisa juga dimakan sebagai isian pada roti atau teman pendamping makan steak ataupun sosis.


Sarapan dengan Muesli


kebiasaan makan orang Jerman adalah menikmati serealia.
Mau dikonsumsi dengan susu atau yogurt, sama-sama enak! (Foto: Shutterstock)

Apakah kita tergolong yang suka sarapan kuliner “kelas berat” seperti mi ayam atau lontong sayur? Jika mengawali hari dengan kuliner sarat karbo, umumnya kita mudah mengantuk. Kalau telah mengantuk, bisa-mampu hari itu menjadi tidak produktif!


Orang Jerman biasa sarapan dengan muesli, adalah serealia kering yang dibuat dari campuran oat, kacang, buah, dan gandum yang dipanggang sampai kering. Muesli ini mampu dikonsumsi dengan susu atau sebagai cemilan saat jam nanggung.


Kenapa muesli ini sehat? Kandungan seratnya sungguh tinggi dan gandum yang terkandung di dalamnya baik untuk sistem pencernaan. Kombinasi gandum dan kacang-kacangan menciptakan perut kenyang lebih lama. Godaan untuk nyemil pun akan terhindari!


Nyemil roti kaya serat


Roti yang orang Jerman umumkonsumsi bukanlah roti tawar putih seperti lazimnya . Jika daripada roti yang biasa kita makan, roti Jerman memiliki karakteristik lebih kasar dan berwarna cokelat. Kalau beberapa tahun yang lalu kita sempat heboh dengan roti whole grain, orang Jerman justru sudah sedari dahulu meninggalkan roti tawar putih. Alasannya? Roti dengan tekstur bergairah mirip roti rye, whole grain, atau whole wheat mengandung lebih banyak serat yang baik untuk pencernaan.


Tidak melewatkan sarapan


Sarapan bersama keluarga sudah menjadi salah satu kebiasaan makan orang Jerman. Sebagian besar keluarga di Jerman menikmati sarapan mereka dengan jus jeruk, kopi, atau susu bareng dengan roti atau telur rebus. Orang Jerman jarang mengatakan satu sama lain saat makan. Mereka umumnya damai ketika menikmati masakan mereka tanpa terburu-buru.


Gurkensalat


salah satu kebiasaan makan orang Jerman adalah mengonsumsi gurkensalat.
Gurkensalat ini renyah dan rendah kalori. (Foto: Shutterstock)

Selain sauerkraut, kebiasaan makan orang Jerman lainnya ialah mengonsumsi gurkensalat atau selada mentimun. Gurkensalat ini terkenal di aneka macam golongan umur, terutama belum dewasa. Renyah dan nikmat disantap selaku teman makan, gurkensalat juga kaya akan vitamin. Mentimun mengandung 95% air, sehingga memakan gurkensalat baik untuk mempertahankan hidrasi dan menciptakan perut kenyang lebih lama.


Meskipun tidak gampang menerapkan pola hidup orang Jerman ini sepenuhnya di Indonesia, pastinya ada beberapa di antaranya yang mampu dicontoh. Dengan mengusahakan perpaduan contoh hidup sehat dengan masakan yang bergizi dijamin akan membuat mutu hidup kita kian meningkat setiap harinya.