Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Inspirasi Sajian Makan Siang Sederhana Yang Kaya Akan Nutrisi

Beragam cara untuk menciptakan sajian makan siang sederhana tetapi kaya akan nutrisi. Mulai dari untuk disuguhkan di rumah sampai bekal ke sekolah ataupun kantor. Tidak perlu resah mencari-cari lagi, alasannya Masak Apa Hari Ini sudah merencanakan 5 wangsit yang mampu dicoba satu per satu atau dikombinasikan secara keseluruhan.


Selamat mencoba!


Menu makan siang kuliner rumahan


1. Opor telur kuning



Inilah resep rumahan yang selalu hadir di segala potensi . Dari sajian harian hingga hari raya mirip Lebaran ataupun Idul Adha. Opor Telur Kuning memiliki sedikit perbedaan dengan Opor Ayam, tetapi dari segi rasa pasti tidak kalah dan warna tampilannya sesuai dengan namanya. Ini dikarenakan kedatangan berbagai rempah yang hadir dari bumbu halusnya.


Tak hanya opor telur ataupun opor ayam, kita juga perlu menyandingkannya dengan bermacam-macam menu khas Eid lainnya. Sebut saja contohnya rendang, ketupat, ayam goreng, dan bermacam-macam sajian tradisional dari masing-masing daerah. Tentunya ada saja menu spesial yang jarang kita jumpai setiap tahunnya yang cuma ada di saat Lebaran. Manfaatkan momen ini untuk menemani menu opor.


Simak resep lengkap Opor Telur Kuning.


2. Brokoli saus jamur


Memanfaatkan brokoli dan jamur champignon yang sekarang makin tersedia luas dan harganya kian terjangkau, maka menjadi suatu inspirasi yang cantik tentunya untuk menggabungkan keduanya. Dengan cara dan waktu membuat yang begitu mudah dan singkat, maka hidangan ini sempurna tersaji baik sebagai panganan utama ataupun pendamping yang sehat!


Resep simpel seperti ini pantas juga didampingi macam-macam hidangan utama yang lain, terlebih yang punya citarasa Peranakan. Sajikan dengan beragam menu berprotein hewani dari ayam hingga daging sapi. Semua tersedia lengkap di Masak Apa Hari Ini!


Simak resep lengkap Brokoli Saus Jamur.


3. Semur ayam kecap



Belum lengkap kuliner Indonesia tanpa kehadiran semur. Karena mudah didapat, bernutrisi dan harganya terjangkau, ayam yaitu pilihan sempurna untuk protein semur kali ini. Dengan beragam rempah dan kedatangan Bango Kecap Manis, resep yang satu ini wajib dikenang biar mampu dibuat dengan mudah ketika-waktu.


Masakan legendaris ini tidak hanya selalu dibuat dengan ayam, lho. Kita bisa juga menyandingkannya dengan daging sapi sampai yang unik-unik seperti jamur, telur puyuh, hingga bahkan jengkol. Sajikan dengan nasi putih atau nasi uduk, niscaya kenikmatannya tiada tara!


Simak resep lengkap Semur Ayam Kecap.


4. Suun goreng


Nasi hangat rasanya akan lebih lengkap bila ditemani dengan mie goreng atau pada potensi ini, suun goreng. Berbekal bahan-materi dasar, suun rebus, dan proses tumis menumis, maka resep ini akan tamat diolah dalam tempo yang singkat. Ingin lebih spesial lagi? Tambahkan fillet dada ayam, jamur shiitake, sampai udang.


Tidak cuma nasi putih, kau juga mampu memadukannya dengan banyak sekali nasi lainnya. Misalnya saja nasi uduk atau nasi kuning. Untuk kamu yang sudah biasa dengan nasi merah, suun goreng memperlihatkan keseimbangan yang tepat agar karbo yang kamu santap tidak terlampau berlebihan. Kapan-kapan boleh coba lho dengan shirataki!


Simak resep lengkap Suun Goreng.


5. Sayur asam pedas


Sayur asam pedas dengan ikan peda tersaji.
Berbeda dengan sayur asam pada umumnya, kali ini kita memakai ikan peda. (Foto: Shutterstock)

Selain Opor Telur Kuning, tentunya orang Indonesia juga penyuka sajian Sayur Asam. Rasanya yang menyegarkan dan segala nutrisi yang terkandung di dalamnya benar-benar menjadikannya menu yang tepat di segala suasana. Pada resep Sayur Asam kali ini, kita menyertakan ikan peda dan rasa pedas supaya membuatnya lebih seru.


Tidak hanya dengan ikan peda, Masak Apa Hari Ini juga pernah menyajikan sajian serupa tetapi dengan iga sapi. Bahkan ada beberapa di antaranya yang menggabungkan sayur asam dengan ikan salmon! Dengan adanya protein hewani yang unik ini, kita sudah mengakibatkan sayur asam semakin modern dan mudah diterima oleh dunia.


Simak resep lengkap Sayur Asam Pedas dengan Ikan Peda.




Dengan demikian, lengkap sudah sajian-hidangan hari ini, bukan? Padankan Brokoli Saus Jamur dengan Suun Goreng, ataupun Opor Telur Kuning dengan Semur Ayam Kecap. Untuk besok lusa, cukup bermain-main dengan menu makan siang sederhana yang lain yang belum dicoba. Seru, kan?