Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Membersihkan Talenan Sesuai Bahannya Supaya Bebas Dari Kuman

Membersihkan talenan yaitu salah satu hal penting di dapur demi memastikan materi masakan terjaga higienis. Penting untuk dimengerti bahwa talenan yang kotor mampu menjadi media pengirim kuman dari satu materi masakan ke bahan masakan lainnya.


Maka dari itu, rutin membersihkan talenan bisa menangkal kontaminasi silang dari penyebaran basil dari bahan mentah yang berpotensi menjadikan keracunan makanan. Manfaat lain dari membersihkannya yakni menciptakan kualitas talenan bertahan lama.


Tapi, beda bahan talenan, beda juga cara membuatnya. Tidak sesulit yang dibayangkan, kok, selama kamu mampu membersihkan talenan di dapur dengan cara yang benar.


Simak cara gampang membersihkannya sesuai dengan jenis talenan berikut ini!


1. Membersihkan Talenan Kayu


Membersihkan talenan kayu tampak atas.
Ternyata membersihkan talenan kayu itu mudah, lho! (Foto: shutterstock)

Pori-pori alami yang terdapat pada kayu membuat talenan jenis ini menjadi sarana yang berkembangnya kuman. Apalagi bila kamu menggunakan talenan kayu yang sama untuk berbagai macam bahan. Misalnya untuk memangkas daging, ikan, lalu bumbu dan sayuran.


Maka, bersihkan talenan kayu dengan merendamnya dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit, kemudian sikat talenan perlahan untuk menghilangkan kotoran atau noda yang menempel. Setelahnya bilas dengan air higienis yang mengalir dan keringkan dengan menepuk-nepuknya menggunakan tisu dapur.


2. Talenan Bambu


Talenan bambu memiliki kepadatan pori-pori yang lebih tinggi daripada talenan kayu sehingga tidak akan meninggalkan celah dari pisau. Cara membersihkannya pun lebih gampang adalah dengan mencampur sabun cuci piring dengan cuka dan air sebagai cairan pembersih. Sikat perlahan dengan spons sampai talenan higienis.


3. Talenan Plastik


Talenan plastik dan bahan-bahan makanan.
Talenan plastik adalah alternatif yang lebih bersih dibandingkan dengan kayu. (Foto: Shutterstock)

Mayoritas terbuat dari bahan polyester yang tidak berpori-pori. Inilah mengapa talenan plastik relatif lebih mudah untuk dibersihkan dan lebih aman untuk dipakai. Kamu mampu membersihkannya dengan air sabun dan menggosoknya secara perlahan dengan spons.


Jika ada noda membandel yang menempel di talenan plastik, bersihkan dengan pasta yang terbuat dari adonan 1 sendok teh soda kue, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok teh air. Baluri talenan dengan pasta sambil disikat perlahan menggunakan sabut besi. Bilas dengan air higienis kemudian keringkan secara alami.


4. Talenan Komposit


Terbuat dari material yang mampu bertahan di suhu 121 derajat Celsius, talenan komposit mudah dibersihkan secara manual maupun memakai dishwasher. Cukup membersihkannya dengan sabun khusus cuci piring, bilas talenan dengan air higienis dan keringkan.


Bagaimana, tidak sukar bukan membersihkan talenan di dapur? Selalu bersihkan talenanmu sesuai jenisnya, ya, biar tahan usang dan kesehatan keluarga tersadar. Cari tahu juga banyak sekali kiat lainnya dalam membersihkan kulkas, membersihkan cobek, atau mempertahankan kebersihan dapur secara lazim di Masak Apa Hari Ini!