Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hidangan Pembatasan Makanan Sehari-Hari Yang Gampang Dimasak Di Rumah

Meracik hidangan pembatasan makanan memang susah-sukar gampang. Di satu segi kita butuh makanan sehat, di sisi lain kita juga tetap memerlukan yang memanjakan lidah. Kamu punya pengalaman yang sama?


Untuk menyiasati hal tersebut, kita bisa melakukan diet secara secara perlahan-lahan. Kamu mampu berkomitmen untuk memilih diet mana yang cocok untukmu. Apakah kau ingin mengurangi asupan gula? Atau mungkin kamu ingin mencoba mengurangi daging-dagingan? Berikut ini ada beberapa menu pembatasan makanan sehat yang bisa kau coba di rumah!


1. Resep gado-gado


Kita mulai dari yang sajian yang tak ajaib di pengecap kita, gado-gado. Sajian khas Betawi ini mampu dikategorikan masakan sehat alasannya didominasi oleh sayuran. Ya, kuliner ini juga bisa disebut saladnya orang Indonesia, lho. Sayuran pada gado-gado juga tidak lewat proses masak yang berlebihan. Sayuran mirip kol, kentang, dan selada hanya direbus saja.


Tak cuma di Jakarta, kita juga bisa mendapatkan gado-gado khas Surabaya. Sajiannya tak jauh berlainan, hanya saus kacangnya lebih encer saja. Yuk, lihat resep gado-gado khas Surabaya yang pernah kami buat sebelumnya!


2. Menu pembatasan makanan dari quinoa


Jika ingin menjajal sajian sehat berbeda, racikan quinoa ini bisa jadi pilihan. Keluarga biji-bijian menjadi salah satu sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat. Jika kau ingin meminimalisir asupan gula atau karbohidrat simpel, quinoa mampu jadi solusinya.


Quinoa biasanya dijual di swalayan, tetapi sekarang juga mampu kamu beli secara online di aneka macam platform e-commerce. Khusus untuk resep quinoa satu ini, kita memasukkan bahan kuliner sehat lainnya mirip chickpea atau kacang Arab yang kaya protein hingga zucchini yang sudah kita kenal.


3. Paprika isi daging


Sepiring paprika isi daging dan nasi adalah menu komplet yang unik
Resep paprika isi daging asam anggun mampu dibentuk di rumah selaku hidangan unik yang sehat. (Foto: Shutterstock)

Ingin menambah asupan energi dari daging-dagingan? Yuk, kita coba resep paprika isi daging ini! Tak cuma rasanya yang glamor, penampilan paprika isi daging ini juga menggugah selera. Diet jadi tak terasa berat.


Sajian daging jadi kuliner wajib penganut pembatasan makanan keto. Alih-alih dari nasi atau kentang, mereka menentukan lemak sebagai salah satu sumber energinya. Jika kamu penganut pembatasan makanan yang serupa, kau mampu menentukan hidangan paprika isi daging yang lezat ini.


4. Tempe katsu kari


Kamu memilih untuk menghindari daging-dagingan? Berbada dengan diet keto, vegetarian justru menyingkir dari segala jenis daging dan produk turunannya. Mereka meyakini, bahwa protein mampu ditemukan dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.


Nah, jika kamu sedang menyingkir dari daging-dagingan tetapi tetap ingin makan yummy, kau mampu berinovasi membuat tempe katsu kari. Ya, katsu ini tidak yang dibuat dari daging ayam tetapi tempe. Bagaimana membuatnya? Yuk, lihat resep tempe katsu kari ini!


5. Otak otak kukus



Untuk camilan sehat tanpa minyak, kamu bisa memilih resep otak-otak kukus ini. Otak-otak kukus yang dibuat dari ikan tenggiri yang kaya akan protein dan omega-3. Ikan tersebut dihaluskan dan diaduk dengan tepung sagu yang tidak mengandung gluten.


Adonan tersebut kemudian kita balut dengan daun pisang dan dikukus. Jadi, kita tidak perlu makanan yang digoreng untuk mendapatkan kudapan gurih dan enak. Yuk, kita coba!


Demikian lima sajian diet yang mampu kamu buat sendiri di rumah. Tetap amati kebutuhan tubuhmu , ya, dan terapkan contoh makan seimbang!