Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Sajian Makan Atlet Yang Patut Dicontek

Setidaknya kita semua menyenangi satu cabang olah raga. Apakah itu dijadikan sebagai kegemaran, cukup menonton saja, ataupun didalami hingga profesional. Begitupun dengan atletnya – selain mengidolakan mereka sebab keahliannya, tentu saja ada juga rasa penasaran dengan apa yang mereka makan sehari-hari biar berprestasi. Hari ini, saya akan mengembangkan beberapa hidangan makan atlet yang menarik untuk dibarengi namun tetap, jangan lupa untuk selalu berolahraga juga ya!


1. Roger Federer (Tennis)


Soal daya tahan tubuh, pemain tenis profesional ialah salah satu yang paling top di dunia olah raga. Bayangkan saja, dalam persaingan Grand Slam bisa saja mereka bertanding hingga 5 set atau menjalani tie break panjang. Bahkan pertandingan semi tamat Wimbledon 2018 yang baru berlalu antara Kevin Anderson dan John Isner harus dijalani hingga nyaris tujuh jam akibat tie break berkepanjangan!



Tapi teladan kali ini tiba dari sang legenda sendiri Roger Federer dengan hidangan makanannya yang menyenangkan. Sebelum bertanding, petenis jago ini biasanya mengonsumsi waffle dengan sirup raspberry serta sereal, buah-buahan, sampai kopi dan satu sloki cuka.


Mengapa waffle? Karena sebelum bertarung , karbohidrat ringan tidak membuat perut bergejolak dan memasok energi yang mencukupi untuk daya tahan selama bertarung . Yang unik justru yakni cuka, yang digadang-gadang sebagai salah satu superfood masa sekarang – meskipun secara sains masih banyak diperdebatkan perihal keutamaannya dalam jangka panjang.


2. Diego Forlan (Sepakbola)


Futsal dengan lapangannya yang berukuran kecil memang cukup untuk stamina pada umumnya orang. Namun bagi yang bermain sepakbola di lapangan ukuran internasional, kalau tidak sudah biasa malah nafas akan tersengal-sengal walaupun baru saja sebentar bermain. Itulah uniknya pemain sepakbola – selama 90 menit mesti bisa mengimbangi stamina dengan kebutuhan berlari dan juga sprinting.



Diego Forlan – penyerang terkenal asal Uruguay, mempunyai kebiasaan makannya khas sebelum bertarung . Menu makan atlet yang satu ini ialah roti bakar dengan mentega, yogurt, omelet putih telur, jus jeruk, serta tak ketinggalan – sepiring penuh berisi nanas!


Nanas mengandung vitamin C, serat, dan juga enzim bromelain – yang sungguh menolong menghalangi inflamasi atau pembengkakan. Selain itu yogurt dan putih telur kaya akan protein.


3. Amar’e Stoudemire (Bola Basket)


Sang veteran Amar’e Stoudemire memperlihatkan pola menu makan atlet yang ringan dan patut untuk dicontek. Dengan tinggi lebih dari dua meter dan menekuni satu bidang olah raga yang sungguh kompetitif ini, sang atlet mempunyai kebiasaan menikmati omelet, buah-buahan, “jus hijau”, dan juga air kelapa untuk sarapannya.



Mungkin banyak yang bertanya mengapa telur selalu menjadi pilihan banyak orang selaku makan pagi. Jawabannya adalah alasannya adalah telur adalah sumber protein yang baik. Sudah diduga bukan? Nah bedanya, meski kadar proteinnya lebih sedikit dari daging – telur membentuk otot sama baiknya dengan daging!


Air kelapa konon termasuk superfood meski tentu tetap diperdebatkan khasiatnya. Memang betul air kelapa mengandung elektrolit, tetapi sesungguhnya tetap mampu disubstitusi dengan air mineral kebanyakan.


4. Conor McGregor (Seni Bela Diri Campuran – MMA)


Salah satu cabang olah raga yang sangat naik daun dewasa ini yakni MMA atau mixed martial arts. Pastinya semua sudah mengenal sang jagoannya Conor McGregor, bukan? Baginya, “masakan enak” yaitu kunci dari santapannya sehari-hari alias menikmati apapun itu! Terdengar mudah bukan? Yang membedakan yaitu keseharian Conor diisi dengan berlatih keras sampai delapan jam!


Conor telah sudah biasa berubah-ganti latihan berbagai jenis bela diri dari taekwondo, jiu-jitsu, capoeira, hingga melaksanakan yoga. Ia juga mencukupkan dengan meminum air ataupun air kelapa selaku hidrasi dan menikmati daging. Yang paling penting baginya ialah tidak mengonsumsi minuman berenergi.


Apakah kamu memiliki sajian makan tersendiri yang juga sama sehatnya? Jangan lupa cek bagian resep-resep ataupun materi-bahan alternatif dan sehat yang bisa kamu gunakan saat masak berikutnya!




Sumber foto: Shutterstock