Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menciptakan Seblak Untuk Camilan Keluarga

Seblak adalah menu yang yang dibuat dari kerupuk mentah yang direndam air panas dan diolah dengan bumbu cabai. Masakan ini sedang populer di berbagai penggalan kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta. Bingung dengan cara membuat seblak? Berikut 5 resep seblak yang mampu kau coba!


1. Seblak Ceker Jeletet


Cara Membuat Seblak
Seblak ceker ini kenyal dan bumbunya meresap sampai ke tulang. Jangan nekat makan jikalau kau tidak kuat makan pedas, ya! (Foto: Shutterstock)

Kini seblak diolah dengan beragam variasi isi dan materi-materi, salah satunya Seblak Ceker. Cara bikin seblak ceker ini mudah saja, rebus ceker ayam hingga empuk kemudian tumis bareng bumbu cabe.


Bahan-bahan yang diharapkan untuk bumbu seblak yang pedas ini: Ceker ayam, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabe keriting merah, abu cabe, kencur, kemiri, daun salam, serai, laos, jahe, Royco Kaldu Ayam, dan air.


Cara membuat seblak ceker jeletet:



  1. Cuci ceker ayam hingga benar-benar bersih. Rebus ceker bersama daun salam, serai, jahe dan laos yang sudah dimemarkan. Pastikan ceker matang dan empuk.

  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, kemiri, cabe rawit dan cabai keriting memakai food processor atau ulekan biasa.

  3. Panaskan panci bersama sedikit minyak, masukkan bumbu halus dan tumis sampai harum. Tambahkan debu cabe dan daun salam dan tumis kembali sampai layu. Setelah harum, masukkan air rebusan ceker.

  4. Masukkan ceker yang telah matang. Bumbui dengan Royco dan garam sampai rasa sesuai dengan selera kamu. Sajikan.


2. Cara Membuat Seblak Mie


Cara Membuat Seblak
Tambahkan udang dan kerang untuk seblak mie yang lebih Istimewa. (Foto: Shutterstock)

Seblak Mie ini mampu menjadi alternatif mie rebus biasa. Cara membuat seblak mie ini semudah menumis sayur, semuanya tinggal celup, oseng-oseng dan jadi deh!


Bahan-bahan yang dibutuhkan: mie telur, kerupuk, telur ayam, kol, bawang daun, Royco Kaldu Ayam, asam jawa, dan bumbu halus (cabe rawit merah, bawang putih, kencur, dan garam)


Cara membuat seblak:



  1. Panaskan panci dengan sedikit minyak. Tambahkan bumbu halus dan masak sampai harum.

  2. Masukkan telur, masak orak-arik. Lalu masukkan air, mie telor, kerupuk, kol, Royco, dan asam jawa. Masak sampai kerupuk lembek.

  3. Terakhir, masukkan bawang daun. Koreksi rasa, angkat dan suguhkan.


3. Seblak Makaroni Udang


Cara Membuat Seblak
Seblak makaroni ini yummy disantap dengan kuah atau sedikit kering. Sama enaknya! (Foto: Shutterstock)

Ingin masak seblak yang beda dan bisa menggoyang pengecap? Mumpung masih ada stok udang di kulkas, sekalian dimasak saja bareng makaroni. Rasanya mirip pasta namun lebih pedas.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Makaroni, telur ayam, udang yang telah direbus dan dikuliti, bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kencur, kemiri, garam dan Royco Kaldu Ayam)


Cara menciptakan seblak:



  1. Rebus makaroni sampai matang. Karena akan diolah kembali, tentukan kamu tidak merebusnya hingga terlalu lembek.

  2. Panaskan panci berisi minyak lalu masukkan bumbu halus dan masak hingga harum.

  3. Setelah bumbu tumisan harum, masukkan telur kemudian aduk-aduk. Secara berturut-turut, masukkan air, makaroni yang sudah matang dan udang rebus. Masak hingga matang dan hidangkan.


4. Seblak Kwetiau


Cara Membuat Seblak
Agar asupan nutrisi kamu sebanding, jangan lupa tambahkan sayur mirip brokoli dan wortel. (Foto: Shutterstock)

Bandung ialah surganya kuliner kreatif. Ada saja pandangan baru baru untuk menciptakan varian seblak, salah satunya seblak kwetiau ini!


Bahan-materi yang diperlukan: Kwetiau, fillet daging ayam yang telah diiris dadu, brokoli, wortel, debu cabai, Royco Kaldu Ayam, dan bumbu halus (bawang merah, cabai merah, kencur dan garam).


Cara membuat seblak:



  1. Masak kwetiau sampai matang lalu tiriskan dan sisihkan.

  2. Panaskan panci berisi minyak, kemudian tumis bumbu halus sampai harum. Kemudian masukkan daging ayam, wortel dan brokoli. Masak sampai wortel matang.

  3. Terakhir masukkan kwetiau, debu cabe dan Royco Kaldu Ayam. Aduk-aduk sampai rata, matikan kompor lalu suguhkan.


5. Seblak Fusilli


Cara Membuat Seblak
Karena bentuk fusilli yang keriting, bumbu kencurnya lebih meresap ke dalam pasta. (Foto: Shutterstock)

Ini dia yang namanya perpaduan masakan Italia dengan Bandung, seblak fusilli! Pasta yang berbentuk spiral ini ternyata cukup klop diolah dengan bumbu kencur.


Bahan-materi yang dibutuhkan: Pasta fusilli, daun sawi, paprika kuning, cabe merah, bawang bombay yang diiris memanjang, Royco Kaldu Ayam, dan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kencur, kemiri, cabe rawit)


Cara membuat seblak:



  1. Panaskan panci sedang berisi air. Tunggu sampai air mendidih, masukkan fusili lalu rebus hingga matang, tiriskan.

  2. Panaskan panci berisi sedikit minyak lalu tumis bumbu halus sampai bau. Masukkan daun sawi, cabe merah, bawang bombay dan paprika kuning. Masak hingga layu.

  3. Masukkan fusili yang sudah matang, aduk-aduk dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Aduk kembali, matikan kompor dan hidangkan.


Sekarang telah tahu, kan, resep seblak yang gampang dan memakai materi sehari-hari? Coba, yuk, sajikan untuk keluarga tercinta sore nanti. Kurangi cabainya jika takut terlalu pedas, ya.