Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Sajian Diet Sehat Yang Mampu Dibarengi Siapa Saja

Siapa bilang menciptakan sajian diet sehat itu sulit? Ragam menu pembatasan makanan bahu-membahu gampang dibentuk dengan kombinasi bahan yang  sungguh berlimpah ditemukan di pasaran. Menu pembatasan makanan sehat juga tak selalu mahal sehingga kau juga dapat membuatnya sendiri di dapur mungilmu dan tak perlu merogoh kocek dalam untuk berlanggangan katering.


Sepuluh materi berikut ini mampu dijadikan ilham untuk sajian diet sehat tanpa menyedot isi dompet:


1. Telur Kukus


Cara membuatnya sama seperti halnya meracik telur dadar omelet dengan komplemen bawang daun, jamur, tomat, dan komplemen bumbu lainnya. Kukus telur dalam wadah kaca atau rantang stainless hingga matang. Jika ingin lebih mudah, kau juga bisa menentukan telur rebus sebagai sumber protein.


2. Dada Ayam Kukus


Relakan dada ayam tanpa kulitnya kalau ingin dietmu berhasil. Masak dengan cara dikukus atau direbus dengan dibumbui sedikit garam dan merica. Selain itu dada ayam juga mampu diolah dengan cara dipanggang dalam panggangan atau dibakar di atas bara api.


3. Sayuran Rebus atau Kukus


Variasikan jenis-jenis sayuran supaya tak lekas bosan. Misalnya hari ini makan siang dengan brokoli rebus, makan malam dengan sayuran campur yang direbus (wortel, buncis, dan jagung muda). Begitu juga keesokan harinya bisa bergantian dengan sawi-sawian yang dikukus, pare kukus, atau kacang panjang dan taoge yang direbus.


4. Urap


Salah satu menu tradisional yang rendah kalori tetapi mengenyangkan yaitu urap sayuran. Agar kian optimal, suguhkan urap dengan sepotong dada ayam rebus. Diet pun takkan terasa acuh taacuh. Tapi Masak Apa Hari Ini juga punya model urap sayur rasa cantik pedas. Jangan lupa untuk mencobanya!


menu diet sehat
Urap sayuran yang rendah kalori. (Foto: Shutterstock)

5. Kentang Panggang dan Mashed Potato


Sebagai pengganti nasi, kentang yaitu salah satu jenis karbohidrat yang bisa dijadikan opsi.  Selain dikukus atau dipanggang, kau juga meracik mashed potato dengan cara menumbuk halus kentang kukus. Bumbui dengan mentega serta sedikit merica dan garam.


6. Ikan Bakar


Yang ini niscaya sungguh familiar dengan keseharian orang Indonesia. Manfaatkan ketersediaan ikan dengan harga yang terjangkau selaku hidangan diet andalanmu. Beberapa contoh ikan yang sedap dimasak dengan cara dibakar yaitu ikan nila, bawal, kembung, mas, kuwe, gurami, dan masih banyak lagi. Salah satu resep dari Masak Apa Hari Ini yang perlu kau coba ialah ikan bakar dengan bumbu rujak.


menu diet sehat
Menu pembatasan makanan sehat dengan masakan tradisional. (Foto: Shutterstock)

7. Salad Sayuran


Hindari menyajikan salad dengan dressing berbahan mayones jika tak mau menggagalkan dietmu. Sajikan dengan dressing berbahan dasar minyak zaitun. Untuk sayurannya, pilih aneka jenis sayuran selada seperti selada keriting, selada iceberg, tomat, mentimun, atau jagung rebus.


8. Sup Ayam Sayuran


Racik kaldu sup dari tulang ayam. Sesudahnya isi dengan potongan daging dada ayam tanpa kulit dan padukan dengan aneka jenis sayuran sup. Sup ayam bening ini cocok untukmu yang sedang berdiet namun ingin hidangan berkuah yang gurih. Mudah bukan?


9. Pepes Tahu-Tempe


Selain kaya protein, tahu-tempe sangat mudah didapat di pasaran. Olah dengan cara dikukus atau dijadikan pepes dengan perpaduan materi lain yang bisa memperbesar selera. Misalnya pepes tahu dengan kemangi ataupun pepes tempe dengan kencur. Untuk rasa yang lebih kaya namun sebanding, kau boleh juga menjajal pepes tahu dengan udang.


10. Tumis Jamur-jamuran


Salah satu alasan mengapa jamur kerap hadir sebagai menu diet yaitu nutrisi di dalamnya yang bisa menurunkan berat tubuh. Selain itu jamur acap kali dikonsumsi para perempuan yang ingin awet muda alasannya adalah mengandung anti aging.


Khusus untuk Bulan bulan pahala, kau juga mampu mengikuti aneka macam sajian puasa yang spesifik cocok untuk kau-kau yang menganut diet keto. Selamat menjajal !