Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alternatif Kuliner Rendah Lemak Yang Bisa Menggantikan Sajian Sehari-Hari

Tahukah bahwa kita bantu-membantu bisa menimbulkan makanan yang kita santap sehari-hari lebih sehat? Bukan, ini bukan soal diet ketat ataupun mengganti apa yang kita senangi sepenuhnya. Berikut MAHI berbagi daftar alternatif makanan rendah lemak untuk hidup lebih sehat!


1. Minyak Zaitun


Minyak zaitun yang bermutu mempunyai kadar lemak tak jenuh yang tinggi dan justru menyehatkan. Satu studi bahkan menunjukkan kalau minyak zaitun mampu menghipnotis hormon serotonin yang mengakibatkan rasa puas, alias menghalangi kita dari impian untuk terus makan!


Dari kebutuhan sebatas untuk salad dressing hingga tumis menumis, minyak zaitun ialah opsi yang bijak. Gunakan yang satu ini selaku pengganti mentega ataupun margarin. Resep mudah berbentuktumisan daging ataupun sayur juga menjadi tidak kalah lezatnya. Ataupun saat membuat saus pasta dan kentang tumbuk yang bisa menggantikan fungsi mentega.


Untuk jenis ekstravirgin olive oil yang memang tidak mempunyai titik didih tinggi, maka lebih sempurna dipakai selaku  dressing untuk salad ataupun selaku gabungan sausnya. Membuat sendiri dressing salad ataupun saus pasta lebih sehat ketimbang berbelanja yang botolan. Selain adanya materi-materi yang mungkin tidak menyehatkan, saus botolan juga lazimnya tinggi kandungan gula.


2. Zucchini


Siapa sangka jikalau zucchini yang masih satu keluarga dengan ketimun ini bisa digunakan selaku pengganti karbohidrat? Contohnya selaku substitusi untuk pasta. Selain repot harus merebusnya, zucchini cuma perlu ditumis sesaat saja bersama sausnya.


Karena popularitasnya, zoodles atau zucchini noodles ternyata bisa diaplikasikan dalam sebagai unsur dalam salad ataupun kreasi masakan lainnya selaku pengganti mie. Meskipun teksturnya renyah dan tidak sebagaimana semestinya mie pada umumnya, zucchini malah memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Selain kaya akan vitamin C, zucchini juga mengandung serat dan potassium. Sungguh teladan yang menawan selaku makanan rendah lemak!



3. Putih Telur


Tahukah bahwa putih telur sendiri mampu mengambil alih peranan telur utuh dalam beberapa proses masak ataupun saat dimakan? Telur yaitu protein yang nyaris siapa saja suka dan nyatanya, menyingkir dari kuning telur tidaklah sesulit itu.


Misalkan saja pada proses menciptakan kudapan manis atau bakingrasio standarnya sebagai pengganti 1 butir telur utuh yaitu putih telur yang diambil dari 2 butir telur.


Untuk kita yang menyenangi telur matang selaku sarapan pagi, baik dicicipi dengan cuma cocolan garam ataupun bareng seporsi nasi, maka cukup singkirkan bab kuning telurnya. Dijamin rasanya tidak terlampau banyak berubah. Apalagi ketika disantap bersama salad yang kaya dengan banyak materi lainnya.


4. Kembang Kol



Meskipun seringkali kalah terkenal dengan saudaranya yang seperti tapi lebih mewah ialah brokoli, tidak mengakibatkan kembang kol kehilangan nama. Bahkan zaman sekarang, kembang kol mampu dimanfaatkan sebagai alternatif sehat dari karbohidrat berat seperti nasi ataupun kentang.


Sebagai pengganti kentang, kembang kol bisa dimanfaatkan dalam bentuk hash brownBegitupun untuk nasi, kembang kol cukup dihancurkan saja maka teksturnya seperti ibarat nasi. Salah satu resep yang menawan adalah nasi goreng kembang kol gaya Korea yang sudah pernah dibahas MAHI sebelumnya.


Kaprikornus jangan aib-aib ketika berjumpa dengan kembang kol. Langsung saja diborong dan ciptakan kreasi kuliner sehat di rumah!


5. Pisang



Sehat bergizi dinikmati demikian adanya, pisang juga bisa berfungsi sebagai pengganti es krim! Ya, betul es krim, yang sangat yummy namun penuh dengan gula. Hanya bedanya dengan pisang, kita menerima faedah kesehatan dari folat, vitamin C, dan tentunya potassium.


Caranya sendiri begitu mudah! Pisang cuma cukup untuk dibekukan dan kemudian dibuat menjadi puree. Ingin bereksperimen dengan rasa lainnya? Haluskan dengan food processor sesudah dibekukan, kemudian tambahkan cocoa powder tanpa gula. Rasanya seperti es krim soft serve!


Tidak cuma untuk es krim, puree pisang mampu dimanfaatkan juga selaku pengganti mentega, minyak, dan juga gula. Pisang juga mampu diaplikasikan pada resep brownies, kukis, muffin, ataupun pancake. Makanan rendah lemak ternyata mampu dikreasikan menawan, bukan?




Sumber foto: Shutterstock