Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Yang Mengandung Lemak Baik Untuk Kesehatan

Kata “lemak” masih saja dikaitkan sepenuhnya dengan hal-hal yang dapat merugikan kesehatan badan. Padahal lemak juga memiliki faedah tersendiri. Banyak opsi masakan yang mengandung lemak namun baik untuk kesehatan. Berikut aku bagi beberapa kuliner yang mengandung lemak baik dan kondusif untuk disantap sehari-hari.


1. Keju


makanan yang mengandung lemak
Hidup sehat dengan mengonsumsi keju! (Foto: Shutterstock)

Makanan yang satu ini nyaris selalu jadi primadona para foodie di kota besar. Mulai dari ayam goreng sampai mie, langsung laris anggun ketika diberi topping lelehan keju. Keju yakni makanan olahan dari susu yang sangat bergizi. Masuk logika sih, mengingat diperlukan satu cangkir sarat susu untuk membuat satu iris keju murni. Keju adalah sumber kalsium, vitamin B12, fosfor dan selenium. Keju, seperti produk susu berlemak tinggi yang lain, juga mengandung asam lemak yang mempunyai berbagai macam manfaat. Salah satunya yaitu meminimalisir risiko diabetes tipe 2.


Cara seru menyantap keju:


Salah satu jenis keju yang paling sehat adalah keju feta. Keju asal Yunani ini aslinya terbuat dari susu domba, walaupun dikala ini kau mampu menemukan varietas lain yang terbuat dari susu kambing atau adonan dari susu domba dan kambing. Keju feta sudah ada sejak berabad-kurun lamanya dan hampir semua masakan Yunani menggunakan keju feta selaku materi dasarnya.


Keju feta memiliki tekstur yang mudah hancur, karakteristik ini membuatnya cocok disajikan bersama salad dan menjadi alternatif pengganti mozzarella pada pizza dan roti.


2. Telur


Telur sering dianggap sebagai biang kerok kolesterol alasannya kuning telurnya. Pada kenyataannya, sebuah observasi baru memberikan bahwa kolesterol dalam telur tidak menghipnotis kolesterol dalam darah. Asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebih, kita masih bisa kok sarapan telur saban hari. Menurut para andal gizi, telur penuhakan vitamin dan mineral. Satu butir telur memiliki nyaris semua nutrisi yang kita butuhkan. Selain yummy, telur yakni protein yang akrab dengan anggaran siapa saja. Inilah acuan tepat makanan yang mengandung lemak namun baik untuk kesehatan.


Cara seru menyantap telur:


Pusing dengan berat tubuh yang terus merayap naik setiap bulannya? Kamu bisa mengganti karbo dengan telur. Sebagai contoh untuk makan siang, makanlah salad bersama cuilan telur dan tempe untuk mengganti karbo. Jika punya anggaran lebih, belilah telur omega 3 dan santap satu butir sehari untuk sarapan, makan siang atau makan malam.


3. Kacang


makanan yang mengandung lemak
Begitu banyak jenis kacang yang tepat dipadukan dengan berbagai macam kuliner. (Foto: Shutterstock)

Makanan yang mengandung lemak sehat selanjutnya ialah kacang. Tidak cuma itu, kacang juga memiliki serat yang berlimpah dan sumber protein nabati utama bagi para vegetarian. Kacang jadi penyebab jerawatan? Penyebab bisul sebagian besar adalah hormon, jadi tidak benar adanya jikalau kacang menimbulkan jerawat atau membuatberat tubuh melunjak drastis. Sebuah studi memperlihatkan bahwa mereka yang makan kacang condong lebih sehat, dan mempunyai risiko lebih rendah dari aneka macam penyakit.


Cara seru menikmati kacang:


Jenis kacang terbaik untuk kau yaitu almond, pistachio, walnut, ataupun kacang tanah. Sebagai sarapan, kamu mampu menaburkan kacang pada bubur oatmeal atau mengkonsumsi roti gandum bareng satu sendok makan mentega yang yang dibuat dari kacang almond.


4. Ikan


Salah satu produk hewani yang dikenal sehat adalah ikan. Ingin lebih sehat lagi? Pilih ikan tinggi lemak seperti salmon, trout, mackerel, atau sarden. Selain dagingnya lebih gurih, lemak yang terdapat pada ikan-ikan ini yaitu jenis lemak omega 3 yang bagus untuk jantung kau. Untuk menyesuaikan dengan anggaran, pasti pas kalau setidaknya merencanakan sajian ikan sekali sepekan.


Cara seru mengkonsumsi ikan:


Semakin segar ikan, kian gampang mengolahnya. Kamu mampu mengoreng dengan sedikit minyak atau mengukusnya setelah dibaluri dengan aneka macam bumbu. Untuk yang punya anggaran minimal, kamu bisa memakai ikan salmon atau mackerel selaku topping. Contohnya yaitu bubur dengan suwiran ikan salmon di atasnya.


5. Alpukat


makanan yang mengandung lemak
Satu jenis buah yang ternyata banyak keuntungannya! (Foto: Shutterstock)

Alpukat yaitu makanan tinggi lemak, bahkan 77% kalori di dalam alpukat berasal dari lemak. Meskipun tinggi lemak, jangan lantas mencap alpukat sebagai makanan tidak sehat! Mayoritas lemak dalam alpukat yaitu asam oleic – sebuah asam lemak tak bosan tunggal yang bagus untuk badan. Tidak hanya lemak, alpukat juga sarat akan kalium dan vitamin esensial. Kamu mampu mengonsumsi alpukat setiap hari selama porsinya tidak melebihi asupan kalori harian yang direkomendasikan.


Cara seru menyantap alpukat:


Ingin sarapan yang lebih bergizi? Coba tambahkan alpukat ke dalam ritual sarapan kamu. Salah satu caranya yaitu dengan menyertakan kepingan alpukat ke dalam telur orak arik kau atau mengakibatkan buahnya sebagai isian di dalam roti lapis enak.