Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Yang Wajib Dimakan Sebagai Obat Kolesterol Alami

Karena selalu diasosiasikan dengan hal yang tidak sehat, orang-orang kini seolah berlomba untuk bisa menikmati banyak sekali opsi obat kolesterol alami. Meskipun memang ada benarnya, pertama-tama perlu kita mengenali terlebih dulu apakah kolesterol itu.


Salah satu fungsi hati adalah untuk memproduksi kolesterol dan tersebar di seluruh badan “mengendarai” protein lewat pembuluh darah. Mengapa demikian? Itu karena kolesterol adalah salah satu fondasi yang membangun membran sel dalam tubuh kita. Selain itu, fungsi yang lain ialah untuk memproduksi vitamin D, hormon, dan sebagai fasilitas untuk mengolah kuliner yang berlemak.


Hanya saja gaya hidup kita yang mengakibatkan badan memproduksi terlampau banyak kolesterol. Ketika menumpuk di pembuluh darah, di sinilah aneka macam problem akan dimulai. Karena menyumbat, kolesterol menjadi kontributor utama terjadinya penyakit jantung koroner, stroke, hingga serangan jantung. Itulah sebabnya penting bagi kita mengetahui obat kolesterol alami berupa masakan-makanan sehat yang dapat meregulasi tingkat kolesterol dalam tubuh. Berikut adalah di antaranya:


1. Avokad


Avokad, obat kolesterol alami sebagai roti bakar.
Avocado toast, cara lezat mengonsumsi “obat kolesterol alami” (Foto: Shutterstock)

Salah satu buah yang sangat mudah didapatkan di Indonesia. Selain tekturnya yang mirip mentega dan bisa diolah menjadi banyak sekali hal, avokad memiliki nutrisi yang tinggi. Kandungan serat dan lemak tak jenuhnya dalam menurunkan tingkat kolesterol jahat LDL dan mengoptimalkan tingkat kolesterol baik HDL. Satu studi dari National Institutes of Health di Amerika Serikat menyebutkan satu studi bahwa orang cukup umur yang mengalami obesitas sukses menurunkan kolesterol LDL berkat mengonsumsi avokad setiap harinya.


2. Ikan salmon


Jenis ikan berlemak dan kaya omega-3 mirip ikan salmon mampu mengoptimalkan tingkat kolesterol HDL dan menghalangi inflamasi serta stroke. Popularitas ikan berlemak seperti salmon dan tuna memang sungguh berkembangbelakangan dan orang Indonesia sudah kian mudah mendapatkannya di supermarket. Hanya saja pastikan pengolahannya berbentukproses kukus ataupun rebus. Proses penggorengan justru bisa menjadikannya tidak sehat untuk badan kita. Pastikan untuk mengenali cara mengolah ikan salmon dari Masak Apa Hari Ini.


3. Cokelat


Dark chocolate tanpa gula.
Pilihan yang lebih sehat yaitu dark chocolate. (Foto: Shutterstock)

Sebelum terlalu senang, kita perlu memastikan dahulu bahwa cokelat yang dimakan adalah tipe yang dark chocolate (75% – 85% kandungannya) dan minim gula. Seperti yang kita ketahui, cokelat susu atau white umumnya terdiri dari banyak kandungan gula yang justru tidak sehat. Satu studi mendapatkan bahwa konsumsi cokelat hitam dapat langsung menurunkan tingkat kolesterol LDL dan juga tekanan darah. Ini dikarenakan oleh kandungan flavonoid dari cokelat.


4. Okra, obat kolesterol alami


Sama halnya dengan terung, okra memiliki tingkat kalori yang rendah dan kandungan serat yang sungguh tinggi. Keduanya mudah ditemukan di pasar, tapi mungkin orang Indonesia lebih percaya diri mengolah terung. Padahal okra memiliki banyak cara untuk dimasak. Kita bisa mengadopsi masakan khas India ataupun Semenanjung Malaya untuk mengenali cara mengolahnya yang sempurna.


5. Kacang kedelai


Soybean milk, obat kolesterol alami.
Susu kedelai tanpa gula, salah satu pilihan obat kolesterol alami yang menyehatkan. (Foto: Shutterstock)

Inilah sobat sejati orang Indonesia. Di negeri ini, kita mendapatkan begitu banyak olahan kacang kedelai yang sangat yummy untuk dinikmati. Tidak cuma tempe, kita mampu mereguk kehebatannya melalui susu olahan kacang kedelai ataupun tahunya. Satu studi menyebutkan bahwa konsumsi olahan protein kedelai sebanyak 25 mg setiap harinya mampu berkontribusi untuk penurunan kolesterol LDL sebesar setidaknya 5% dalam tubuh.




Ternyata mudah ya mencari obat kolesterol alami setiap harinya di Indonesia. Satu hal yang perlu kita amati selanjutnya ialah mempertahankan asupan masakan dan minuman lainnya dan menjaga pola hidup supaya tetap sehat. Bila perlu, kita dapat juga mengikuti acuan pembatasan makanan atau olahraga tertentu yang sedang kontemporer dan terbukti kesudahannya baik. Selamat menikmati hidup yang lebih sehat!