Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Coba Cara Menghitung Kalori Yang Benar!

Sudah benarkah cara menghitung kalori sesuai kebutuhanmu? Kamu wajib tahu bahwa setiap orang memiliki keperluan kalori yang berlainan-beda. Faktor jenis kelamin, usia, berat tubuh, sampai sasaran penyesuaian berat badan membuat angka kebutuhan kalori tiap orang tak sama.


Sebelum mulai diet dan berhitung dengan kebutuhan kalorimu, seharusnya konsultasi apalagi dulu dengan andal gizi. Kebutuhan kalori dan gizi sehari-hari merupakan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses dasar; mirip bernapas, sirkulasi darah, serta kegiatan fisik sehari-hari yang berkaitan dengan jumlah kalori yang mau dibakar.


cara menghitung kalori
Agar cara menghitung kalori kau benar, pahami dulu kebutuhanmu. (Foto: Shutterstock)

Cara menjumlah kalori yang sempurna


Kesalahan dalam menjumlah kebutuhan kalori akan menjadikan kelemahan atau keunggulan asupan kalori yang keduanya tak baik untuk tubuh kita. Kekurangan kalori akan menjadikan tubuh menjadi lemas dan sebaliknya jika kamu terlampau banyak mengonsumsi kalori dan tidak mengimbanginya dengan kegiatan fisik, maka badan akan menyimpan lemak.


Kebutuhan kalori rata-rata wanita dengan aktivitas normal dalam sehari adalah 2500 kalori. Nah, jika kamu ingin memaksimalkan atau menurunkan berat tubuh, mulailah membuat daftar acara keseharianmu dan sasaran peningkatan berat badan. Jangan lupa konsultasikan juga dengan ahli gizi.


cara menghitung kalori
Kamu butuh sajian yang komplit setiap harinya. (Foto: Shutterstock)

Ingat, aktivitas fisik yang berat dan aktif juga wajib diikuti dengan asupan gizi yang tepat semoga tubuhmu tak lantas lemas apalagi kelemahan nutrisi. Ini wajib dikenang bagi kamu yang senang mengikuti jadwal lari atau bahagia menghabiskan waktu di pusat kebugaran.


Asupan-asupan yang berfaedah


Beberapa hal ini juga wajib kau ketahui sebagai pertimbangan dalam mengisi keperluan kalori harianmu.



  • Asupan protein biasanya berkisar 35% dari keperluan harian secara keseluruhan. Misalnya daging ayam tanpa lemak (pilih fillet dada ayam tanpa kulit), ikan, dan daging tanpa lemak (pilih daging sapi has dalam).

  • Protein juga bisa didapat dari yogurt, kacang almond, edamame (kedelai Jepang), serta olahan kacang kedelai (susu kedelai, tempe, tahu).

  • Konsumsi juga lemak baik dengan jumlah yang cukup. Misalnya alpukat, kacang-kacangan, ikan, minyak zaitun, dan lainnya.

  • Dalam satu hari porsi makan, usahakan total karbohidrat berkisar di antara sekitar 180-240 gram. Agar tak jenuh, variasikan nasi putih dengan nasi merah, brown rice, gandum utuh, kacang-kacangan, pasta, atau kentang.

  • Sajikan senantiasa sayuran dan buah-buahan setiap harinya. Variasikan jenis sayuran dan cara mengolahnya, serta  buah-buahan biar tak lekas jenuh. Setiap warna sayur dan buah mempunyai manfaat yang berlawanan. Untuk mendapat semua manfaatnya, semestinya kau mengisi harimu dengan kombinasi sayur dan buah yang berbeda warnanya. Misalnya cap cay sayuran, mixed juice (bit, mentimun, apel, dan lemon), sup sayuran, atau smoothies buah-buahan.


Nah, sekarang telah tahu lebih banyak deh soal cara mengkalkulasikan kalori. Asupan-asupan tadi akan membantumu menunjang pola hidup yang lebih sehat. Selamat menjajal !