Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pandangan Baru Kuliner Sayur Untuk Menjaga Keperluan Serat Harian

Kehadiran masakan sayur di atas piring saji sangatlah penting demi mempertahankan keperluan tubuh akan serat. Agar tak jadi menu yang menjemukan, selain lauk, sayuran juga wajib divariasikan dengan jenis bumbu dan gaya masak yang berlainan.


Kali ini tim MAHI merangkum tujuh resep sayuran yang mampu kita coba di rumah. Bahannya mudah didapat, resepnya pun gampang dibentuk. Makan sayur jadi lebih menyenangkan!


1. Resep kuliner sayur tumis sawi udang


Resep masakan sayur yang satu ini juga tak sukar dibentuk. Kita hanya perlu beberapa materi utama seperti sawi putih dan cabai kering. Menu ini sangat cocok dipadukan dengan seafood seperti udang dan cumi.


Tumis Sawi Udang membutuhkan waktu mengolah makanan yang relatif singkat yaitu 30 menit, bahkan kurang. Jangan lupa untuk menyertakan Royco Kaldu Ayam untuk menyempurnakan rasa masakannya.


2. Resep tumis kailan bawang putih


Tumis kailan bawang putih tersaji di piring.
Tumis kailan bawang putih simpel dibuat untuk hidangan sehari-hari. (Foto: Shutterstock)

Ingin resep yang lebih simpel lagi? Coba hidangkan Tumis Kailan Bawang Putih yang sering didapatkan di restoran Chinese ini. Mengandung banyak manfaat untuk tubuh seperti menurunkan kolesterol dan mengembangkan fungsi otak.


Rasa kailan memang condong lebih pahit dari sayuran hijau yang lain seperti bayam dan kangkung. Untuk menghindari rasa yang pahit, kita mampu memilih kailan yang muda lalu potong dengan bentuk menyerong dan tipis. Perpaduan kalian dan bawang putih juga menghasilkan rasa yang lebih yummy.


3. Resep karedok


Indonesia punya beragam jenis salad tradisional mirip gado-gado, lotek, dan karedok. Kita bisa mendatangkan Karedok, salah satu masakan khas Sunda selaku alternatif variasi masakan sayur.


Sayuran yang dipakai masih segar atau mentah sehingga kandungan gizinya masih terjamin. Saus kacang pada karedok juga memiliki rasa yang khas, yang tiba dari gurihnya kacang tanah dan kencur. Masakan ini cocok disandingkan dengan kuliner yang tak terlalu berbumbu seperti ayam goreng dan nasi hangat.


4. Resep semur jamur pedas


Semur jamur pedas sebagai lauk pendamping.
Semur jamur pedas jadi alternatif masakan sayur untukmu yang suka kuliner dengan cita rasa berpengaruh. (Foto: MAHI)

Semur Jamur Pedas juga mampu jadi pilihan seru untuk makan sayur. Ada banyak jenis jamur yang mampu dipilih seperti jamur tiram, jamur kancing, sampai jamur enoki. Resep yang satu ini menggunakan jamur merang yang segar.


Jamur merang kaya akan mineral seperti kalium dan zat tembaga juga protein dan fosfor. Salah satu fungsinya yakni sebagai antibakteri, sehingga cocok dimakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk tubuh, hidangan semur jamur pedas ini juga tidak membosankan alasannya adalah ada paduan pedas cantik yang pas.


5. Resep cah sayur campur


Untukmu yang menghendaki kuliner sayur yang memiliki rasa besar lengan berkuasa, resep Cah Sayur Campur mampu jadi pilihan. Sajian ini berisikan beberapa macam sayuran seperti brokoli, sawi putih, dan jagung. Masing-masing menunjukkan tekstur yang berlainan sehingga rasanya lebih kaya.


Selain itu, ada perhiasan daging sapi cincang yang menyuntikkan rasa gurih pada sajian ini. Hidangan ini cocok untukmu yang tak mampu makan tanpa daging-dagingan.


6. Resep sup ayam bening


Selain tumis dan semur, sayuran juga sering dimasak dalam bentuk sup. Untukmu yang ingin hidangan kuah hangat dan sehat, Sup Ayam Bening yaitu kuncinya. Menu ini juga cocok disajikan untuk anggota keluarga yang sedang sakit.


Sayuran yang digunakan yakni wortel, kentang, dan buncis. Memiliki warna yang berbeda, ketiganya mengandung khasiat yang berlawanan pula. Misalnya wortel yang kaya vitamin A dan buncis yang kaya akan folat dan vitamin K. Tambahan ayam pada sajian ini juga melengkapi keperluan protein pada tubuhmu.


Demikian enam kombinasi resep masakan sayur yang mampu jadi alternatif agar tak membosankan. Simak lebih banyak lagi resep sayuran yang bisa kita coba, mulai dari tumis kangkung hingga urap sayur!