Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Tumis Yang Nikmat Dan Cepat Untuk Hidangan Komplemen

Tak lengkap rasanya kalau makan siang tanpa sayuran. Tak cuma kaya nutrisi, sajian suplemen sayuran juga menjadi penyempurna rasa di pengecap. Semakin kaya dimensi teksturnya, kian lezat pastinya. Dari sekian banyak hidangan, resep tumis sayur jadi salah satu racikan paling sederhana.


Sayuran yang relatif cepat matang cocok untuk ditumis, mulai dari buncis, kangkung, bayam, hingga pare. Untukmu yang gundah menciptakan tumis apa hari ini, berikut usulan resep dari tim MAHI yang bisa dicoba!


1. Tumis Kacang Panjang


Tumis kacang panjang kecap tengah dinikmati.
Nikmati tumis kacang panjang dengan sajian rumahan kesukaan yang lain! (Foto: MAHI)

Jika ingin alternatif sayuran kaya vitamin A selain wortel, maka kacang panjang ialah jawabannya. Menu paling mudah diolah adalah tumis kacang panjang. Kita cuma memerlukan sedikit bumbu untuk memperkaya rasanya, mirip bawang putih, lengkuas, daun salam, dan cabe merah.


Tumisan ini mampu jadi sajian aksesori ragam masakan, mulai dari ayam goreng hingga sajian seafood. Dihidangkan bareng nasi hangat, tepat rasanya. Simak resep oseng kacang panjang yang gampang diikuti ini!


2. Resep Tumis Kangkung


Kenikmatan tumis kangkung juga tak boleh kita lewatkan. Mulai dari menu ikan bakar, ayam penyet, hingga udang asam elok, cocok dilengkapi dengan oseng atau cah kangkung. Harga kangkung pun relatif terjangkau, sehingga tak berat meski sering-sering menghidangkannya.


Kangkung mengandung protein, serat, dan sitosterol yang ialah anti inflamasi atau peradangan. Namun, kangkung tidak diusulkan untuk penderita asam urat alasannya adalah mengandung lumayan banyak purin. Nah, untuk bermacam-macam resep tumisan kangkung yang mudah, kunjungi saja laman Masak Apa Hari Ini. Yuk, kita coba!


3. Tumis Buncis


Tumis buncis tak kalah mudah untuk dibentuk. Sayuran kaya protein, serat, dan vitamin C ini mampu jadi opsi untukmu yang menghendaki makanan bernutrisi. Buncis juga mampu disimpan cukup usang di kulkas, berlawanan dengan kangkung atau bayam yang cepat layu.


Untuk memperkaya rasanya, kita bisa tambahkan protein lain baik hewani ataupun nabati. Misalnya resep oseng buncis dengan tahu tempe ini. Kita bisa memasaknya dalam waktu sekitar 30 menit saja. Siapa bilang masakan simpel tidak punya rasa yang lezat?


4. Tumis Pare


Semangkuk tumis pare teri sebagai lauk nikmat dan tidak pahit untuk makan siang.
Kini oseng pare teri yang nikmat tanpa rasa pahit bisa dibuat di rumah. (Foto: Shutterstock)

Untukmu yang menginginkan menu yang tak biasa, tumis pare bisa kita coba. Menu sayuran yang sering disajikan di Tatar Parahyangan ini memiliki rasa yang pahit tapi sedap. Agar rasa pahitnya bisa menyusut, kita bisa memilih pare yang berskala sedang atau agak kecil. Pare yang berskala besar condong lebih pahit.


Sebelum diolah, kita mampu merebus pare dengan daun jambu biji untuk menetralisir rasa pahitnya. Agar makin mantap, padukan pare dengan ikan teri. Simak cara menciptakan oseng pare dan sajikan dengan nasi hangat.


5. Tumis Genjer


Meski tak sepopuler kangkung atau baya, tanaman genjer punya nutrisi yang tak kalah kaya. Genjer mengandung aneka macam mineral seperti kalsium dan fosfor. Genjer juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi.


Agar rasanya tidak pahit, semestinya pilih genjer yang masih muda. Tandanya yakni bunganya yang masih menguncup. Rendam genjer dengan air panas sebelum kita masak. Sempurnakan rasanya dengan suplemen taoco. Simak cara menciptakan tumisan genjer taoco untuk hidangan berbeda hari ini.


Lima resep tumis di atas mampu diolah dalam waktu sekitar 30 menit saja. Pilih sayuran yang diminati keluargamu, hidangkan bersama nasi hangat dan sambal. Sudah terbayang lezatnya? Yuk, kita ke dapur!