Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Kuliner Murah Dan Hemat Untuk Hari-Harimu

Tak ada salahnya punya resolusi untuk hidup lebih irit di tahun 2020. Mengatur prioritas, mulai dari transportasi harian hingga makanan bisa kita kerjakan. Jangan khawatir, kita tetap bisa makan enak, kok! Ada resep kuliner murah dan hemat yang bisa kita coba.


Masakan yang murah juga mampu jadi lebih sehat, lho. Kita perbanyak materi makanan nabati, mulai dari sayuran, tahu, dan tempe. Mengurangi protein hewani diyakini mampu membuat tubuh terasa lebih ringan alasannya proses pencernaan lebih tanpa gangguan.


Tapi, masak apa ya? Nah, resep kuliner murah dan ekonomis berikut terdiri dari protein nabati. Dengan pemilihan bumbu yang tepat, kuliner hematmu tetap terasa spesial!


1. Resep Semur Tahu Kecap


Semur sebagai salah satu kekayaan kuliner Indonesia, mampu dipadukan dengan ragam protein. Salah satunya adalah tahu. Baik tahu putih maupun tahu kuning mampu kita racik dengan bumbu semur. Resep semur tahu kecap ini juga memiliki langkah yang sederhana. Untukmu yang baru memulai masak di dapur, bisa mencoba menu ini.


Padukan semur tahu kecap dengan tumisan mirip tumis tauge atau tumis buncis. Disajikan dengan nasi hangat, makanan ini tetap terasa istimewa meski murah semarak!


2. Resep Oseng Tempe Kecap Spesial


Selain tahu, resep masakan murah dan hemat selanjutnya yang wajib dicoba yaitu oseng tempe. Tempe bisa kita temukan hampir di setiap pasar maupun swalayan. Harganya pun tak bikin kantong bolong.


Selain itu, tempe juga mudah matang, sehingga kita tak perlu berlama-usang di dapur. Makara selain irit di dompet, oseng tempe juga irit di waktu! Sajikan resep oseng tempe kecap Istimewa untuk makan siang maupun makan malam.


3. Resep Nasi Goreng Jamur


Praktis dan mengenyangkan, nasi goreng pedas komplit juga cocok untuk bekal perjalanan jauh.
Sajikan nasi goreng pedas komplit bareng aneka lalapan sayur segar. Mantap! (Foto: Shutterstock)

Sajian spesial tak perlu mahal, contohnya nasi goreng jamur ini. Alih-alih mengolah nasi goreng dengan daging olahan mirip bakso atau sosis, lebih baik kita berkreasi menggunakan jamur. Tak hanya irit, menu ini juga lebih sehat.


Kita mampu pilih berbagai jenis jamur, untuk resep satu ini kita menggunakan jamur kancing. Rasanya seperti-seperti kok sama daging. Bonusnya, jamur juga lebih cepat matang. Jangan lupa untuk menyertakan Bango Kecap Manis semoga nasi goreng lebih terasa gurihnya. Yuk, kita simak resep nasi goreng jamur!


4. Resep Pizza Mie Cabe Hijau


pizza mie
Pizza mie cabai hijau? Camilan yang sulit ditolak, bukan? (Foto: MAHI)

Tantang kreativitasmu di dapur dengan resep pizza mie cabai hijau. Resep kuliner irit dan murah ini berisikan mie telur, cabai hijau, dan telur. Untuk rasa yang lebih istimewa, kita bisa menyertakan protein seperti ayam suir atau jamur.


Menambahkan cabai dan tomat hijau ke dalam ini menyuntikkan rasa segar yang spesial. Dengan modal minim, kau mampu menerima sajian ala kafetaria! Intip resep pizza mie cabai hijau berikut ini!


5. Resep Tumis Taoge, resep masakan murah dan hemat


Lengkapi menu di rumah dengan olahan sayur. Salah satu sayuran kaya gizi yang punya harga terjangkau yakni taoge. Taoge bisa diolah menjadi ragam kuliner mulai dari tumisan sampai gorengan. Salah satu sajian termudah adalah tumis taoge!


Resep tumis taoge mampu dibuat oleh siapa saja, tergolong pemula. Agar kian nikmat, tambahkan Royco Kaldu Ayam, tahu, atau teri. Disajikan dengan nasi hangat, tumis taoge bakal sulit ditolak!


Demikian lima resep kuliner murah dan hemat yang mudah diolah. Memasak cepat, sehat, enak, dan irit bukan lagi wacana, kan?