Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Terlezat Memasak Bawang Bombay

Di Indonesia, bawang bombay lebih populer dengan peranannya selaku pemeran pendamping. Bagi para penggemarnya, pasti peluang menikmati masakan dimana bawang muncul sebagai bahan utama begitu dinanti-nantikan. Kali ini, Chef Panji memperoleh 5 cara terlezat mengolah makanan bawang bombay dari banyak sekali potongan dunia.


1. Sup Bawang Perancis


5 Cara Terlezat Memasak Bawang Bombay
French Onion Soup yaitu hidangan hangat yang dibentuk dengan cita rasa bawang bombay. Manis dan gurih, meski minim bumbu. (Foto: Shutterstock)

Masakan yang lebih diketahui selaku  onion soup ini sempurna untuk menghangatkan badan yang masbodoh di malam hari. Tambahkan roti sebagai teman makannya.


Bahan-materi yang diharapkan: mentega tawar, minyak zaitun, bawang bombay, Royco Kaldu Ayam, gula aren, bawang putih, tepung terigu, roti baguette, keju Gruyere atau keju Swiss.


Cara menjadikannya:



  1. Lelehkan mentega dengan minyak dalam panci. Tambahkan bawang bombay dan tumis selama 10 menit hingga lunak.

  2. Taburkan gula aren dan masak kembali selama 20 menit, aduk terus sampai terkaramelisasi. Proses pengadukan sangat penting untuk menentukan bawang tidak gosong. Jika bawang gosong, sup kau akan terasa pahit dan menghancurkan cita rasa makanan.

  3. Tambahkan bawang putih di beberapa menit terakhir, tambahkan tepung dan aduk rata.

  4. Masukkan Royco Kaldu Ayam yang telah dilarutkan bareng air. Tutup panci dan didihkan selama 15-20 menit.

  5. Saran penghidangan: panggang roti sampai keemasan, sisihkan. Sendokkan sup ke dalam mangkuk tahan panas. Taruh sepotong roti panggang di atas sup lalu taburi dengan keju. Panggang sup dalam panggangan atau broiler hingga keju meleleh.


2. Blooming Onions


bawang bombay
Blooming Onion ini terinspirasi dari menu onion rings. Rasanya gurih dan renyah. (Foto: Shutterstock)

Doyan makan onion rings? Blooming onion ini rasanya seperti mirip itu tapi tampilannya unik dan menggugah selera.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: bawang bombay berskala besar, tepung terigu, debu cabai, bubuk paprika, daun thyme kering, daun oregano kering, jinten, lada hitam, telur, susu cair, minyak sayur dan Royco Kaldu Ayam.


Untuk saus: mayones, krim asam, saus tomat, kecap Inggris, saus horseradish, paprika debu, abu cabai, garam dan lada hitam.


Cara menjadikannya:



  1. Campurkan semua bahan saus ke dalam mangkuk, aduk hingga rata lalu dinginkan di dalam lemari es.

  2. Iris bawang bombay sampai membentuk bunga mekar. Di mangkuk besar, masukkan tepung, debu cabe, abu paprika, thyme, Royco Kaldu Ayam, oregano, jinten, dan lada hitam. Aduk dan sisihkan. Dalam mangkuk kecil, kocok telur bersama susu, dan air.

  3. Taburi bawang bombay yang dengan adonan tepung. Pastikan bawang sepenuhnya terlapisi, terutama di bagian “kelopak”.

  4. Dengan menggunakan saringan gorengan besar, masukkan bawang ke dalam adonan telur. Angkat dan biarkan sisa telur menetes, kemudian ulangi proses terigu. Istirahatkan bawang di dalam lemari es selama 1 jam sebelum digoreng.

  5. Panaskan minyak dalam panci besar yang besar di atas api sedang. Dengan hati-hati masukkan bawang ke dalam minyak. Goreng sekitar 3 menit, kemudian balikkan bawang dan masak kembali sekitar 3 menit; tiriskan di atas tisu kertas. Bumbui dengan garam dan suguhkan bareng saus.


3. Grilled Cheese Burger dengan Caramelized Onions


bawang bombay
Satu masakan terpopuler di dunia begitu cocok berpadu dengan bawang yang dikaramelisasi. (Foto: Shutterstock)

Burger yakni masakan barat yang digemari hampir siapa saja. Kombinasi patty yang enak berpadu dengan keju yang gurih dan tumisan bawang bombay yang bagus. Seru dirasakan bareng keluarga.


Bahan-bahan yang diharapkan:

Karamelisasi bawang : Mentega, bawang bombay merah, daun thyme, lada hitam, dan garam.

Burger: Daging sapi giling tanpa lemak, mustard, garam, merica, roti hamburger, keju lembaran.

Pelengkap: Acar mentimum dan saus cabai.


Cara menjadikannya:



  1. Lelehkan mentega dalam wajan, tambahkan bawang bombay. Masak dengan api sedang selama 35-40 menit. Aduk sesekali. Pastikan bawang kau bertekstur lunak dan berwarna cokelat keemasan.

  2. Masukkan thyme, lada dan garam. Masak selama 5 menit dan aduk sesekali.

  3. Panaskan panggangan

  4. Di mangkuk besar; campur daging giling, mustard, dan garam. Bentuk menjadi bulat pipih. Taburi kedua sisi daging dengan garam dan lada.

  5. Tempatkan daging di atas oven. Masak higga matang atau sesuai selera kamu. Bakar roti di atas panggangan sampai bagian bawahnya berwarna kecokelatan, sisihkan.

  6. Susun roti, burger, bawang, keju dan acar. Panggang roti sebentar di dalam panggangan sampai keju meleleh. Sajikan.


4. Bawang Bombay Isi


bawang bombay
Selain lezat dimasak menjadi salad, bawang bombay merah juga mampu diolah. Bawang bombay isi ini membutuhkan sedikit ketekunan dalam menjadikannya. Siapkan waktu paling sedikit satu jam. (Foto: Shutterstock)

Daging domba mempunyai rasa yang istimewa. Semakin Istimewa sebab diolah dengan bombay, paprika dan lada hitam. Tampilannya unik, alasannya adalah daging diisikan ke dalam bawang bombay yang telah dikeruk isinya.


Bahan-materi yang dibutuhkan: bawang bombay merah, daging domba giling, paprika merah, lada hitam, daun bayam, roti tawar yang diiris dadu, mentega, Royco Kaldu Ayam, dan kacang mete sangrai.


Cara membuatnya:



  1. Potong bagian atas bawang sebanyak 1 cm atas, dan korek isi bawang memakai sendok kecil (jangan khawatir bila kau menciptakan lubang di bab bawah bawang), sisihkan.

  2. Iris kasar bawang bombay, sisihkan.

  3. Panaskan panci berisi minyak kemudian masak daging domba giling sampai matang. Sisihkan daging, sisakan minyak dan lemak sisa menggoreng di dalam panci.

  4. Masih menggunakan panci yang serupa, masukkan bawang bombay cincang, seledri, garam, dan merica dan tumis sekitar 5 menit. Tambahkan bawang putih dan tumis selama 1 menit. Pindahkan tumisan ke mangkuk besar dan masukkan bayam, roti, kacang mete, mentega, tumisan daging domba dan Royco yang sudah dilarutkan bareng air. Aduk sampai rata.

  5. Panaskan oven di suhu 220C. Susun bawang di atas loyang, lalu tambahkan air setengah gelas dan tutup loyang dengan foil. Panggang bawang selama 25 sampai 30 menit.

  6. Keluarkan bawang dari oven dan isi dengan adonan daging. Masak kembali di dalam panggangan selama 25 menit.