Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Opsi Masakan Khas Tionghoa Untuk Rayakan Imlek Tahun Ini

Menjamu tamu dan saudara di Tahun Baru Imlek, tak lengkap rasanya tanpa kuliner khas Tionghoa! Mulai dari capcay hingga fuyunghai yang telah terkenal kelezatannya. Suasana pun akan bertambah seru, jika kamu memasaknya sendiri di rumah. Tak ada salahnya kan mencoba?


Kali ini tim MAHI berbagi 5 opsi kuliner khas Tionghoa yang cukup simpel untuk para pemula. Dengan persiapan yang minim, sajian ini telah bisa menggoyang pengecap!


1. Fuyunghai, masakan khas Tionghoa


Fuyunghai Asam Manis tersaji di atas piring.
Beragam hidangan masakan Peranakan pasti kurang seru tanpa kedatangan Fuyunghai Asam Manis. (Foto: MAHI)

Siapa yang tak kenal fuyunghai? Makanan dengan bahan utama telur ini bisa dikonsumsi bawah umur sampai cukup umur. Tak mirip telur dadar biasa, fuyunghai diaduk dengan sayuran, daging ayam atau udang, dan disajikan bareng saus asam cantik.


Teksturnya pun berlainan. Fuyunghai lebih padat umumnya alasannya diaduk tepung tapioka atau tepung kentang semoga sayuran dan daging menempel tepat. Saat adonan dimasukkan ke dalam wajan, tentukan minyak telah panas. Namun, setelah itu kita kecilkan api semoga fuyunghai matang merata di bagian dalam. Penasaran dengan resep lengkapnya? Intip cara membuat fuyunghai dan hidangkan bareng nasi hangat!


2. Pangsit kuah


Tahun gres Imlek juga umumnya disambut dengan hujan. Agar situasi lebih hangat, hidangkan pangsit kuah yang gurih buatanmu sendiri. Tenang saja, menjadikannya tak serumit itu kok! Kita cuma perlu beberapa materi mirip kulit pangsit, udang, bawang bombay, dan sagu.


Adapun kuahnya, kita bisa membuat dari ayam bagian punggung atau ceker. Jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Ayam agar semakin lezat. Resep pangsit kuah ini mampu disertai oleh pemula. Selain direbus, pangsit juga mampu kok kita goreng. Makara, ada beberapa opsi menawan di meja makan!


3. Nasi goreng


Nasi goreng tengah dimasak di atas wajan.
Nasi goreng gaya restoran China mempesona untuk dicoba di rumah. (Foto: Shutterstock)

Terbayang lezatnya nasi goreng di kedai makanan Chinese? Kamu juga mampu menyajikan masakan ini di rumah. Berbeda dengan nasi goreng yang lain, model ini lebih gurih dengan kecap yang tidak mendominasi.


Warna kehitaman pada nasi goreng berasal dari saus tiram dan kecap ikan. Tak heran rasanya cukup pekat, terlebih kalau kita tambahkan seafood seperti udang dan cumi. Yakin deh, kuliner di rumah akan habis dalam sekejap! Simak resep nasi goreng Hongkong dan rayakan Imlek bareng keluarga!


4. Ayam goreng mentega


Sajian yang tak kalah populer dari masakan khas Tionghoa yaitu ayam goreng mentega. Namun, meski ayam goreng mentega selalu ada di restoran Chinese, sajian ini terinspirasi oleh materi-materi masak asal Barat seperti saus Inggris dan mentega. Meski begitu, tetap sah dong bila kita menyajikan ayam goreng ini saat Imlek. Resep ayam goreng mentega ini mampu kau ikuti dengan gampang!


5. Capcay udang


Tentunya kita tak boleh melalaikan sayuran di hidangan Imlek. Sajikan capcay, kuliner Tionghoa yang sudah sangat familiar di Indonesia. Capcay mempunyai arti “adonan sayuran” yang kita bisa bereksplorasi menambahkan sayuran favorit.


Agar rasanya tidak gagal, kita tambahkan kaldu udang. Cara membuat kaldu udang adalah dengan merebus kulit udang dengan api kecil. Rasa capcay akan makin kaya dengan kaldu yang kita buat sendiri di rumah. Yuk, kita coba resep capcay udang satu ini!