Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merencanakan Buka Puasa Paling Seru Untuk Keluarga

Acara buka puasa bareng keluarga besar menjadi satu momen yang paling dinanti-nantikan di bulan bulan puasa — selain perayaan Idul Fitri, tentunya. Eits, bagaimana jikalau tiba-tiba kamu terpilih selaku tuan rumah untuk berbuka puasa?


Pertama, jangan kuatir sebab ini yakni peluang besar untuk menawarkan keahlian kau selama ini yang telah mencar ilmu mengolah makanan. Kedua, inilah saatnya memperlihatkan diri sebagai event organizer handal. Ayo, pasti bisa kok!


Nah, berikut ini saya kompilasikan tips-tips penting untuk menyiapkan buka puasa anti demam panggung saat menjamu seluruh keluarga besar – tergolong mungkin buat kamu yang gres akan merayakan lebaran dengan mertua gres.


1. Pengaturan seruan dan acara


Untuk kamu yang suka crafting, menciptakan surat usul untuk program buka puasa niscaya jadi acara ngabuburit menyenangkan. (Foto: Shutterstock)

Untuk yang satu ini bisa dilaksanakan jauh hari biar langkah-langkah lainnya lebih gampang dilakukan. Misalnya yang dulu aku kerjakan yakni mempersiapkan susunan acara menarik yang berbeda dari umumnya. Kalau cuma sekadar makan dan ngobrol-ngobrol, mampu jadi buka puasa bareng malah menjemukan.


Selain itu, aku akan merencanakan ajakan inovatif — lengkap dengan peta lokasi rumah — dibarengi detil acara buka puasa. Undangan ini berfungsi sebagai cara kita menghormati tamu dan pengingat serta motivasi biar seluruh keluarga hadir untuk bersilaturahmi. Jika memungkinkan, coba sempatkan tanya bila ada keluarga lain yang mau menyumbangkan makanan supaya menunya tidak dobel atau bertabrakan dengan sajian yang mau kau masak.


2. Merancang hidangan kuliner dan membeli di awal


Setelah memastikan apa saja yang ingin dimasak, semestinya kamu sempatkan membeli ke pasar apalagi dahulu atau setidaknya dua hari sebelum acara. Selain menghindari kemungkinan harga cabe yang umumnya meroket dari hari ke hari, kamu juga mampu mencicil sebagian proses memasak supaya tidak memberatkan di belakang dan tugas-peran yang lain bisa diselesaikan lebih permulaan.


Buat kau yang di tahap ini masih galau mau masak apa, jangan ragu mencoba resep-resep yang ada di situs MAHI.


3. Mempersiapkan goodie bag


Menjadi tuan rumah pasti bukan sekadar mempersiapkan masakan yummy. Pastinya terbayang kan senangnya tamu yang datang saat mendapatkan juga goodie bag keren dari acara buka puasa bareng tahun ini.


Nah, untuk isinya masih mampu masakan juga kok. Bagi kau yang gemar membuat kudapan manis,  goodie bag bisa diisi sebungkus kecil kaasstengels, nastaar, putri salju, atau cemilan ringan yang lain. Selain itu, jangan lupa masukkan permen ataupun coklat untuk belum dewasa kecil. Dijamin mereka pasti bahagia!


3. Persiapan di rumah semoga tamu tenteram


Persiapan buka puasa termasuk acara bersih-bersih
Persiapan menerima tamu tidak cuma soal rapi, namun juga higienis. (Foto: Shutterstock)

Acara bersih-higienis sudah menjadi keharusan khusus untuk tuan rumah. Buatku sih  lazimnya akan lebih mudah menyiapkan semuanya jikalau ada perkiraan jumlah tamu yang hendak tiba. Dengan begitu, saya bisa mempersiapkan ruangan yang mampu “dirombak” menjadi kawasan program — contohnya dengan memindahkan perabot dan menambah beberapa kursi. Kekurangan dingklik? Gampang, kau bisa ganti dengan tikar. Ini juga mampu membuat suasana lebih hangat dan erat!


Selain menyiapkan ruangan, pastikan juga tamu tidak akan kesulitan ketika mencari air minum, perlengkapan makan, atau ingin pergi ke kamar kecil. Hal-hal kecil ini nampak sepele, tetapi bisa menciptakan tamu merasa nyaman.


4. Ide lain yang layak dicoba saat merencanakan buka puasa


Merencanakan buka puasa bisa jadi kesempatan untuk bersilahturahmi
Momen bulan rahmat senantiasa jadi dikala terbaik untuk memberikan lebih bagi para anak yatim. (Foto: Shutterstock)

Sebagai generasi yang inovatif, sebetulnya bila kita mau sedikit bersungguh-sungguh mencari pandangan baru, ada banyak kok ide mempesona yang bisa kau coba sebagai bab program buka puasa — selain tentunya Tarawih bareng atau mengundang pembicara. Beberapa ilham yang bisa coba kamu diskusikan dengan keluarga, misalnya:



  • Buka bersama anak yatim

  • Penggalangan dana untuk menolong anggota keluarga yang sedang berduka atau kesusahan.

  • Lelang tumpeng untuk derma program kemanusiaan

  • Acara kuis ringan dengan hadiah unik


Semuanya bisa digelar dalam suasana penuh keceriaan selama 2-3 jam. Saat menjadi tuan rumah, tentukan juga kamu tidak mengusik ketertiban di lingkungan rumah — kerap kali tanpa disadari kita bisa menciptakan para tetangga sebal karena bunyi yang terlalu gaduh atau program yang terlalu lama menutupi jalanan untuk parkir mobil dan motor.


Punya wangsit seru lainnya untuk menyiapkan buka puasa? Boleh dong di-share sama saya. Semoga program bukber-mu jadi menyenangkan, ya!