Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menciptakan Salad Buah Yang Menawan Untuk Buka Puasa Sarat Semangat

Biasanya cara menciptakan salad buah dicari-cari oleh mereka yang sedang berkonsentrasi pada gaya hidup sehat. Namun bukan cuma soal itu, di bulan bulan ampunan nanti salad buah bisa menjadi pilihan berbuka puasa yang menyenangkan. Bayangkan rasa asam dan manis yang menyegarkan berpadu di antara warna warninya. Kesemuanya tiba dalam variasi yang berbeda-beda.


Ingin tahu cara membuat salad buah yang menarik dan aneka macam trik yang lain? Jadikan Iftar ketika bulan ampunan kian seru dengan kedatangan salad buah yang ciamik penampilannya!


1. Cara membuat salad buah tetap segar


Isilah waktu ngabuburit dengan mempersiapkan banyak sekali buah-buahan potong. Setelah diiris, masukkan buah dalam wadah tertutup atau dilapisi dengan cling wrap. Jangan malas memisahkan banyak sekali buah yang berlainan semoga rasanya tidak bercampur dan warnanya tetap segar. Ingat bahwa berbagai macam buah umumnya berganti warnanya setelah dipotong, contohnya mirip buah apel. Maka dari itu kau mampu merendamnya terlebih dahulu di dalam air yang diimbuhi dengan air buah lemon. Simpan dalam kulkas sampai waktunya untuk dihidangkan.


2. Sajikan menggunakan wadah kulit buahnya


Cara membuat salad buah naga.
Gunakan kulit buah naga selaku wadah salad buahmu. (Foto: Shutterstock)

Buah-buahan berkulit tebal bisa diberdayakan sebagai wadah untuk salad buah biar tampil semakin berwarna. Beberapa yang populer adalah semangka, nanas, melon, hingga buah naga. Berbagai buah potong yang sudah kau persiapkan tadi cuma perlu ditata dengan rapi dan mempesona di atas wadah “organik” ini. Jadikan macam-macam sajian saat buka puasa semakin memikat!


3. Tampilkan dengan variasi warna yang mempesona


Bicara soal cara menciptakan salad buah, pasti yang perlu ditonjolkan adalah opsi buah yang tepat serta kombinasinya agar memiliki warna menarik. Untuk mempertahankan konsistensi, semestinya kau menentukan buah-buahan yang teksturnya lebih padat dan bukan yang terlalu matang. Pilihlah berbagai buah-buahan yang memiliki warna terperinci, diiris-potong seukuran bite size dan tidak mengandung biji. Variasikanlah sesuai dengan kreativitasmu!


4. Gunakan saus cuma saat sebelum disajikan


Cara membuat salad buah dengan saus.
Dengan topping saus, maka rasa salad buah akan semakin berwarna. (Foto: Shutterstock)

Apapun saus yang telah kau siapkan untuk salad buah yang mau disajikan untuk Iftar nanti, tentukan untuk menuangkannya sesaat sebelum disajikan. Bila kau terburu-buru menyiramkannya saat waktu berbuka puasa masih jauh, maka buah potong akan menjadi layu. Tuangkan sebelum akan dicicipi dan isilah dengan batch baru bila yang usang telah habis. Setelahnya, siram kembali dengan sausnya agar selalu tampil segar dikala dihidangkan.


5. Jangan lupa tambahkan topping


Cara membuat salad buah menggunakan topping.
Tambahkan topping pada salad buahmu semoga lebih menawan. (Foto: Shutterstock)

Salad buah lekat cocok menggunakan topping untuk menyebabkan rasanya makin beragam. Misalnya saja memakai parutan keju untuk memperlihatkan sedikit rasa asin gurih pada salad buah cantik. Menarik, lho! Selain itu, kau juga bisa memakai topping yang lain mirip almond flake ataupun dessicated coconut yang kekinian dan sedang hype di kalangan vegan dan penganut pola hidup sehat!




Satu hal terakhir yang tidak boleh dilupakan dari cara menciptakan salad buah yakni untuk memilih bahan-bahan yang segar. Gunakan jenis buah-buahan yang sedang demam isu untuk mendapatkan rasa terbaik. Terlebih lagi di bulan Ramadan, tentu keluargamu akan senang jikalau rasanya enak dan juga menyehatkan. Cobalah dari aneka macam ide salad buah seru yang telah tampil di Masak Apa Hari Ini untuk memulainya. Selamat menjajal !