Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengolah Bebek Biar Tidak Bau Bacin

Punya rasa yang gurih dan legit, olahan bebek kerap kali jadi sajian favorit. Sebut saja nasi bebek Madura, bebek lado mudo, ataupun angsa goreng kremes. Namun sayangnya, tak siapa saja suka mengolah makanan belibis. Berbeda dengan ayam, cara mengolah angsa memang punya tingkat kesulitan tersendiri.


Bebek punya tekstur daging yang relatif lebih alot dan aroma yang lebih busuk. Hal ini sangat dipengaruhi oleh usia angsa dan cara mengolahnya. Semakin renta usia bebek, dagingnya makin alot. Bau busuk pada bebek juga lazimnya bersumber pada bab tunggir atau ekornya.


Lima cara mengolah angsa bebas bau


Untuk itu, kali ini tim MAHI menyebarkan trik sederhana cara mengolah belibis agar tak bau anyir. Apa saja itu?


1. Mencuci dengan jeruk nipis


Cuci bebek pada air mengalir memakai jeruk nipis. Jeruk nipis sudah dikenal ampuh dalam menetralisir bau busuk, mulai dari belibis, ikan, hingga cumi. Lumuri bebek dengan jeruk nipis, tapi tak perlu direndam. Merendam unggas dengan buah kaya vitamin C akan membuatnya cepat hancur. Diamkan sementara waktu kemudian eksklusif bilas.


2. Membuang bagian tunggir


Satu ekor bebek mentah di atas papan kayu dan ada pisau di sampingnya.
Salah satu cara mengolah belibis yaitu dengan memotong bagian tunggir untuk hilangkan wangi wangi. (Foto: Shutterstock)

Tunggir atau kerap disebut brutu merupakan bab pantat belibis yang perlu diamati ketika mengolah binatang unggas ini. Kelenjar minyak terdapat di erat pantat bebek sehingga menjadi sumber amis bacin pada bebek. Untuk itu, pribadi potong bagian tunggir ketika mencuci belibis. Iris dengan hati-hati supaya potongannya tetap rapi.


3. Merebus dengan air rempah


Wangi rempah yang pekat juga dapat menetralisir wangi wangi pada belibis. Rebus belibis yang sudah dicuci menggunakan beberapa rempah mirip daun salam, serai, kunyit, lengkuas, dan daun jeruk. Rebus selama kurang lebih selama satu jam. Kita juga mampu memakai air rebusan rempah selaku materi perendam biar tekstur bebek menjadi lebih empuk. Wangi rempahnya akan membuat sajian bebek makin lezat!


4. Melumuri dengan buah nanas


Dua buah nanas, salah satunya dipotong dan pisau di sampingnya dan merupakan cara mengolah bebek agar tidak anyir.
Potongan nanas dapat menghilangkan amis bacin pada bebek. (Foto: Shutterstock)

Cara mengolah angsa selanjutnya adalah dengan memakai buah nanas. Wangi nanas yang pekat dan cantik diandalkan mampu mengalahkan bacin wangi pada angsa. Kandungan enzim bromelain pada buah nanas juga mampu mengempukkan daging belibis.


Lumuri daging bebek dengan nanas yang telah dilumatkan terlebih dahulu. Lalu diamkan beberapa saat. Jangan merendam daging belibis dengan nanas terlalu usang sebab mampu menjadikannya hancur. Cara ini juga berlaku untuk daging kambing atau daging sapi.


5. Memanggang dengan posisi menggantung


Langkah kelima ini sedikit lebih menantang dibandingkan yang lain. Namun, cara ini bisa jadi paling ampuh dalam menghilangkan bau anyir pada belibis. Gantung bebek di atas pembakaran api dengan posisi tunggir di bawah. Biarkan lemak pada tunggir angsa meluruh terbakar sehingga bacin amisnya perlahan menghilang.


Demikian lima cara mengolah bebek semoga tidak busuk amis yang bisa kita coba. Tak perlu lagi ragu berkreasi dengan kuliner, apapun bahannya!