Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pandangan Baru Cemilan Idul Fitri Untuk Kau Buat Di Rumah

Lain isu terkini, lain juga jenis cemilannya. Begitupun halnya di dikala Ramadhan, begitu melimpah beragam jenis cemilan untuk dinikmati dikala ini. Apa sajakah cemilan Lebaran yang paling populer di Indonesia? Berikut adalah lima di antaranya.


Sebelum masuk ke daftar cemilan paling terkenal ketika Lebaran, inilah saat yang sempurna untuk memutuskan sesuatu yang penting. Saat Ramadhan selain senantiasa mencari cara asyik saban hari untuk ngabuburit, bulan ini ialah waktu yang pas untuk mulai belajar memanggang kudapan manis bukan? Atau mungkin sudah cukup pengalaman? Sekaranglah saatnya menunjukkan kebolehanmu!


Sebetulnya cemilan Idulfitri bukan soal memanggang kue saja. Banyak makanan kecil lainnya yang mampu dicoba dan bahkan lebih mudah dibuatnya. Ayo kita singsingkan lengan baju dan mulai mencoba membuatnya untuk ngabuburit hari ini!


Nastar


Idulfitri kurang rasanya tanpa kehadiran nastar. (Foto: Shutterstock)

Kudapan peninggalan kolonial Belanda ini menjadi satu hidangan khas yang populer di seluruh Indonesia dan sebagian negeri Asia Tenggara lainnya.


Nastar atau “nanas tart” mempunyai rasa lembut, bagus, dan sangat lezat untuk dikudap. Meskipun sekarang tersedia sepanjang tahun, menikmati nastar memang paling ikonik ketika Lebaran maupun hari raya lainnya.


Kastengel


cemilan lebaran
Kurang lengkap rasanya nastar tanpa sahabat baiknya – kastengel. (Foto: Shutterstock)

Kalau nastar yakni versi manisnya, kaasstengels atau umumorang Indonesia menuliskannya kastengel alias kudapan manis keju — yakni satu jenis camilan hari raya yang sama populernya.


Keju untuk kue ini berasal dari jenis yang telah agak bau tanah umurnya, kemudian dicampur dan juga diparut di atas setiap kukisnya. Setelah dipanggang, teksturnya renyah dan begitu gurih. Pasti bawaannya ingin tambah terus!


Rengginang


Yang satu ini MAHI jamin pasti selalu jadi favoritmu bukan? Rengginang yang dibuat dari nasi ketan yang dibumbui gurih dan lalu dibuat bundar dan tebal. Setelah dijemur, rengginang kemudian digoreng hingga renyah dan rasanya begitu gurih dan lezat.


Tapi uniknya, meskipun kalah pamor dengan yang asin, rengginang juga memiliki model manisnya. Sudah pernah coba?


Kacang Goreng


Kalau soal kacang-kacangan, Indonesia adalah salah satu negeri di dunia yang memiliki paling banyak cemilan menggunakan ini. Meski jenis kacang-kacangannya masih yang umum dipakai sehari-hari namun tetap tersaji dengan keunikannya masing-masing.


Sebut saja banyak sekali nama mulai dari kacang bawang, kacang telur, kacang Bogor hingga kacang pilus alias “sukro” kalau kata orang Sunda. Kudapan-makanan ringan ini memang biasa dicicipi setiap saat atau dikala menonton sepakbola, tapi dikala Idulfitri-pun tetap spesial.


Biji Ketapang


cemilan lebaran
Kue biji ketapang, pilihan klasik Idulfitri khas Betawi. (Foto: Shutterstock)

Kue biji ketapang yaitu sahabatnya dodol Betawi dan dua-duanya sering tersedia dikala Idulfitri. Meski namanya demikian, kudapan manis ini bukanlah biji dari pohon ketapang. Hanya saja bentuknya mirip.


Kue ini yang dibuat dari gabungan tepung terigu, telur, mentega, gula, santan, dan parutan kelapa semoga lebih renyah. Kalau kue lazimnya dipanggang, namun biji ketapang ini justru digoreng. Rasanya cantik dan gurih.




Ayo, ingin coba membuat cemilan Lebaran yang mana dahulu? Atau ada makanan ringan yang lain yang lebih disukai? Indonesia begitu kaya dengan banyak cemilannya dan pastinya lebih seru bila tidak cuma sekadar berbelanja dan mencicipinya begitu saja.