Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Resep Masakan Thailand Yang Memakai Batang Serai

Batang serai yakni salah satu bahan masakan yang sungguh populer di Asia, terkhusus Thailand. Bahan ini biasa digunakan untuk menambahkan aroma yang khas, misalnya mirip pada Tom Yum. Chef Panji kali ini akan mengembangkan 6 resep masakan Thailand yang memakai serai. Mari mengolah masakan!


Pad Prik King


batang serai
Tumisan buncis a la Thai ini sangat istimewa alasannya memakai serai dan pasta kari. (Foto: Shutterstock)

Pad Prik King adalah menu klasik Thailand yang sungguh gampang dibuat. Masakan ini adalah tumisan kacang panjang dengan bumbu kari dan batang serai, nikmat disantap bareng nasi.


Bahan-bahan yang diharapkan: buncis, paprika merah, fillet daging ayam yang telah diiris dadu, daun jeruk, bawang putih, pasta kari, minyak goreng, saus ikan, kecap asin, Royco Kaldu Ayam dan garam.


Cara menjadikannya:



  1. Potong buncis menjadi 3 cm, cincang bawang putih, dan iris tipis daun jeruk nipis. Cuci dan keringkan ayam dengan kertas tisu, lalu potong-potong seukuran dadu.

  2. Tambahkan minyak ke dalam wajan, masukkan bawang putih dan tumis sampai harum (hati-hati jangan hingga gosong), kemudian kecilkan api dan tambahkan pasta kari dan masak selama satu menit atau hingga harum.

  3. Masukkan ayam, dan masak sampai setengah matang, lalu tambahkan buncis dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai bumbu meresap rata.

  4. Masak buncis sekitar 2 hingga 3 menit, kemudian tambahkan saus ikan, kecap asin, Royco Kaldu Ayam dan sedikit garam. Aduk dan masak lagi selama 5 menit. Sajikan bareng nasi panas.


 Nasi Goreng Tom Yum


batang serai
Aroma dan rasa Tom Yum menyatu dalam bulir-bulir nasi. Satu takaran, mana cukup! (Foto: Shutterstock)

Masak Tom Yum telah biasa, kali ini masak Nasi Goreng Tom Yum yang nikmatnya membuatkeluarga minta tambah terus! Tambahan serai membuat sajian ini makin bacin.


Bahan-materi yang dibutuhkan: udang yang telah digoreng, mentimun, daun bawang, ayam, batang serai, daun jeruk, cabai rawit, lengkuas, saus ikan, pasta cabe, minyak sayur, jeruk nipis, Royco Kaldu Ayam, dan garam.


Cara menjadikannya:



  1. Menggunakan ulekan, tumbuk lengkuas, serai, cabai rawit, kecap ikan, Royco Kaldu Ayam dan pasta cabai. Campur sampai rata, sisihkan.

  2. Dalam panci panas, masukkan minyak sayur dan goreng ayam selama 5 sampai 8 menit. Matikan kompor dan sisihkan.

  3. Masih di panci yang sama, tumis bumbu tumbuk selama 30 detik atau hingga harum. Tambahkan nasi dan masak selama 5 menit, sampai nasi dan bumbu tercampur rata.

  4. Masukkan ayam dan irisan daun jeruk, aduk rata. Tambahkan udang matang bareng daun bawang dan aduk sebentar lalu matikkan api kompor.

  5. Sajikan bareng potongan jeruk nipis, mentimun dan cabai rawit.


Thai Mango Salad


batang serai
Rasa segar, pedas, gurih, asam, dan anggun berpadu dalam Thai Mango Salad ini. (Foto: Shutterstock)

Segar dan bikin pengecap menari kepedasan! Thai Mango Salad ini cocok dijadikan sobat makan atau cemilan di sore hari. Tambah penggalan cabai rawit untuk kau pecinta pedas.


Bahan-materi yang diperlukan: ebi, buah pepaya parut memanjang, buah mangga parut memanjang, cabe rawit, bawang putih, air jeruk nipis, saus ikan, minyak sayur, gula aren, bawang merah, kacang goreng yang sudah disangrai, daun ketumbar, daun mint, dan Royco Kaldu Ayam.


Cara membuatnya:



  1. Campur dan haluskan cabai rawit, bawang putih, air jeruk nipis, saus ikan, minyak sayur, Royco Kaldu Ayam Bubuk dan gula aren di dalam blender sampai halus.

  2. Siapkan mangkuk berskala besar, lalu masukkan mangga, pepaya, bawang merah, kacang tanah, daun ketumbar, daun mint, udang kering, dan bumbu halus. Aduk sampai rata.

  3. Agar lebih lezat, dinginkan salad di dalam lemari es apalagi dulu selama kurang lebih satu jam.


Thai Crab Cakes


batang serai
Thai Crab Cakes ini memperlihatkan sensasi makan kepiting ala Thai yang tidak repot atau mengotori baju kau. (Foto: Shutterstock)

Makan kepiting memang nikmat, tapi cara makannya yang njelimet membuat kita malas repot. Thai Crab Cakes ini ialah cara terpraktis menikmati daging kepiting. Suwiran daging kepiting yang diaduk dengan bumbu dan serai ini rasanya luar biasa!


Bahan-materi yang diharapkan: daging kepiting yang sudah masak, telur, daun ketumbar, kulit dan air perasan jeruk nipis, cabe merah, tepung roti, daun bawang, saus pedas cantik, saus ikan, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.


Cara menjadikannya:



  1. Campur semua materi kecuali tepung roti, saus pedas bagus, dan minyak. Aduk hingga rata dan bentuk lingkaran-bundar pipih.

  2. Gulingkan campuran di atas tepung roti sampai tertutup rata.

  3. Goreng dengan minyak sayur hingga berwana kecokelatan.

  4. Sajikan bareng saus pedas manis atau bagian cabai rawit.


Thai Pumpkin Curry


batang serai
Masakan berbumbu kari memang tidak pernah mengecewakan. Paduan kuah berbumbu legit dengan labu yang manis ini hmmm lezatnya. (Foto: Shutterstock)

Kari tidak melulu harus menggunakan ayam atau sapi. Kali ini Chef mencoba Thai Pumpkin Curry dengan batang serai. Kuahnya legit dan amis!


Bahan-materi yang diharapkan: cabe rawit, cabai hijau, minyak zaitun, bawang bombai, abu kari, labu kuning diiris dadu, santan kental, Royco Kaldu Ayam yang sudah dilarutkan dengan air, daun bayam, kacang mete matang dan daun ketumbar.


Cara membuatnya:



  1. Panaskan panci lalu masukkan minyak. Tambahkan bawang bombai cincang dan debu kari. Tumis hingga bawang bombai lunak, lalu tambahkan labu dan aduk.

  2. Tambahkan santan dan air larutan kaldu dan didihkan. Tutup dan biarkan mendidih di atas api sedang selama sekitar 10-12 menit hingga labu lunak dan matang.

  3. Masukkan bayam dan masak sampai layu.

  4. Angkat dari kompor dan tambahkan kacang mete dan daun ketumbar, aduk sebentar kemudian dihidangkan.

  5. Sajikan dengan nasi, taburan daun ketumbar cincang dan kacang mete.