Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Masakan Nusantara Yang Cocok Selaku Menu Natal Kamu Sekeluarga

Suasana libur Natal sudah terasa, saatnya berkumpul dengan keluarga. Nah, sajian Natal apa yang kira-kira akan kau hidangkan nanti? Jatuh di akhir tahun yang berudara hambar, hidangan Natal identik dengan sajian hangat seperti sup dan olahan daging.


Nah, bagaimana jikalau kali ini kita sajikan masakan Nusantara? Ada bermacam-macam kuliner khas Indonesia yang dijamin membangkitkan selera dan mudah membuatnya. Berikut beberapa resep tawaran dari tim Masak Apa Hari Ini!


 1. Resep Sup Kacang Merah sebagai Menu Natal


Siapa yang bisa menolak hangatnya semangkuk sup kacang merah? Terinspirasi dari menu mancanegara, kuliner dari Sulawesi Utara ini memerlukan proses cukup panjang untuk melembutkan kacang merah dan daging sapi bagian sengkel. Namun, inilah yang menjadi diam-diam kelezatannya selain Royco Kaldu Sapi.


Intip resep lengkap Sup Kacang Merah yang terdiri dari bahan yang sederhana. Jangan lupa sertai bahan pelengkapnya, ya!


2. Resep Ayam Panggang Taoco


Talenan dengan ayam panggang di atasnya.
Ayam Panggang Taoco siap dinikmati untuk sajian Natal. (Foto: Shutterstock)

Taoco adalah bumbu fermentasi kedelai yang terkenal di banyak kawasan di Indonesia mirip Cianjur, Medan, Riau, dan Pekalongan. Memiliki rasa asin, asam, dan cantik; taoco bisa dipadukan dengan banyak sekali kuliner, tergolong ayam panggang. Selain taoco, sajian ini juga memakai bumbu ngohiong, cuka, gula palem, maizena, dan Bango Kecap Manis. Citarasa oriental dari menu ini dijamin bisa memeriahkan perayaan Natal bersama keluarga.


Yuk, secepatnya siapkan materi-bahan untuk membuat Ayam Panggang Taoco sebagai sajian utama Natal.


3. Resep Bistik Daging Khas Solo


Bistik daging alias Selat Solo menghidangkan daging tumisan dengan sedikit kuah dan sayur pemanis. Untuk dagingnya, kau bisa menentukan bab has dalam atau pengecap. Marinasi daging dengan merica dan Bango Kecap Manis, lalu diamkan sekitar 1 jam di kulkas. Sedangkan sayur pelengkapnya terdiri dari kentang, buncis, wortel, dan tomat. Tambahkan juga irisan telur rebus selaku pelengkapnya.


Sajikan Bistik Daging Khas Solo di meja makan, maka kumpul keluargamu terasa sungguh Istimewa!


4. Resep Kambing Bakar Khas Gorontalo


Kambing bakar khas Gorontalo di piring cokelat untuk menu Natal.
Kambing panggang, menu mewah dan enak untuk selebrasi simpulan tahun. (Foto: MAHI)

Ide cemerlang untuk menyuguhkan olahan kambing di libur Natal bersama keluarga. Salah satunya kambing bakar khas Gorontalo yang bercita rasa Timur Tengah. Ada perpaduan rempah mirip jintan, cengkih, kayu manis, dan kapulaga dalam bumbu halusnya. Masak daging kambing hingga bumbu meresap dan kuah mengering. Lalu hidangkan dengan nasi hangat bertabur bawang goreng serta acar mentimun. Dijamin, rasanya meledak di verbal dan akan terkenang sepanjang masa!


Berikut resep Kambing Bakar Khas Gorontalo yang bisa kamu coba!


5. Resep Gurame Bakar Sambal Colo-Colo


Bisa dibayangkan nikmatnya gurame bakar disajikan selaku hidangan Natal. Jika lazimnya gurame bakar dihidangkan dengan sambal kecap, kali ini kita lengkapi dengan sambal colo-colo. Sambal khas dari Maluku ini memberikan rasa pedas, asam, dan segar sekaligus. Rasa pedas ini bertemu dengan manis dari gurame bakar berbumbu kecap, dijamin bikin kau sekeluarga ketagihan menyantapnya.


Sajikan Gurame Bakar Sambal Colo-Colo dengan nasi hangat dan lalapan.


Sudah tahu akan menyuguhkan apa saja selaku sajian Natal? Jika masih gundah, kamu mampu menjajal semuanya. Selamat menikmati!