Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah Sukses Cara Membuat Risotto Yang Tepat

Pastinya teman MAHI sekalian sudah mengenal yang namanya risotto. Masakan nasi khas Italia ini mempunyai tekstur lembut dan varian yang begitu beragam. Namun apapun jenisnya, risotto sejatinya mempunyai rasa yang memanjakan dan bersanding popularitasnya dengan pizza maupun pasta. Cara menciptakan risotto, namun, memiliki kekhasan tersendiri.


Cara membuat risotto dimulai dari pemilihan beras arborio.
Peruntukkan beras arborio adalah untuk kuliner mirip risotto ataupun paella. Cocok dikarenakan teksturnya yang unik sesudah dimasak. (Foto: Shutterstock)

Umumnya materi-materi untuk menciptakan risotto terdiri dari mentega tawar, minyak zaitun, bawang bombay, beras arborio, kaldu ayam, keju Parmesan, daun peterseli segar, dan garam. Setelah siap, berikut yakni beberapa teknik yang harus kamu pelajari apalagi dahulu supaya berhasil memasaknya. Yuk, kita simak bareng !


1. Tumis bawang terlebih dahulu


Gunakan wajan yang agak dalam untuk memasak risotto. Pertama, tumis bawang bombay dengan memakai mentega tawar dan juga minyak zaitun. Masak menggunakan api sedang hingga bawang mulai matang atau transparan. Pada tahap permulaan ini, bisa juga kita menambahkan jamur supaya makanan lebih berwarna. Tambahkan pula sedikit bawang putih dan merica jikalau ingin.


Cara membuat risotto dimulai dari tumisan bawang dan beras.
Tambahkan nasi sehabis menumis bawang beserta mentega. (Foto: Shutterstock)

Selanjutnya masukkan beras jenis arborio yang belum diolah. Aduk-aduk sampai beras terbalut dengan tumisan bawang dan mentega secara merata. Dalam dua menit, aroma nasi akan berubah dan pastikan biar nasi tidak gosong.


2. Gunakan kaldu ayam secukupnya


Cara membuat risotto adalah menuangkan kaldu ayam ke dalam panci berisi nasi.
Kaldu ayam adalah bagian yang sungguh penting dalam kuliner risotto. (Foto: Shutterstock)

Setelah menyiapkan kaldu ayam di panci terpisah, biarkan tetap hangat selagi mempersiapkan risotto. Setelah nasi dimasak selama dua menit, tuangkan sesendok sayur kaldu ayam dan aduk. Setelah kaldu mulai surut, tambahkan lagi sesendok sayur kaldu sambil terus dicampur.


3. Aduk risotto terus menerus


Kunci dari cara membuat risotto yakni kontinuitas mengaduk nasi selama proses pemasakan. Ketika kita terlalu lama membiarkannya, maka risotto akan menjadi gosong. Mengaduk dan menambahkan kaldu akan menangkal hal ini terjadi.


4. Perhatikan tekstur risotto


Ketika proses pengadukan dan menambahkan kaldu sudah tepat, maka tekstur risotto akan berubah menjadi lembut dan creamy. Hasil ini juga dikarenakan oleh pati dari dalam beras sudah keluar sepenuhnya. Lama waktu mengolah makanan risotto umumnya berkisar antara 20 sampai 30 menit. Tingkat kematangan yang kita inginkan ialah al dente atau sama dengan pasta kebanyakan – lembut di luar dan sedikit gigih di dalam.


Ketika kita menjumpai perkara dimana risotto belum berubah teksturnya mirip yang diharapkan, maka kita bisa menambahkan kaldu hingga 3 ataupun 4 kali. Hanya saja bila masih tetap demikian, maka tambahkanlah air panas ketimbang kaldu untuk kali berikutnya. Ini mampu terjadi alasannya adalah adanya aspek kelembapan udara maupun tingkat ketinggian dimana kita memasak.


5. Sajikan segera


Segera sesudah masak sesuai dengan yang seharusnya, bubuhkan parutan keju Parmesan dan irisan daun peterseli. Sajikan segera selagi hangat alasannya tekstur akan berganti kalau dibiarkan terlalu lama di wajan.


Cara membuat risotto selesai dan siap dihidangkan.
Risotto mesti dihidangkan dan dicicipi secepatnya biar tidak menggumpal. (Foto: Shutterstock)

Demikian satu resep dan cara menciptakan risotto yang sederhana dan tahapan memasaknya yang perlu diperhatikan agar alhasil optimal. Berbagai kombinasi resep risotto intinya memakai tindakan serupa. Maka penting bagi kita untuk secara khusus mengetahui kapan kita menyertakan kaldu dan kapan kita tamat memasak. Selanjutnya, semakin banyak kita berlatih pasti risikonya akan semakin sempurna. Selamat menjajal !