Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kiat Masak Udang Lezat Dan Kombinasi Resepnya

Mengolah bahan seafood memang cukup tricky. Tak terkecuali udang, salah satu jenis hidangan bahari yang jadi favorit banyak orang. Untuk masak udang lezat, kamu perlu memerhatikan banyak hal, mulai dari cara membersihkan hingga memasaknya.


Kali ini, saya menyebarkan kiat masak udang lezat serta rekomendasi resep yang bisa kau olah di rumah. Dengan beberapa tips berikut, kau bisa menerima rasa dan tekstur udang yang lebih menggoyang lidah. Yuk, intip satu per satu!


Aneka kiat masak udang yummy


1. Pilih udang yang segar


Poin pertama yang mungkin jadi yang paling penting adalah mutu udang yang kamu pilih. Pastikan kau menentukan udang yang segar. Udang yang kurang bagus kualitasnya ditandai dengan kepala yang hampir lepas, tekstur udang yang lembek ketika dipegang, dan tercium busuk yang busuk. Udang yang masih segar lazimnya punya kulit yang masih keras serta melekat pada daging dengan warna yang cerah.


2. Bersihkan kotoran udang


Cara mencuci kotoran udang juga perlu diperhatikan dengan baik. Ada dua cara membersihkan udang yang umum dilakukan, tergantung ukurannya. Untuk udang yang berukuran sedang atau besar seperti udang pancet dan udang galah, pertama kau sayat bab punggungnya hingga kulit yang keras terbuka. Tahap ini mampu dikerjakan dengan pisau atau gunting. Kemudian kamu sayat daging di bagian punggungnya. Ambil kotoran udang yang umumnya berupa benang hitam panjang.


Tangan chef menggunting kulit punggung udang
Proses memberihkan udang memengaruhi rasanya. (Foto: Shutterstock)

Jika kau ingin mengolah udang dengan kepalanya, bersihkan bagian kepalanya. Namun, lazimnya kalau ukuran udangnya tidak besar, lepas bagian kepalanya lalu dibersihkan.


Untuk udang berukuran kecil mirip udang dogol dan udang vaname memang akan menyantap waktu lebih usang. Makara jika untuk kuliner yang ditumis, buang saja bagian kepalanya, kemudian cuci bersih di bawah air mengalir dan siap diolah.  Kalau memerlukan udang cincang, gunakan udang ukuran sedang sampai besar, jadi kamu mengupas udang takkan usang dan membuatjenuh.


3. Masak udang dalam suhu ruang


Setelah udang dibersihkan, kau bisa langsung memasaknya atau menyimpannya di freezer jika tidak mau secepatnya diolah. Apabila stok udang lumayan banyak, bagi menjadi beberapa takaran sekali masak. Simpan dalam wadah tertutup, lalu langsung masukkan ke dalam chiller atau freezer. Jika menyimpan banyak udang dalam satu wadah sekaligus, kau perlu waktu untuk mencairkannya apalagi dulu. Sehingga udang akan mengalami perubahan suhu berkali-kali. Hal ini akan berpengaruh buruk pada kualitasnya.


Kalau ingin memasak dengan udang beku, diamkan apalagi dahulu pada suhu ruang sampai mencair. Setelah itu, baru dimasak. Hal ini dikerjakan semoga mencapai hasil tekstur udang yang lezat.


4. Pastikan minyak telah panas


udang diambil dengan sumpit dari panci
Udang tidak perlu dimasak terlalu lama. (Foto: Shutterstock)

Sebelum menggoreng udang, tentukan minyak telah panas. Begitupun jikalau merebus udang, tentukan air telah mendidih terlebih dahulu, sebelum memasukkan udang ke dalamnya.


Memasak udang tidak disarankan terlalu usang alasannya akan menciptakan teksturnya jadi liat dan kehilangan cita rasa alaminya. Untuk itu, penting untuk menentukan minyaknya telah mencapai titik panas yang pas, supaya udang tidak berlama-usang di atas wajan.


5. Gunakan api sedang


Meski tidak disarankan untuk memasak udang dalam waktu usang, bukan bermakna kamu mampu memakai api yang besar. Hal ini mampu membuat udang cepat gosong. Gunakan api sedang, dan biarkan udang matang dengan maksimal.


Nah, resep udang apa saja yang bisa diolah? Udang nikmat dimasak dengan cara apa saja, mulai dari dibakar, ditumis, ataupun digoreng. Kamu mampu mencoba tiga resep berikut ini.


Variasi resep udang yummy


1. Resep udang saus tiram


Sajian udang saus tiram yang biasanya dijual di kedai makanan seafood, mampu kau racik sendiri di rumah. Tahapan pembuatannya tidaklah banyak. Jika kau sudah memiliki udang berkualitas baik, rasanya akan lebih spesial. Lihat resep udang saus tiram ini dan suguhkan bareng nasi hangat.


2. Resep udang bakar madu


Udang bakar madu tersaji di atas piring dan latar bahan serta kain batik.
Sajikan udang bakar madu ketika simpulan pekan bersama keluarga. (Foto: MAHI)

Udang bakar madu ini cocok disuguhkan untuk program spesial, mirip ulang tahun atau Tahun Baru. Maka, dibutuhkan udang berskala cukup besar yakni udang galah dan udang pancet. Nah, kepalanya dan ekornya jangan dibuang ya, sebab akan menciptakan menu ini terlihat lebih cantik. Resep udang bakar madu ini bisa kamu coba.


3. Resep udang goreng mentega


Kamu lebih senang tekstur udang yang garing? Resep udang goreng ini mampu jadi pilihan sempurna. Agar teksturnya tetap lembut dan rasa manisnya tidak hilang, jangan goreng udang terlalu usang, ya. Hidangan ini cocok disuguhkan bersama Saus Sambal Jawara.


Demikian tips mengolah udang serta variasi resep yang mampu dicoba. Siap menyulap rumahmu jadi kedai makanan seafood? Yuk, masak udang lezat!