Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Saus Steak Populer Yang Perlu Kamu Coba

Bicara soal saus steak, niscaya kalian semua punya preferensi masing-masing. Sejarah makan-makan steak di Indonesia sejatinya tidak bisa lepas dari tiga saus ternama – barbecue, mushroom, dan black pepper. Untuk yang gres-baru mengenal steak, saus BBQ ialah opsi aman alasannya rasa asam cantik gurih yang menyenangkan. Bagi yang lebih berani dengan rasa menantang, saus black pepper adalah pilihan berikutnya.


Selain yang tiga, ada juga beragam pilihan saus steak lainnya yang tenar di berbagai penjuru dunia. Kita coba bahas beberapa di antaranya, yuk!


1. Saus Béarnaise


Kalau kita mengenal banyak saus dalam masakan Prancis, maka saus Béarnaise ialah salah satu yang terkenal. Saus ini begitu kondang sebab klasik digunakan pada hidangan steak semenjak masa kemudian. Secara mendasar, saus ini mampu digambarkan dari beberapa materi seperti mentega, putih telur, cuka, dan beberapa jenis herba. Satu bahan yang wajib hadir juga pada saus ini yakni bawang merah. Inilah yang membedakannya dengan saus Hollandaise.


2. Saus Steak Diane


Sesuai penamaannya, saus ini dipakai untuk menu klasik yang dinamakan Steak Diane. Hidangan yang satu ini yakni pelopornya sajian steak daging gaya restoran di Amerika Serikat sejak permulaan periode 20. Sausnya yang dibuat dari paduan mentega, bawang merah, jamur, krim, mustard, kaldu, dan bahan lainnya.


3. Saus Ponzu


Sepiring saikoro steak dan sayuran.
Saikoro steak semakin terkenal di Indonesia dan sering dipadukan dengan saus ponzu. (Foto: Shutterstock)

Cita rasa asam dihadirkan kultur Asia Timur untuk hidangan daging bakar. Adalah hidangan Saikoro Steak asal Jepang yang terkenal memakai saus Ponzu. Jeruk yuzu dan beberapa varian lainnya mirip lemon, sudachi, kabosu, ataupun daidai mampu menjadi bahan dasarnya. Kemudian ada mirin, kecap asin, katsuobushi serta konbu selaku bahan tambahannya. Segar!


4. Saus Chimichurri


Banyak yang tidak menduga bila steak juga populer di Argentina dan punya sejarah panjang di sana. Menariknya, saus Chimichurri justru berasal dari para imigran Basque asal Semenanjung Iberia. Berbeda dengan saus kebanyakan, Chimichurri banyak memakai herba yang dipadukan dengan minyak. Bahan-bahannya terdiri dari bawang putih, peterseli, oregano, minyak zaitun, sampai ada juga yang menambahkan tomat dan paprika merah.


5. Saus Demi-Glace


Hotplate berisikan steak dan kentang goreng serta sayuran.
Salisbury steak ataupun Hamburg steak terkenal sebab pengunaan saus demi-glace. (Foto: Shutterstock)

Salah satu saus klasik yang hingga sekarang digunakan dalam banyak sekali makanan yakni demi-glace. Terkadang saus ini lebih erat dikenal sebagai brown sauce yang bantu-membantu masih mempunyai banyak turunan lainnya. Bisa dikatakan masakan Jepang justru yang sekarang meneruskan popularitas saus jadul ini. Selain pada steak, saus ini juga mampu digunakan pada takoyaki hingga omurice.


Selain yang lima ini, dunia masih menyimpan banyak saus steak lainnya. Sebagai pencinta masakan lezat ini, tugasmu selanjutnya ialah mempelajari cara mengolah makanan steak, cara makan steak, dan juga bereksplorasi dengan sausnya. Selamat mencoba!