Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Jus Buah Naga Dan Pandangan Baru Olahannya

Manfaat jus buah naga selaku salah satu buah favorit yang menyegarkan ternyata bukan hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga sangat memiliki kegunaan untuk merawat keelokan. Selain harganya yang kini terjangkau, buah naga juga relatif mudah didapatkan di Indonesia.


Yang dahulunya ialah buah langka dengan harga mahal, kini buah naga punya macam-macam olahan. Tidak hanya selaku buah potong, buah naga juga kerap didapatkan selaku materi dari sop buah sampai salad. Meskipun rasanya cenderung tawar atau hanya sedikit anggun, teksturnya yang khas disukai oleh khalayak ramai. Selain itu gampang juga untuk mengolahnya, sehingga tidak perlu kau membayangkan mirip susahnya membuka buah durian.


Pada peluang kali ini, kita coba bahas banyak sekali keuntungannya serta wangsit olahannya yang mampu dicoba di rumah!


Manfaat jus buah naga


Jus buah naga dan potongan buah naga bersanding di atas meja.
Kesegaran jus buah naga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. (Foto: Shutterstock)

Apa saja manfaat jus buah naga yang bisa kita rasakan jika berkala mengonsumsinya? Lalu apa saja yang mampu dikreasikan dari buah yang mengandung banyak air ini? Yuk, simak ulasan berikut ini!


1. Mencegah penuaan dini


Buah naga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas. Buah naga juga mengandung fosfor yang menolong regenerasi sel-sel dalam tubuh.


2. Menghidrasi kulit


Buah naga memiliki kandungan air yang tinggi. Untuk itu, jus buah naga berguna untuk menghidrasi kulit dan badan kita. Kulit yang terhidrasi akan menghindarkan kita dari kerutan sampai kantung mata. Kulit yang terhidrasi dengan baik juga akan menolong kendali sebum atau minyak.


3. Meningkatkan daya tahan tubuh


Manfaat jus buah naga berikutnya yakni untuk meningkatkan daya tahan badan. Buah naga kaya akan vitamin C yang menolong kinerja limfosit dalam badan. Limfosit yang ialah jenis sel darah putih akan menolong badan melawan basil dan virus.


4. Mengurangi risiko kanker


Buah naga juga mempunyai kandungan karoten yang bisa menolong mengurangi jumlah tumor. Menurut penelitian, kandungan likopen pada buah naga merah juga mampu meminimalkan risiko kanker prostat.


5. Mencegah anemia


Sesuai dengan warnanya yang merah, buah naga juga bisa membantu menangkal penyakit kekurangan darah. Hal ini karena kandungan zat besinya yang memajukan kadar haemoglobin dalam tubuh, sehingga mampu menangkal dan mengobati anemia.


6. Mengontrol gula darah


Buah naga bisa membantu mengontrol gula darah sebab kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan vitamin B3, atau populernya disebut niacin, bisa mengurangi gula darah. Pilihan yang baik untuk yang mempunyai diabetes tipe 2.


7. Menjaga kesehatan mata dan gigi


Rutin meminum jus buah naga juga bisa membuat kesehatan mata dan gigi terjaga. Kandungan beta-karoten pada buah naga mampu menangkal katarak. Buah naga juga mengandung kalsium yang tinggi, sehingga bisa menciptakan email gigi tetap besar lengan berkuasa.


Inspirasi olahan buah naga


Smoothie bowl buah dengan topping buah-buahan siap untuk dinikmati.
Smoothie bowl buah naga mampu dipadukan dengan macam-macam topping. (Foto: Shutterstock)

Selain punya banyak faedah, buah naga juga bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis suguhan segar. Ide olahan buah naga berikut ini mampu jadi inspirasimu.


1. Smoothie buah naga


Buah naga sangat cocok dibuat smoothie atau jus. Teksturnya yang lembut membuat buah naga tak sulit diencerkan. Kamu bisa menambahkan buah lain seperti pisang dan stroberi selaku gabungan smoothie buah naga.


2. Smoothie bowl buah naga


Selain dibentuk jadi minuman, buah naga juga cocok disajikan dalam smoothie bowl. Makanan ini sedang hits di Indonesia beberapa waktu terakhir. Bedanya dengan smoothie biasa, buah naga yang telah di-blender dimasukkan ke dalam mangkuk dan disuguhkan dengan serpihan buah dan kacang-kacangan. Topping yang terkenal yakni stroberi, kiwi, chia seeds, dan kacang almond.


3. Salad buah naga


Buah naga yang segar juga mampu dibuat sebagai salad. Padukan kepingan buah naga dengan berbagai macam buah lain, misalnya mangga, pepaya, atau kiwi. Beri perasan jeruk lemon dan madu selaku dressing-nya atau puree buah naga. Lengkap telah salad buah hari ini!


Sebagai buah yang menyegarkan dan kaya nutrisi, sekarang bukan hanya faedah jus buah naga saja yang mampu kau nikmati, tetapi juga hidangan olahan yang lain yang tak kalah memanjakan pengecap dan merawat kecantikanmu.