Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kuliner Sehat Para Atlet Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Demi mempertahankan kebugaran, makanan sehat para atlet perlu diperhitungkan untuk dikonsumsi saban hari. Tentunya kau ingin tau, apa saja masakan yang menjadi sumber gizi mereka supaya badan tetap fit dan stamina tetap prima. Selain daftar kuliner yang berisikan karbohidrat, protein, dan lemak; para atlet juga gemar mengonsumsi kuliner sehat ini untuk melengkapi keperluan gizi mereka. Inilah beberapa diantaranya:


Pisang


Selain mengandung karbohidrat, buah yang mengenyangkan ini menolong mengembalikan vitamin dan mineral yang hilang dalam badan sehabis berolahraga. Pisang kaya akan potassium, mangan, dan vitamin B. Fungsi penting dari vitamin B yakni menumbuhkan energi dalam tubuh. Vitamin ini juga yang berjasa untuk menyembuhkan otot yang nyeri usai menyedot keringat.


Kale


Sayuran hijau keluarga sawi ini sering didengungkan selaku superfood karena begitu kaya faedah – selain karena kandungan vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6 yang cukup tinggi. Kale juga mengandung anti oksidan, karoten, dan flavonoid yang sangat bagus bagi tubuh. Meski sayuran ini belum gampang ditemui di banyak kawasan di Indonesia, kale sekarang dibudidayakan secara organik dan hidroponik. Selain dijadikan sebagai salah satu materi salad, kale juga cocok dijadikan jus sayur.


makanan sehat para atlet
Kale sering disebut selaku superfood. (Foto: Shutterstock)

Oatmeal


Olahan berbahan gandum ini senantiasa hadir dalam daftar ragam makanan sehat para atlet. Mereka kerap mengonsumsi oatmeal selaku sarapan atau kuliner selingan. Biasanya bubur oatmeal disajikan bersama buah, dijadikan pudding, atau juga selaku dessert sehat. Oatmeal berguna untuk mempertahankan kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Kaya serat dengan kandungan protein, magnesium, potassium, dan vitamin B1; oatmeal juga merupakan makanan hobi banyak atlet.


Chia Seed


Chia seed mengandung banyak serat, protein, antioksidan, dan lemak tak bosan. Lebih penting lagi, chia seed juga bebas gluten dan baik untuk proses detoksifikasi karena kandungannya yang ampuh mengeluarkan racun dari empedu dan usus. Chia seed lazim dijadikan bahan suplemen pada smoothies, overnight oatmeal, atau menambah tekstur pada roti atau kukis.


makanan sehat para atlet
Yuk, memasak kuliner sehat dengan chia seed. (Foto: Shutterstock)

Yoghurt


Kalau ingin menggandakan camilan sehat atlet ini, hindari memilih rasa buah yang mengandung banyak gula ya! Di pasaran banyak terdapat yogurt dengan banyak sekali macam versi. Ada yang rasanya lebih creamy, rendah lemak, atau tanpa gula.  Jika dimakan dalam jangka panjang, yogurt berfaedah untuk mencegah bisul usus dan menghalangi sel-sel kanker pada terusan pencernaan. Selain itu yogurt juga mampu menangkal darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hebat!