Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Takjil Buka Puasa Yang Mampu Kau Buat Sambil Ngabuburit

Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu ngabuburit dengan menonton video online atau bahkan tidur. Tapi selaku chef, saya terbiasa untuk produktif bahkan dikala di rumah. Nah bagaimana bila kali ini kita sama-sama menciptakan takjil lezat untuk buka puasa? Berikut saya bagi 4 takjil buka puasa yang mampu kamu buat di rumah sambil ngabuburit.


Lumpia Basah


takjil buka puasa
Berisi sayuran dan telur, cemilan yang satu ini ternyata rendah karbo lho! (Foto: Shutterstock)

Kalau Chef berkunjung ke kota Bandung, niscaya wajib menyantap kue yang satu ini. Isi dari lumpia berair dibuat dari gabungan telur, tauge dan rebung yang ditumis dengan aneka bumbu. Rasanya elok dan gurih. Tambah sambal pastinya lebih lezat! Lumpia berair juga cocok untuk kamu yang ingin meminimalisir makan serba digoreng dan jelas tidak kalah lezat dengan saudaranya – lumpia goreng.


Untuk menciptakan lumpia berair, kamu memerlukan: kulit lumpia, rebung, tauge, telur, bawang putih, bawang merah, tepung tapioka, gula merah, dan air.


Berikut langkah menjadikannya:



  1. Rebus irisan rebung bareng gula merah sampai berganti warna dan layu.

  2. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Kemudian masukkan telur dan masak orak arik. Tambahkan rebung yang telah rebus beserta tauge. Tumis sampai matang dan tambahkan garam serta merica seperlunya.

  3. Ambil selembar kulit lumpia dan balurkan rata dengan saus yang dibuat dari adonan air rebusan rebung dengan tepung tapioka sebanyak 1 sdm. Isikan lumpia dengan tumisan rebung dan tauge. Lipat hingga rapi dan lumpia lembap siap dimakan!


Bitterballen Mozzarella


takjil buka puasa
Ketika digigit, lelehan mozzarella eksklusif membanjiri lisan kau! (Foto: Shutterstock)

Cemilan yang satu ini pasti laris bagus dan jadi rebutan seluruh keluarga! Untuk membuat bukaan buka puasa ini kamu membutuhkan: daging sapi cincang, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, kecap Inggris, Royco Kaldu Ayam, telur, terigu, tepung panir, susu cair, keju mozzarella, daun peterseli, oregano, garam, dan mentega.


Cara membuatnya:



  1. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang hingga anyir. Lalu masukkan daging sapi cincang dan tumis sampai berganti warna. Tambahkan kecap Inggris, garam, dan Royco Kaldu Ayam seperlunya. Aduk rata dan sisihkan.

  2. Lelehkan mentega dengan api kecil. Masukkan terigu dan aduk hingga rata. Tambahkan susu dan aduk sampai adonan tidak ada yang menggumpal lagi. Kemudian masukkan tumisan daging dan campur rata. Bumbui dengan oregano dan daun peterseli.

  3. Siapkan beberapa mangkuk ukuran sedang terdiri dari keju mozzarella, tepung terigu, telur yang sudah kocok, dan tepung panir. Jangan lupa untuk memanaskan wajan berisi minyak goreng.

  4. Bentuk adonan menjadi bulat-bundar dan pipihkan sedikit biar bisa diisikan dengan keju mozzarella. Bulatkan kembali dan masukkan secara berturut-turut ke dalam tepung terigu, telur dan tepung panir. Ulangi hingga campuran habis.

  5. Goreng gabungan bitterballen sampai keemasan. Sajikan selagi hangat.


Tahu Gejrot


takjil buka puasa
Jajanan khas Cirebon ini niscaya jadi incaran semua orang! (Foto: Shutterstock)

Ini nih cemilannya urang Sunda! Untuk kudapan buka puasa ini kau membutuhkan: tahu Sumedang, bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, Kecap Manis Bango, gula merah, air, asam jawa, dan garam.


Berikut cara membuatnya:



  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan garam lalu sisihkan.

  2. Panaskan air kemudian masukkan gula merah, Kecap Manis Bangodan asam jawa. Masak hingga mendidih dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk rata.

  3. Potong-potong tahu yang sudah digoreng lalu siram dengan bumbu. Tambahkan kepingan cabai rawit serta bawang merah.


Cilok Saus Kacang


Aci dicolok ya hasilnya cilok! Jajanan ini sedang jadi kesayangan orang Jakarta alasannya yummy dan mudah menjadikannya. Untuk menciptakan cilok, yang kau perlukan yakni: bawang putih, tepung terigu, tepung tapioka, merica, Royco Kaldu Ayamgula pasir, garam, dan air panas.


Berikut tiga langkah menjadikannya:



  1. Campur tepung terigu dengan bawang putih, daun bawang, merica bubuk, gula pasir, Royco Kaldu Ayam, dan garam. Aduk hingga rata kemudian tuang air panas secara perlahan.

  2. Tambahkan tepung tapioka. Uleni dengan tangan secara perlahan. Di sini dibutuhkan ketabahan supaya campuran kamu lembut dan rata. Setelah dirasa telah cukup, bentuk bulat-bulat kecil.

  3. Didihkan air, kemudian rebus adonan cilok hingga mengapung. Sajikan bersama sambal kacang.