Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pandangan Baru Resep Infused Water Untuk Detox Di Awal Tahun

Resolusi untuk hidup sehat kerap kali terucap di permulaan tahun. Agar resolusi tersebut tak cuma jadi tentang tahun ini, kita mulai saja dengan mengonsumsi infused water. Resep infused water untuk detox mampu dicoba untuk para pemula yang belum terbiasa makan sayur.


Mengenal kembali rancangan infused water


Konsep infused water bahu-membahu terbilang sederhana. Kita cukup memasukkan berbagai jenis buah, sayur, atau rempah ke dalam air mineral. Kemudian, air tersebut kita simpan di dalam kulkas selama 4-8 jam dan diminum saat buah masih tampaksegar. Manfaatnya bisa beraneka ragam, bergantung pada buah apa yang kita masukkan ke dalam air. Namun, suatu penelitian menyebutkan bahwa manfaat buah yang menyerap bahu-membahu hanya 20% saja. Jika ingin hasil maksimal, memakan buah secara eksklusif akan lebih baik.


Meskipun demikian, infused water jadi opsi untukmu yang juga ingin memperbanyak minum air putih. Bukan mempunyai arti rasanya menjadi bagus, infused water memperlihatkan dimensi rasa yang berbeda dibanding air putih biasa. Dengan berkala mengonsumsi infused water dengan buah tertentu, sisa-sisa pencernaan yang menghalangi akan ikut terbuang sehingga badan menjadi lebih bersih. Proses ini kita kenal sebagai detoksifikasi (detox).


Resep infused water untuk detox


1. Infused water jeruk lemon dan mentimun


Resep Infused water untuk detox berupa lemon, mentimun, dan daun mint dalam gelas mening, dengan latas botol bening berisi infused water yang sama.
Resep Infused water untuk detox bisa menggunakan lemon dan mentimun. (Foto: Shutterstock)

Jeruk lemon sudah populer dikenal sebagai buah yang manis untuk detox. Selain dapat membersihkan zat-zat kimia dalam badan, kandungan vitamin C pada lemon juga mampu memperkuat metode imun. Kita mampu memadukan lemon dengan mentimun yang kaya akan mineral.


Bahan:

1 liter air

1 buah jeruk lemon

1 buah mentimun

7 lembar daun mint


Cara membuat:



  1. Bersihkan jeruk lemon, mentimun, dan daun mint secara menyeluruh.

  2. Iris mentimun dan lemon dengan ketebalan kurang lebih 1 cm.

  3. Masukkan irisan lemon, mentimun, dan daun mint ke dalam air.

  4. Diamkan di kulkas selama 4-8 jam, hidangkan dikala dingin.


2. Infused water semangka


Dua gelas kaca berisi infused water semangka, blueberry, dan daun mint.
Segarnya infused water semangka. (Foto: Shutterstock)

Buah semangka diandalkan mampu membersihkan tubuh dari zat-zat beracun bila disantap secara terpola. Selain itu, kandungan asam aminonya mampu meluruhkan lemak. Buah tropis ini juga kaya akan mineral sehingga dapat menghidrasi badan secara maksimal.


Bahan:

500 ml air

300 gram buah semangka

5 lembar daun mint

6 buah blueberry


Cara Membuat:



  1. Kupas semangka, potong bab dalamnya. Bersihkan daun mint dan buah blueberry.

  2. Masukkan belahan semangka, blueberry dan daun mint ke dalam air. Tutup rapat.

  3. Diamkan di kulkas selama 4-8 jam, nikmati dikala masbodoh.


3. Infused water jeruk nipis


Punya fungsi yang mirip dengan lemon, jeruk nipis juga dapat mendetoks tubuh. Jeruk nipis mampu melancarkan pencernaan sekaligus menjadi antioksidan. Untuk memaksimalkan proses detox, kita mampu mencampurkannya dengan kunyit. Curcumin yang terkandung dalam kunyit punya fungsi sebagai anti virus dan anti bakteri dalam tubuh. Tak perlu takut rasanya akan ajaib, jeruk nipis akan menciptakan hidangan ini tetap segar.


Bahan:

500 ml air

4 buah jeruk nipis

2 cm kunyit


Cara Membuat:



  1. Kupas kulit kunyit lalu iris tipis bareng jeruk nipis juga.

  2. Masukkan irisan kunyit dan jeruk nipis ke dalam wadah berisi air, tutup rapat.

  3. Diamkan di kulkas selama 4-8 jam, nikmati saat dingin.


Tiga resep infused water untuk detox di atas bisa disimpan selama tiga hari di kulkas. Lebih dari itu, mutu buah akan berkurang sehingga sebaiknya tidak dimakan. Hindari juga membuat infused water memakai buah-buahan yang lembek mirip pisang dan alpukat, ya. Pastikan untuk menyaksikan juga tips menyimpan buah supaya tahan usang.