Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Pembatasan Makanan Tanpa Olahraga Yang Mampu Kamu Coba

Tak punya waktu untuk berolahraga? Kamu tetap bisa mempertahankan berat badan, kok. Ada beberapa cara diet tanpa olahraga yang bisa kau coba. Jika konsisten melakukannya, berat badanmu mampu berkurang dan badan lebih sehat.


Secara garis besar, semua caranya bekerjasama dengan acuan makan. Memang, kuliner berpengaruh lebih besar pada berat tubuh ketimbang olahraga. Meski begitu, tak memiliki arti kau bisa mundur 100% dari kegiatan olahraga, ya. Berolahraga menjadi penyeimbang yang menciptakan tubuhmu tetap fit.


Yuk, kita bahas satu per satu diet tanpa olahraga yang mampu merealisasikan resolusi sehat 2020 kau!


1. Mengurangi konsumsi gula


Tak semua yang cantik itu baik untuk kita, salah satunya gula. Bahkan, gula disebut-sebut sebagai “the new morphine” karena menciptakan candu namun punya efek berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi fruktosa dalam jumlah besar akan membuat kita terus merasa ingin makan meski tidak lapar.


Gula yang kita minimalkan tak cuma pada makanan cantik, namun juga pada kuliner berkabohidrat simple seperti nasi dan tepung-tepungan. Kurangi kuliner dengan karbohidrat simple dan beralih ke karbohidrat kompleks mirip umbi-umbian, kacang-kacangan, dan gandum.


2. Diet tanpa olahraga dengan menertibkan takaran makan


Jika belum sanggup menghapus makanan favorit dari meja hidanganmu, kamu bisa mengendalikan porsinya. Kurangi setengah dari takaran makanmu, lalu kunyah lebih usang. Mengunyah lebih usang diyakini dapat mengeyangkan.


Trik lainnya yaitu dengan memakai piring kecil ketika makan. Jadi, masakan akan tampakmenumpuk bila kita ambil terlalu banyak. Secara psikologis, kita akan mengambil porsi makan lebih minim jikalau menggunakan piring kecil karena mengikuti ukuran piring tersebut.


3. Mengatur waktu makan


Jam waker di tengah makanan mentah yaitu salmon, alpukat, dada ayam, alpukat, dan kacang-kacangan untuk diet tanpa olahraga.
Intermittent fasting, pembatasan makanan tanpa olahraga yang bisa dicoba. (Foto: Shutterstock)

Perut kita juga butuh waktu-waktu tertentu untuk beristirahat. Mengatur waktu makan sudah semenjak lama diusulkan untuk memperbaiki metode pencernaan. Tren yang sekarang bergema yakni intermittent fasting, yakni cuma makan di waktu tertentu. Konsepnya seperti berpuasa, tapi kita mampu mengontrol jamnya.


Pengaturan jam bisa beragam. Ada aturan 16:8 ialah kita berpuasa selama 16 jam dan boleh makan selama 8 jam. Ada pula aturan jendela 5:2 adalah kita mengonsumsi 500 gr makanan dalam dua hari, selebihnya kita makan dengan wajar . Diet ini juga dapat menekan resistensi insulin atau menurunkan gula darah sehingga mampu menghalangi diabetes.


4. Memperbanyak raw food


Satu mangkuk berisi raw food seperti potongan alpukat, bawang merah dan wortel.
Mengonsumsi kuliner mentah mampu membantu menurunkan berat badan. (Foto: Shutterstock)

Diet raw food ialah pembatasan makanan yang cuma memperbolehkan kita mengonsumsi masakan mentah atau minim olahan. Misalnya saja buah-buahan dan sayuran mentah. Kalaupun dimasak, makanan dihentikan dipanaskan lebih dari 40-48 Celcius. Tujuannya yaitu untuk menjaga nutrisi dari masakan tersebut sehingga lebih berfaedah untuk badan.


Dengan melaksanakan pembatasan makanan raw food, kita tidak akan memakan gorengan, tepung-tepungan, bahkan gula dan garam. Berat tubuh bisa menyusut dengan cepat tanpa olahraga. Kamu tetap mampu mengonsumsi kacang-kacangan, susu, dan pastinya sayuran dan buah.


5. Membatasi konsumsi garam


Jika menetapkan untuk diet raw food terlalu sulit, kita bisa mencoba pembatasan makanan garam atau populer dengan istilah pembatasan makanan mayo. Garam mengikat air dalam badan, sehingga pembatasan makanan ini mampu menyeimbangkan kadar air dalam badan. Namun, pembatasan makanan mayo sendiri tidak dianjurkan dijalankan dalam rentang waktu panjang. Biasanya, pembatasan makanan mayo cuma dilakukan maksimal 13 hari. Diet mayo sendiri juga tidak bermakna hanya menghemat garam, tetapi memperbanyak sayuran dan meminimalkan kuliner anggun.


Diet garam bisa membuat kita lemas karena kurang karbohidrat. Kita mampu melakukannya sedikit demi sedikit, contohnya dengan mengurangi kuliner olahan seperti sosis, nugget, dan bakso yang mengandung banyak garam.


Semua diet tanpa olaharga di atas semestinya dikonsultasikan terlebih dulu kepada dokter atau mahir gizi terdekat. Setiap orang mempunyai kondisi kesehatan yang berlainan. Ada yang lebih cocok melakukan diet gula, ada pula yang cocok melaksanakan intermittent fasting. Pastikan kau mengenali tubuh apalagi dulu sebelum mengawali pembatasan makanan .