Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Kaldu Ayam Sedap Dari Nol

Kalau ada satu hal paling penting di dapur yang bakal selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu — itulah air kaldu. Berdasarkan pengalaman sobat-sahabat yang setiap hari mengolah masakan, niscaya ada saja kuliner yang memerlukan air kaldu, utamanya kaldu ayam. Supaya pondasi keahlian masakmu semakin besar lengan berkuasa, kali ini kita sama-sama pelajari saja cara menciptakan kaldu ayam.


Memang yang namanya kaldu ayam jaman now nggak pakai ribet lagi untuk dibentuk. Adanya produk bermutu mirip Royco Kaldu Ayam menyebabkan semuanya lebih mudah dan cepat. Lumayan lho untuk menghemat waktu dan tenaga yang kita kerahkan di dapur. Nah, sebelum kau memakai jalan pintas Royco Kaldu Ayamada baiknya kamu juga perlu tahu cara membuat kaldu ayam dari nol.


Pembuatan kaldu tidak hanya bermodalkan ayam bermutu, alasannya perlu juga ditambahi dengan banyak sekali bumbu dan sayuran — seluruhnya bahu-membahu tergantung ketersediaan dan ketekunan kita untuk mengolah materi-materi tersebut. Setelah matang, stok kaldu bisa kita simpan di kulkas dan dapat digunakan kapan saja. Tahu sendiri kan jika kuliner Indonesia sering memerlukan kaldu, misalnya Bubur Ayam atau Sup Ayam Bening.


Sekarang simak saja cara yang gampang untuk menciptakan kaldu ayam dari nol, di dapurmu sendiri.


1. Pilih bagian ayam sesuai dana dan selera


cara membuat kaldu ayam
Sayap yakni salah satu bab ayam yang cocok sekali dijadikan kaldu. (Foto: Shutterstock)

Bagian ayam mana yang mau kita rebus menjadi kaldu biasanya tidak jadi problem, bahkan bagi mereka yang telah sering masak sekalipun. Ada yang memilih bab paling murah, ada yang memakai ceker ayam, atau bahkan dada ayam.


Meski begitu, karenanya pasti akan berlainan. Kaldu yang dihasilkan dari dada ayam akan menciptakan rasa ayam yang intens sekaligus lebih bersih dibandingkan bagian ayam lainnya — biarpun secara bobot, rasa kuahnya masih terasa lebih ringan ketimbang jikalau memakai sayap atau paha.


Jadi, selain memakai dada ayam, kami sarankan kau untuk mencoba juga menggunakan sayap karena bobotnya lebih intens dibandingkan dada dan rasanya lebih sepadan. Dari sisi harga, sayap ayam juga lebih ramah di kantong alias lebih murah dari dada ayam.


2. Masukkan sayuran aromatik


cara membuat kaldu ayam
Selain ayam, tambahkan sayuran biar kaldu lebih wangi dan tentunya yummy. (Foto: Shutterstock)

Terkadang ada saja saatnya kita mendapatkan rasa kaldu yang sedikit busuk. Wajar, mengenang bila makan ayam atau ikan di restoran saja kadang kita memperoleh hal-hal mirip ini. Salah satu cara untuk menyebabkan kaldu bacin dan juga menjadi lebih lezat ialah dengan menambahkan sayuran aromatik.


Nah, bahan-bahan yang kita tambahkan bahwasanya tidak butuhmacam-macam, kok. Cukup masukkan beberapa serpihan bawang bombay, daun bawang, dan wortel. Tambahan aroma bisa juga didapatkan dari jahe, peterseli atau serai, dan daun jeruk. Kalau kau ingin menambahkan daun seledri, usahakan jangan terlalu banyak alasannya ini bisa menjadikan aromanya terlalu berpengaruh.


3. Masak dengan api kecil


Beragam kuliner saja akan menjadi lebih lezat alhasil jika diolah lebih usang dengan api kecil. Begitupun dengan kaldu — usahakan kamu memasaknya selama cukup usang dalam keadaan panci tertutup. Mengingat penggunaan kaldu ayam ini akan berfaedah dalam jangka cukup panjang, sedikit perhiasan beban listrik atau gas tentu sebanding, bukan?


Lama memasaknya kurang lebih bisa sekitar 2 jam. Jangan terlalu sebentar atau pun terlalu lama. Kuncinya ialah selalu merasakan dari waktu ke waktu sampai kamu mendapatkan rasa maksimal yang kamu harapkan.


4. Cara menyimpan kaldu ayam


Karena banyaknya variasi cara membuat kaldu ayam, banyak juga yang berpendapat jikalau ayam semestinya direbus atau dipanggang terlebih dahulu agar kaldu nanti menjadi lebih higienis. Sebetulnya tidak mesti demikian, alasannya adalah pada ketika memasaknya, kita masih bisa menyaring lemak-lemak ayam yang mengapung.


Selain itu, jangan lupa juga untuk menyertakan lada butiran untuk tambahan rasa yang lebih mantap. Bumbu-bumbu lain sifatnya opsional, alasannya rasa dari kaldu itu sendiri sesungguhnya sudah cukup kaya. Setelah kaldu ayam jadi, kau bisa menyimpannya dalam suhu wajar kulkas bila ingin digunakan dalam dua atau tiga hari ke depan. Tapi, jika kamu ingin menggunakannya lebih lama lagi, sebaiknya simpan di dalam freezer sehingga kaldu bisa bertahan hingga beberapa bulan ke depan.


Kira-kira ini yang mampu Tim MAHI bagikan seputar cara membuat kaldu ayam yang cukup mudah untuk dipraktekkan di rumah. Kalau kau ada saran-rekomendasi atau gaya menciptakan kaldu yang berlainan, jangan lupa share ke kami, ya. Siapa tahu kau juga punya tips lain yang bisa kami coba di lain waktu. Selamat mengolah masakan!