Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Nama Perlengkapan Dapur Penting Yang Lazimnya Kau Lupa

Buat kamu yang kini makin sering di dapur, niscaya sudah kenal alat-alat selain pisau dapur yang penamaannya telah diketahui semua orang. Semakin sering masak, semakin beragam nama peralatan dapur yang jadi incaran berikutnya. Jangan heran kalau banyak yang memakai ungkapan Bahasa Inggris pada penamaannya. Itulah sebabnya perlu bagi kita untuk mengetahuinya nama dan fungsinya.


Nama perlengkapan dapur unik


Tidak hanya untuk masakan gurih, banyak juga nama perlengkapan dapur yang lebih khusus peruntukkannya untuk menciptakan kue atau masakan manis. Pada daftar berikut, tim MAHI sertakan aneka macam alat yang biasanya kita lupa dalam penyebutannya namun penting untuk dimiliki.


1. Colander


Biasanya untuk fungsi yang satu ini orang Indonesia menggunakan keranjang plastik. Tapi colander profesional berupa layaknya saringan, cuma dalam ukuran lebih besar. Fungsinya beragam, dari untuk mencuci sayuran sampai mengeringkan pasta yang baru direbus. Selain disebut colander, nama peralatan dapur ini disebut juga cullander hingga pasta strainer. Ya, pasta yang baru direbus mampu ditiriskan di sini juga, lho.


2. Masher


Sepanci kentang ditumbuk dengan menggunakan masher.
Masher, satu alat yang memudahkanmu membuat kentang tumbuk untuk hidangan brunch selesai pekan. (Foto: Shutterstock)

Semakin banyak orang Indonesia yang mengenal kuliner mashed potato alias kentang tumbuk yang sering bersanding dengan steak. Bahkan banyak juga yang menciptakan menu serupa mengunakan karbohidrat yang bersenyawakan kearifan setempat mirip ubi contohnya. Nah, dibandingkan dengan lelah menumbuk menggunakan garpu, maka gunakanlah potato masher untuk proses lebih mudahnya.


3. Sieve


Disebut juga sebagai sift, alat ini dipergunakan semoga ukuran partikel yang disaring menjadi seragam ukurannya. Lazimnya sieve dipakai untuk menyaring tepung terigu dalam proses membuat kue. Tidak heran jika prosesnya dalam Bahasa Inggris disebut sebagai sifting. Versi tradisional memakai bahan kayu selaku saringannya, namun sekarang sieve didapatkan juga dalam bentuk logam.


4. Ladle


Meskipun namanya spesifik, sejatinya ladle cuma digunakan untuk menyendok sup atau semur dari dalam panci. Kini ladle hadir dalam aneka macam materi dan ukuran berlawanan. Dari bambu, kayu, melamin, plastik, hingga pastinya logam. Sesuaikan saja dengan budget kita, ukuran panci, dan kebutuhan sehari-hari di rumah.


5. Whisk


Seorang chef tengah menggunakan whisk untuk mengocok telur dalam mangkuk.
Whisk, alat dapur penting yang bisa dimanfaatkan untuk aneka macam kebutuhan sekaligus. (Foto: Shutterstock)

Satu alat wajib punya di dapur, terlebih bagi yang ingin mendalami ilmu menciptakan dessert ataupun minuman. Alat kocok yang satu ini bahkan hadir dalam bentuk yang berbeda-beda, diadaptasi dengan keperluan kita di dapur. Dari sekadar mengocok adonan tepung sampai putih telur untuk menciptakan meringue, whisk yakni jawabannya.


Berikut yaitu tiga jenis yang terpopuler di antara sekian banyak:



  1. Flat whisk untuk proses masak pribadi di wajan

  2. Gravy whisk untuk menciptakan saus ataupun mengocok adonan

  3. Baloon whisk untuk kebutuhan mengaduk pada umumnya


Nah, alat-alat apa lagi yang lazimnya kita pakai tapi lupa penamaannya? Atau kini sudah waktunya untuk berinvestasi membelanjakan yang baru? Pastikan untuk berinvestasi alat dapur terbaru dan penting untuk membantu proses masakmu.