Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jajanan Bandung Yang Bikin Kamu Ketagihan

Akhir pekan senantiasa jadi momen yang sempurna untuk pelesir ke Kota Kembang dan berburu jajanan Bandung yang membangkitkan selera. Dimulai dari waktu sarapan hingga makan malam, Bandung seolah tak pernah absen menyajikan penganan lezat. Yamin atau serabi untuk sarapan, siomay untuk jajanan siang menjelang sore bareng segelas es cendol, hingga menikmati roti bakar di malam hari. Seru!


Ini daftarnya!


1. Batagor


Sambal kacang hampir senantiasa hadir pada hidangan gurih khas Bandung. Misalnya saja siomay, lotek, cireng, cilok, dan lainnya. Kunci kelezatan batagor yang enak adalah bahan baku ikan yang segar dan juga bumbu kacang yang pedas gurihnya pas.


jajanan bandung
Bukan cuma di Bandung, batagor juga populer di Jakarta. (Foto: Shutterstock)

2. Siomay


Siomay telah menjadi hidangan yang sangat populer untuk banyak orang sehingga sungguh mudah juga didapatkan di ibu kota. Tapi ketika sedang bermain ke Bandung, tentu tidak boleh lupa untuk mencoba yang orisinil. Jangan lupa kucuri jeruk limau pada siomay dan bumbu kacang sebelum dihidangkan supaya cita rasanya makin mantap.


jajanan bandung
Bumbu kacang siomay senantiasa bikin kangen. (Foto: Shutterstock)

3. Yamin


Ini yaitu mie ayam versi Bandung yang selalu bikin kangen. Sentuhan kecap anggun pada bumbu mi ayam menjadi ciri khas yamin. Ingin membuatsendiri? Tambahkan Bango Kecap Manis beserta bumbu mi ayam, aduk bersama mi telur segar.


jajanan bandung
Cita rasa cantik yang unik ciri khas yamin. (Foto: Shutterstock)

4. Cilok


Tahukah kau, banyak kue Bandung yang namanya merupakan singkatan. Salah satunya ialah cilok, ialah kependekan dari “aci dicolok” (istilah bahasa Sunda untuk tepung kanji atau tapioka, materi dasar cilok). Cilok disajikan bersama bumbu kacang dan dinikmati dengan tusuk satai.


jajanan bandung
Cilok versi isi daging juga ada, loh. (Foto: Shutterstock)

5. Seblak


Satu lagi kue unik Bandung, ialah seblak. Terbuat dari kerupuk yang diolah bersama bumbu dan bahan lainnya seperti telur, sosis, sayuran, atau ceker. Seblak paling nikmat ketika tersaji dengan rasa pedas!


jajanan bandung
Yuk, bikin seblak sendiri. (Foto: Shutterstock)

6. Cireng


Yang ini tiba dari kependekan “aci digoreng”. Cireng khas Bandung lazimnya diisi dengan sambal kacang yang tidak berair. Versi ini biasanya tidak lagi memerlukan cocolan sebagai pendampingnya.


jajanan bandung
Cireng biasa dijajakan polos atau dengan isi sambal kacang. (Foto: Shutterstock)

7. Serabi


Ada dua model serabi yang banyak dijajakan di Bandung, adalah versi tradisional dan terbaru. Versi tradisional atau lawas yakni serabi oncom dan serabi kuah kinca. Saat ini banyak serabi yang dijajakan dengan adaptasi, contohnya serabi cokelat, serabi keju, serabi cokelat pisang, dan lainnya.


jajanan bandung
Kamu lebih senang yang mana? Serabi kinca atau serabi oncom? (Foto: Shutterstock)

8. Es Cendol


Selain es cendol khas Bandung, tempat lain juga punya versi cendolnya sendiri. Misalnya daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur yang mengenal cendol dengan sebutan dawet. Kamu mampu mendapatkan es cendol dengan sangat gampang di manapun di kota Bandung. Yuk, kita jelajahi kue Bandung!


jajanan bandung
Es cendol pas sekali disuguhkan di siang hari. (Foto: Shutterstock)