Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Masak Jamur Sedap Dan Mudah Sesuai Jenisnya

Jamur jadi salah satu jenis sayuran yang mampu diolah dengan banyak cara, mulai dari ditumis, digoreng, hingga direbus. Ada aneka resep masak jamur yang bisa dicoba, sesuai dengan jenis jamur yang kau punya di rumah.


Berbeda jenis, beda pula jenis masakan yang tepat. Misalnya saja untuk jamur crispy yang lebih cocok memakai jamur tiram. Nah, semoga tak salah pilih, berikut lima resep masak jamur yang mampu kau pilih sesuai jenisnya, ya!


1. Jamur tiram


Jamur tiram jadi salah satu jenis jamur yang paling mudah didapatkan. Bentuknya lebar mirip payung namun pipih. Warnanya putih dan teksturnya lembut. Tak cuma mudah didapatkan, kamu juga mampu menjajal aneka resep masak jamur tiram, mulai dari dari tumis jamur sampai jamur crispy.


Agar lebih spesial, kamu mampu mencoba membuat resep jamur crispy dengan saus Padang. Olahan ini mampu dihidangkan di sore hari selaku camilan, atau jamuan saat ada program nge-teh sore. Simak resep jamur crispy saus Padang ini!


2. Jamur shiitake


Semangkuk sapo tahu jamur di atas napkin cokelat.
Sapo tahu dengan tiga varian jamur yang enak. (Foto: MAHI)

Jamur shiitake berasal dari Asia Timur. Bentuknya mirip sekali dengan payung dan berwarna kecokelatan. Tak hanya bisa menjadi kuliner sehari-hari, jamur shiitake juga dipercaya selaku tanaman obat.


Salah satu resep masakan yang mampu kau hadirkan yaitu sapo tahu tiga jamur. Hidangan yang kerap disuguhkan di restoran Peranakan ini tidak terlampau sulit untuk dicoba di rumah. Simak resep sapo tahu tiga jamur ini dan sajikan dengan nasi hangat!


3. Resep masak jamur kancing


Jamur kancing atau champignon berupa payung agak lingkaran mirip kancing. Biasanya jamur kancing berwarna putih atau krem muda. Jenis jamur ini juga cukup mudah ditemukan. Konon katanya, ini ialah jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia.


Dibanding jenis jamur lain, jamur kancing punya tekstur yang padat dan tidak mudah hancur. Jamur ini sering jadi pilihan untuk mushroom sauce pada pasta atau steak. Kamu juga bisa berimprovisasi membuat risoles isi jamur kancing yang lezat. Resep risoles satu ini mampu kau ikuti.


4. Jamur shimeji


capcay jamur shimeji
Capcay yang senantiasa istimewa sekarang menjadi lebih spesial berkat jamur shimeji. (Foto: Lina Tjoandra)

Jamur shimeji berasal dari Jepang. Tangkai jamur berukuran lebih panjang dari jamur lainnya dan lebih tipis. Bentuk payungnya pun lebih kecil dan menjadikannya mudah diketahui. Ada dua tipe ialah yang berwarna cokelat dan juga putih.


Jenis jamur ini juga mampu diracik jadi bermacam-macam sajian dan salah satunya yaitu capcay. Ya, jika lazimnya capcay terdiri dari beragam sayuran, kau juga bisa berkreasi menggunakan jamur shimeji selaku bintang film terutama. Lihat resep capcay jamur shimeji yang gampang diikuti ini!


5. Jamur kuping


Siapa yang tak kenal jamur telinga ? Jamur berwarna cokelat yang memang menyerupai kuping ini sering hadir dalam kuliner Indonesia. Jamur telinga punya tekstur yang lebih chewy sekaligus renyah dibanding jamur yang lain.


Salah satu resep masak jamur yang bisa kamu coba adalah tumis sawi jamur. Perpaduan dua sayuran tersebut memiliki harmoni yang cocok di lidah orang Indonesia. Cara membuatnya pun cukup praktis, lho, bisa dicoba oleh pemula. Simak resep tumis sawi jamur ini!


Memasak jamur jadi tak perlu bingung lagi. Kamu mampu berkreasi menciptakan aneka menu dengan opsi resep dari MAHI. Selamat mencoba!