Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaatkan Penanak Nasi Untuk Buat 5 Kreasi Resep Unik Ini

Sebagai seseorang yang pernah merantau selaku anak kos, aku tahu seberapa pentingnya eksistensi penanak nasi untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Meski ada penanak nasi tradisional, yang kumaksud di sini adalah barang elektronika yang sering dijual dengan nama rice cooker atau magic jar.


Kehadiran penanak nasi juga secara tidak pribadi menyehatkan tubuh dan dompetku. Sejak mempunyai barang ini di dapur, saya jadi lebih termotivasi untuk mengolah makanan sendiri dan perlahan-lahan mengurangi kebiasaan makan di luar. Setiap akhir bulan, aku punya kebiasaan membongkar isi tas atau dompet dan menjumlah total pengeluaran dari puluhan struk belanja yang sengaja kukumpulkan. Harapannya sih supaya bisa tahu kemana larinya duit aku selama ini. Selesai hitung-hitung, di bulan aku berbelanja penanak nasi, ternyata aku sukses menghemat pengeluaran hingga 40 persen, lumayan banget kan!


Sekarang, setelah menikah, aku mantap mengolah masakan sendiri, mulai dari sarapan sampai makan malam bareng keluarga. Awalnya memang tidak mudah, terlebih kalau telah kecapekan setelah pulang kantor. Tapi saya pikir, sayang uangnya! Uang yang aku dan suami keluarkan untuk makan di luar mampu dipakai jalan-jalan atau masuk ke tabungan pensiun. Asal ada kemauan, masak sendiri bantu-membantu tidak ribet. Kali ini aku akan bagikan beberapa kreasi resep unik yang hanya memerlukan penanak nasi — dan tentu saja juga lezat.


Coba deh kamu praktekkan dan lihat jumlah duit yang mampu kamu ekonomis setiap bulannya!


Kari Jepang dari penanak nasi


5 Kreasi Resep Unik Menggunakan Penanak Nasi
Kuahnya yang kaya bumbu, membuat lapar! (Foto: Shutterstock)

Kamu tahu tidak apa yang membedakan kari Jepang dengan kari India? Jawabannya ialah penggunaan bumbu yang lebih minim pada kari Jepang. Soal rasa, keduanya sama-sama yummy! Untuk hidangan ini kamu perlu menyiapkan kentang, terong, bawang bombay, kari bubuk, minyak sayur, bawang putih, kunyit bubuk, tepung terigu, dan air. Pertama, tumis bawang di dalam panci penanak nasi dengan minyak sayur, lalu masukkan sayur dan masak hingga setengah matang. Tuangkan ke wadah lain, kemudian bersihkan permukaan panci. Di panci penanak nasi yang telah bersih, panaskan minyak sayur dan masukkan tepung dan bumbu debu. Tumis hingga rata, lalu masukkan rebusan ayam dan masak hingga matang.


Nasi Liwet Beras Merah


Doyan nasi liwet? Coba buat nasi liwet beras merah, yuk! Beras merah dimasak bareng bawang putih, bawang merah, daun salam dan serai. Masak hingga nasi matang. Praktis, nggak pakai ribet!


Lemon Roast Chicken


5 Kreasi Resep Unik Menggunakan Penanak Nasi
Biarpun dimasak dengan penanak nasi, tampilannya tetap bagus. (Foto: Shutterstock)

Untuk sajian yang satu ini, kau bisa memilih mengolah masakan satu ekor ayam atau hanya beberapa potongan saja. Semuanya tergantung dari ukuran penanak nasi yang kau punya di rumah. Caranya, siapkan daging ayam, kaldu bubuk ayam, buah lemon, bawang putih, minyak sayur, serta satu sendok teh Royco Kaldu Ayam dan lada seperlunya. Masukkan semua bumbu ke dalam panci penanak nasi, kemudian tambahkan ¼ gelas air. Nyalakan tombol penanak nasi dan masak hingga daging ayam matang.


Bubur Manado Oatmeal


Ini dia bubur kesayangan orang Manado! Bubur ini aslinya sudah termasuk sehat, alasannya adalah dimasak dengan aneka macam sayuran sehingga kaya serat. Namun untuk menjadikannya lebih sehat lagi, saya biasa mengganti beras dengan oatmeal. Cara memasaknya cukup gampang, tumis sayur jagung, kangkung dan bayam bersama bawang putih sampai matang di panci penanak nasi. Selanjutnya, masukkan kaldu dan oatmeal. Masak sampai matang dan hidangkan selama bubur masih tampakmengepul panas.


Ayam Jahe


Setiap kali aku membawa sajian ini ke kantor, niscaya laku manis diserbu sahabat sekantor. Untuk mengolah masakan ayam jahe, kau membutuhkan daging ayam, air, beras merah, Royco Kaldu Ayam, jahe, bayam dan susu kacang badam (almond milk). Untuk memasaknya, masukkan beras merah, daging ayam, jahe, dan bayam ke dalam panci penanak nasi. Lalu, masukkan Royco Kaldu Ayam yang telah dilarutkan bersama susu. Masak selama 40 menit atau sampai nasi matang. Selamat mencoba!