Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Sajian Rendah Kolesterol Yang Kau Wajib Coba

Apakah ada sajian rendah kolesterol di Masak Apa Hari Ini? Jawabannya pastinya ada. Tim MAHI memang senantiasa mencari resep-resep seru yang bisa dinikmati semua kelompok. Dari yang sedang ingin pembatasan makanan , yang spesifik soal kolesterol, sampai yang gurih-gurih. Begitupun soal resep berkategori lainnya, dari yang masakan Sunda, Padang, Betawi, hingga yang punya pengaruh internasional.


Kembali ke soal kolesterol, ada beberapa resep yang mampu dicoba hari ini. Dari yang dimasak dengan cara rebus ataupun kukus. Selamat menjajal menu rendah kolesterol berikut ini!


1. Ikan kembung kukus, lebih terjaga nutrisinya


Ikan kembung kukus asam cocok sebagai menu utama.
Ikan kembung kukus asam, opsi sehat sekaligus enak. (Foto: MAHI)

Mengukus memiliki arti mempertahankan supaya nutrisi dalam masakan tidak menyusut banyak seperti mengolah makanan dengan cara yang lain. Misalnya saja digoreng dalam suhu tinggi, maka kandungan keuntungannya akan hilang. Itulah mengapa banyak mahir tidak menyarankan makanan yang digoreng-goreng, sebab selain nutrisinya tidak lagi maksimal, pastinya minyak banyak juga tidak baik untuk tubuh.


Untuk resep ikan kembung kukus ini, ada banyak bahan yang dilibatkan dalam proses memasaknya. Inilah yang juga menyebabkan menu ini lebih nikmat. Dari tomat, jahe, belimbing wuluh, sampai macam-macam cabai. Gunakan margarin dan bawang putih untuk dioleskan pada ikan. Lalu, tambahkan garam dan sisa bahan yang lain. Seru, kan?


2. Nasi bakmoy, masakan sehat khas Peranakan



Tenar di kelompok keturunan Tionghoa di kota Semarang, nasi dengan kuah ayam ini bergotong-royong mudah untuk diolah. Selebihnya hanya menciptakan kaldu ayam dan tambahkan tumisan bumbu dengan kecap asin. Kamu tinggal menciptakan kaldu ayam, lalu masukkan bumbu tumis yang disertakan kecap asin, kecap cantik, dan minyak wijen.


Buat kau yang suka kaldu ayam lebih gurih maka gunakan paduan tulang ayam dengan sedikit daging. Pilih bab daging yang punya banyak tulang, buang bagian kulit dan sedikit lemaknya. Rebus tulang dari 1 ekor ayam bersama setidaknya 1,5-2 liter air sampai mendidih, lalu kecilkan api. Kemudian, masak di atas api kecil bareng  bawang putih, bawang bombay, dan seledri selama 30 menit.


Tapi tak perlu serepot itu, simak saja dahulu resep nasi bakmoy berikut!


3. Sayur asem kacang merah, cita rasa yang berbeda


Semangkuk sayur asam kacang merah di atas meja makan kayu.
Mudahnya mengolah masakan sayur asam kacang merah yang terasa segar. (Foto: MAHI)

Mirip dengan sayur asem pada umumnya, resep ini memiliki beberapa perbedaan. Pertama, sayur asam ini mengandalkan kacang merah sebagai materi khususnya. Untuk sayurannya, kita gunakan jagung muda alias putren, buncis, labu siam, dan tomat. Sedangkan bumbunya aku iris bawang merah dan larutan air asam jawa.


Setelah menyiapkan semua bahan, saatnya memasak. Pertama, rebus bumbu, Bango Kecap Manis, dan kacang merah. Masak hingga kacang setengah matang. Setelahnya, masukkan sayuran lainnya dan larutan air asam jawa lalu masak hingga matang. Simak, yuk, resep lengkap sayur asem ini!


4. Sup beligo, hidangan rendah kolesterol yang unik


Beligo mungkin belum banyak dikenal di Indonesia, namun kreasinya sudah melebihi macam-macam hal. Mulai dari sayuran, menu bagus, minuman, hingga dijadikan selai dan kudapan manis. Beligo ialah labu yang kaya vitamin C. Manfaat lain dari bahan utama es teh kundur ini juga banyak berhubungan dengan kesehatan.


Kali ini, kundur kita jadikan saja sebagai materi utama untuk resep sup yang sungguh bernutrisi. Cara membuatnya mudah dan mampu kamu ikuti di rumah. Simak resep sup beligo berikut, yuk!


Nah, saya harap empat resep ini bakal jadi acuan kau berikutnya untuk menikmati menu rendah kolesterol dan bernutrisi. Semoga bermanfaat!