Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kuliner Yang Cocok Disajikan Di Hari Kemerdekaan Indonesia

Lomba makan kerupuk hingga pawai tumpeng menjadi perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang tak boleh dilewatkan. Kegiatannya ramai disertai dari pedesaan sampai aneka macam sudut kota-kota besar. Anak-anak, bapak-bapak, sampai ibu-ibu turut berpartisipasi, sehingga momen Istimewa ini memang selalu terkenang.


Tak hanya ikut kontes, lazimnya di Hari Kemerdekaan Indonesia, para ibu juga diminta untuk mendatangkan masakan spesial. Kali ini, tim MAHI menghadirkan beberapa resep kuliner yang sesuai disuguhkan untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Apa sajakah itu?


1. Nasi tumpeng hari kemerdekaan Indonesia


Tak sah rasanya jikalau merayakan 17 Agustus tanpa kedatangan nasi tumpeng. Selain disuguhkan untuk disantap bareng , kontes tumpeng sering dihelat antar RT dan RW. Filosofi tumpeng juga sangat mendalam. Nasi yang berbentuk kerucut melambangkan gunung, dan lauk pauk yang melingkarinya mewakili sumber daya alam di Indonesia.


Orek tempe dan urap sayur melambangkan kekayaan flora di Indonesia. Ada pula ayam goreng serta sambal ikan teri yang mewakili kekayaan hewani di negeri ini. Hidangkan kuliner Hari Kemerdekaan yang lezat dengan resep tumpeng dari MAHI!


2. Ayam tuturuga


Ayam tuturuga siap untuk dinikmati.
Ayam tuturuga cocok disajikan di Hari Kemerdekaan. (Foto: MAHI)

Selain tumpeng, kita juga bisa mendatangkan masakan tradisional yang lain. Salah satu olahan yang pas untuk Hari Kemerdekaan Indonesia yakni Ayam Tuturuga. Masakan khas Sulawesi Utara ini cukup terkenal karena memiliki rasa pedas yang enak dan meresap.


Ayam Tuturuga sekilas mempunyai penampakan yang mirip opor ayam. Perbedaannya terletak pada muatan cabai yang lebih melimpah dan daun kemangi yang harum. Lihat cara menjadikannya pada resep ayam tuturuga.


3. Nasi tutug oncom


Hidangkan sesuatu yang unik tetapi tetap tradisional mirip nasi tutug oncom. Makanan khas Sunda ini memiliki cita rasa yang khas, dan cocok dimakan bersama di Hari Kemerdekaan. Popularitasnya memang tidak setinggi nasi kuning dan nasi uduk, tapi justru mampu menawarkan pengalaman berlawanan untuk para tamu.


Cara menciptakan nasi tutug oncom relatif sederhana. Kita cuma memerlukan oncom bermutu baik, kencur, dan nasi yang pulen. Lauk yang pas untuk mendampingi tutug oncom adalah ayam goreng, tahu, dan tempe. Tak susah, kan, mendapatkannya?


4. Bubur merah putih


Menyajikan bubur merah putih.
Sepiring bubur merah putih yang enak. (Foto: MAHI)

Beralih ke kudapan manis, salah satu kuliner yang tepat disajikan ialah bubur merah putih. Biasanya, bubur merah putih dibentuk dikala menyambut kelahiran anak selaku istilah rasa syukur. Meski namanya bubur merah putih, bekerjsama warna bubur bercita rasa elok ini lebih ke cokelat dan putih.


Ciri khasnya ada pada tekstur bubur beras yang kental dengan rasa anggun dari gula merah dan bacin dari pandan. Simak resep bubur merah putih untuk disajikan dikala acara 17 Agustus!


5. Kue lumpur


Untuk camilannya, kita mampu mendatangkan kudapan tradisional mirip kudapan manis lumpur. Camilan ini lazimnya disajikan di atas wadah anyaman bambu dengan daun pandan, bersama kue tradisional yang lain seperti kue apem dan kudapan manis talam. Adonan yang lembut seperti martabak, membuat kue lumpur disukai banyak orang.


Agar lebih ekonomis, kita bisa menciptakan kudapan manis lumpur sendiri di rumah. Kita juga bisa berkreasi meracik kudapan manis lumpur yang berlainan. Simak resep kudapan manis lumpur spesial yang memakai Royco Kaldu Ayam dan tumisan ayam. Ciptakan momen Hari Kemerdekaan yang istimewa!


Karena lazimnya kuliner yang dibuat untuk Hari Kemerdekaan dikonsumsi bersama-sama, amati jumlah takaran biar tak ada yang kehabisan. Siap mencobanya? Selamat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia!