Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hidangan Buka Puasa Praktis Untuk Anak Kosan

Sebagai anak kosan, acara mengolah masakan sering kali terbatas. Bisa jadi alasannya dapur yang digunakan bareng menciptakan kita bergilir memakainya. Nah, untuk itu kali ini Tim MAHI berbagi inspirasi menu buka puasa praktis yang mampu diseleksi oleh anak kos.


Agar tak membuatkantong bolong, kita pilih materi masakan ekonomis plus yang mudah didapatkan. Bahan kuliner pada resep berikut bisa kita peroleh dari tukang sayur, pasar tradisional, atau swalayan terdekat. Yuk, kita coba satu persatu!


1. Martabak mie telur kornet, begitu memanjakan


Resep Martabak Mie Telur
Resep martabak mie telur kornet tergolong tidak sukar untuk dipraktekkan di dapur. (Foto: MAHI)

Untuk yang nggak sempat beli materi kuliner ke tukang sayur, hidangan buka puasa simpel ini bisa dicoba. Bahan-bahannya hanya berisikan telur, mie, kornet, dan kulit lumpia yang mampu ditemukan di swalayan terdekat. Cara membuatnya relatif sederhana.


Kita olah dahulu bagian isinya yaitu mie, telur, kornet serta bumbu yang lain. Setelah itu, kita balut dengan kulit lumpia. Untuk merekatkannya, kita larutkan sedikit terigu dan air. Lihat resep martabak mie kornet, dan hidangkan ketika bedug magrib! Sajian ini mampu juga jadi hidangan makanan ringan ketika bukaan.


2. Tumis bayam tahu, sehat dan gampang dibuat


Agar puasanya makin tanpa gangguan, jangan lupa untuk memakan makanan bernutrisi. Salah satu menu sayuran yang cukup mudah dimasak ialah tumis bayam tahu. Makanan ini berisikan dua materi utama, yakni tahu kuning yang kita goreng apalagi dulu serta seikat bayam.


Proses mengolah tumis bayam tahu hanya sekitar 30 menit sehingga termasuk selaku resep singkat. Selain untuk buka puasa, tumis bayam tahu juga jadi inspirasi yang sempurna untuk hidangan sahur. Yuk, kita lihat resep lengkap tumis bayam tahu!


3. Sup ayam makaroni, segar dan menghangatkan


Resep lainnya yang bisa dicoba di dapur kosan adalah sup ayam makaroni. Bumbu yang kita perlukan untuk menciptakan sup ayam gampang didapatkan, adalah bawang putih, bawang merah, dan lada. Agar makin mantap rasanya, kita tambahkan Royco Kaldu Ayam.


Nah semoga makin Istimewa, kita tambakan makaroni pada olahan ini. Dengan materi-materi yang gampang didapat, memasak jadi lebih mudah. Yuk, kita coba resep sup ayam makaroni ini dan sajikan bersama nasi hangat!


4. Tahu isi sayuran, hidangan tajil favorit


Tahu isi sayuran asam manis tersaji di atas meja.
Sajikan tahu isi sayuran asam elok untuk kudapan di selesai pekan. (Foto: MAHI)

Siapa yang bisa menolak lezatnya tahu isi masa berbuka puasa? Meski mampu dibeli di luar, tak ada salahnya membuat tahu isi sendiri di rumah. Bahan-bahannya kita racik sendiri sehingga lebih higienis.


Tahu yang kita pakai untuk resep ini ialah jenis tahu Sumedang. Bagian kulitnya yang tebal menunjukkan tekstur renyah ketika digoreng. Kita juga mampu lebih gampang memasukan tumisan sayur ke dalamnya. Lihat resep tahu isi sayuran ini, dan suguhkan selaku sajian pendamping ataupun makanan ringan.


5. Oseng tempe, menu buka puasa mudah


Protein nabati yang gampang dan murah untuk dipilih salah satunya yaitu tempe. Bahan kuliner ini punya banyak opsi untuk dimasak, salah satunya oseng tempe. Proses memasaknya terdiri dari dua tahap ialah tempe digoreng apalagi dahulu lalu dioseng menggunakan bumbu kecap.


Hal yang perlu diperhatikan agar masakannya tidak gagal adalah proses menggorengnya. Jangan sampai tempe kurang matang, atau terlalu kering, ya. Setelah itu, baru kita tumis memakai bumbu kecap. Intip resep oseng tempe dan sajikan bersama aneka tumisan.


Demikian lima hidangan buka puasa simpel untuk anak kos. Dengan materi yang gampang didapat, memasak pun tak perlu ribet! Yuk, kita coba sekarang!