Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ilham Resep Frozen Food Rumahan Untuk Lauk Kagetan

Bagi kamu yang tak memiliki banyak waktu di dapur, menyetok frozen food mampu jadi salah satu penyelesaian masak simpel. Dengan stok kuliner siap saji di freezer, kita tak perlu lagi menguras waktu untuk melaksanakan aneka macam macam persiapan sebelum mengolah masakan. Cukup luangkan waktu beberapa menit untuk menghangatkan di atas kompor ataupun microwave, makanan pun sudah siap santap.


Supaya lebih segar dan juga sehat kau mampu merencanakan sendiri frozen food di rumah. Pada dasarnya frozen food tak hanya terbatas pada kuliner siap saji seperti bakso, sosis, atau nugget. Masakan khas Nusantara pun bisa kita jadikan selaku frozen food rumahan, misalnya semur ayam dan rendang daging.


Berikut yakni beberapa pilihan resep yang bisa kamu racik sendiri di rumah. Yuk, intip satu per satu!


1. Rolade daging, menu glamor tamat pekan


Olahan daging giling dan telur ini mampu jadi stok masakan andalanmu. Resep rolade daging kita olah apalagi dahulu, namun jangan eksklusif digoreng, ya. Setelah rolade dikukus dan matang, diamkan beberapa menit sampai suhu ruang. Tak perlu eksklusif diiris, rolade yang masih berupa lonjong dan panjang kita simpan di freezer.


Rolade bisa bertahan sampai 4 bulan dalam freezer. Saat kita mau menyantapnya, tinggal keluarkan rolade, potong sesuai selera, dan goreng. Kamu juga mampu menumisnya kembali dengan banyak sekali bumbu, seperti bumbu asam anggun atau bumbu kecap.


2. Semur ayam, cocok untuk hidangan sehari-hari


Semur ayam juga mampu bertahan sekitar 3-4 bulan jika kita simpan di freezer. Kita olah resep semur ayam mirip biasa. Setelah matang, diamkan beberapa saat sampai meraih suhu ruang. Hindari terburu-buru memasukkan semur ayam dikala masih panas ke freezer.


Ada baiknya kamu membagi semur ayam ke dalam beberapa wadah sesuai porsi sekali makan. Hal ini akan memudahkanmu saat akan memasaknya nanti. Kamu mampu menggunakan kotak makanan kedap udara atau plastik dengan ziplock untuk menyimpannya di freezer.


3. Ayam goreng lengkuas, meresap hingga ke dalam


ayam goreng lengkuas tersaji
Nikmatnya ayam goreng lengkuas. (Foto: MAHI)

Bosan dengan ayam ungkep yang umum? Ayo, kita masak resep ayam goreng lengkuas ini! Setelah ayam diungkep, kita bisa menyimpannya di kulkas. Caranya tak jauh berlawanan dengan dua hidangan di atas. Tunggu sampai ayam hasil ungkep tidak terlampau panas, masukkan ke dalam wadah kedap udara, lalu bekukan.


4. Rendang daging, frozen food favorit


Menu ini sudah umum dikenal sebagai makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama. Rendang yang diolah hingga airnya betul-betul surut relatif akan baka disimpan lama, meskipun disimpan dalam chiller.


Trik lain agar rendang lebih infinit yaitu dengan memilih santan kelapa bau tanah. Selain memberikan aroma yang lebih sedap, santan kelapa bau tanah dapat memperlihatkan minyak yang cukup ke dalam daging hingga lebih tahan lama. Simak resep rendang daging yang satu ini!


5. Lumpia goreng isi ayam, makanan ringan sore hari



Mau menyetok camilan? Resep lumpia goreng ini bisa jadi opsi. Kamu bisa berbelanja kulit lumpia instan di supermarket atau membuatnya sendiri di rumah. Hindari menggoreng di atas api yang terlalu besar biar tidak lekas gosong dan warna cokelat keemasan tidak akan merata.


Nah, bila ada pergantian warna dan aroma pada frozen food yang kau siapkan, seharusnya jangan dimakan lagi.  Perubahan tersebut mampu jadi pertanda bahwa kuliner telah rusak. Perhatikan kebersihan kulkas semoga frozen food yang kau siapkan tidak terkena kuman dari bahan kuliner lain.