Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Menu Buka Puasa Hemat Dan Lezat Untukmu Yang Sedang Berhemat

Menjelang Idulfitri, biasanya ada saja aktivitas yang harus dipenuhi – mulai dari kirim-kirim parcel ke sanak kerabat sampai membeli baju gres. Agar kantong tetap kondusif, mau tidak ingin kita harus berhemat. Salah satu caranya yaitu dengan menentukan menu buka puasa irit sedari dini.


Makanan irit bukan memiliki arti tidak lezat, lho. Begitupun soal nutrisi juga bukan berarti minimalis. Sayuran kaya serat mirip kangkung, bayam, dan buncis justru punya harga yang murah meriah. Nah, kali ini kita akan menyebarkan anjuran menu buka puasa irit untukmu!


1. Kangkung asam jawa, sajian buka puasa ekonomis


Salah satu makanan sederhana yang punya kenikmatan tersendiri ialah tumis kangkung. Diolah dengan asam jawa, menu ini begitu mengundang selera. Apalagi kalau disajikan dengan nasi hangat dan sambal.


Kabar baiknya, cara mengolahnya tidak membutuhkan waktu lebih dari 30 menit. Kita cuma membutuhkan sedikit bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan sedikit air asam. Jika ingin terasa lebih spesial, kau bisa tambahkan ikan teri. Makanan hemat, tapi punya rasa selangit!


2. Jamur krispi saus kecap, pilihan sempurna selaku takjil


Tak lengkap memang kalau tidak ada menu gorengan dikala berbuka puasa. Kita mampu menghidangkan kuliner Istimewa dengan harga murah semarak, ialah jamur krispi! Disajikan dengan cocolan saus kecap, jamur ini juga bisa jadi menu camilan saat tajil.


Jamur yang kita pilih adalah jamur tiram yang bentuknya lebar. Pastikan kau memilih jamur yang masih segar, ya, alasannya adalah akan memengaruhi rasanya. Agar jamur tidak berair, keringkan jamur dengan tisu dapur sebelum diolah dengan tepung. Simak resep jamur krispi saus kecap dan sajikan untuk yang tersayang di rumah!


3. Semur ati ayam, andalan ketika kekurangan wangsit


Semur ati ayam pedas tersaji.
Sajikan semur ati ayam pedas sebagai hidangan sehari-hari. (Foto: MAHI)

Kebutuhan protein sekaligus zat besi bisa kita dapatkan dari ati ayam. Harganya relatif lebih murah dibandingkan bab daging ayam. Meski banyak cara mengolah ati ampela, salah satu menu yang sulit ditolak justru yakni resep semur ati ayam satu ini.


Beberapa bumbu andalan untuk menciptakan semur ati ayam yaitu bawang merah, bawang putih, cabe keriting, tomat, jahe, dan merica. Jangan lupa untuk menuangkan Bango Kecap Manis, yang tak hanya memberikan warna hitam keemasan yang menarik tetapi juga rasa membangkitkan selera.


4. Tumis taoge ikan asin, hidangan pendamping segala situasi


Aneka tumisan tauge di atas piring kayu.
Aneka tumisan lezat ini praktis dibuat, cocok untuk menu buka puasa praktis dan ekonomis. (Foto: Shutterstock)

Sayuran yang lain yang mampu kamu pilih untuk berhemat adalah taoge. Dengan harga yang ekonomis, taoge punya rasa yang tak kalah enak! Kamu mampu mengolah tumis taoge dengan komplemen ikan asin untuk rasa yang lebih nikmat.


Bumbu dasar yang kita butuhkan adalah bawang putih, kucai, cabai, dan daun bawang. Cukup tumis sebentar taoge, lalu hidangkan dengan nasi hangat. Resep tumis taoge ini juga simpel untuk menu sahurmu.


5. Bakwan tahu, makanan ringan saat di rumah aja


Protein nabati mampu kita peroleh dari tahu. Dari sekian banyak resep yang bisa dicoba, salah satu hidangan paling praktis tapi punya rasa yang nikmat ialah resep bakwan tahu.


Sedikit berlainan dengan aneka bakwan lainnya, tahu punya tekstur yang lebih berair sehingga lebih mudah hancur. Agar melekat sempurna, kita perlu pemanis telur. Nah, umumnya tekstur bakwan memang agak lembek bila menggunakan telur. Sisasati dengan memakai air es untuk mengolah adonannya, ya.


Demikian lima menu buka puasa irit yang bisa kamu coba. Tak perlu takut berhemat, alasannya kita tetap mampu menyuguhkan kuliner yang enak!