Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Menu Buka Puasa Idul Adha Yang Nikmat Dan Sehat

Puasa Idul Adha umumnya tak semeriah puasa bulan ampunan. Hal ini disebabkan jumlah hari yang lebih sedikit, dan hukumnya yang sunnah bukan wajib. Namun, tak ada salahnya untuk meramaikan puasa Idul Adha di rumah, dengan menyuguhkan hidangan buka puasa yang menarik.


Karena umumnya di hari Idul Adha dan Hari Tasyrik kita berpesta daging, ada baiknya kita mempersiapkan perut apalagi dahulu di hari-hari sebelumnya. Selain dengan berpuasa, kita mampu menyiapkan stok serat di tubuh kita dengan kuliner yang bergizi. Dengan begitu, pencernaan bisa lebih tanpa kendala. Berikut ialah menu buka puasa yang mampu kamu buat sendiri di rumah.


1. Tumis kangkung taoco, hidangan buka puasa Idul Adha yummy


Kangkung jadi salah satu sayuran yang paling mudah ditemukan dan mudah untuk diolah. Meski harganya cenderung murah, kangkung cukup kaya serat, lho. Tak salah jika kau menyajikannya untuk hidangan buka puasa Idul Adha.


Agar lebih terasa Istimewa, kau bisa berinovasi dengan bumbunya. Salah satu resep yang bisa kau coba yakni tumis kangkung taoco. Paduan taoco dan kecap elok menjadikan tumis kangkung ini lebih spesial. Cobain, yuk!


2. Terong bakar saus tempe, gampang untuk dibuat


Sajikan terong bakar sambal tempe.
Terong bakar saus tempe yang nikmat. (Foto: MAHI)

Sayuran berikutnya yang mampu kamu kreasikan di rumah yaitu terong. Jika biasanya kita mengolah terong dengan cara ditumis atau digoreng, kali ini kita akan membakarnya. Resep terong bakar ini kita padukan dengan saus tempe. Jadi, rasanya pun lebih spesial!


Saus tempe sendiri sebetulnya berisikan tempe kukus yang dihaluskan dan ditumis menggunakan bumbu Istimewa. Perpaduan olahan kacang kedelai dengan terong bakar ini menciptakan rasa yang tak biasa. Kata siapa makanan kaya serat tak mampu dibentuk enak?


3. Sup apel ikan patin, unik dan menyehatkan


Sup Apel Ikan Patin tersaji untuk disantap.
Inilah hidangan unik kali ini, Sup Apel Ikan Patin! (Foto: MAHI)

Saat berbuka puasa, perut kita juga belum sepenuhnya siap untuk menggiling masakan yang terlalu berat. Kamu mampu menyajikan makanan berbentuksup yang mengandung lebih banyak air. Jika sup ayam terasa telah biasa, cobalah membuat resep sup apel ikan patin ini.


Bagaimana ya paduan ikan patin dan apel dalam satu mangkuk? Apel menawarkan sedikit rasa cantik serta asam yang justru membuat sajian ini menjadi lebih segar. Disajikan dengan nasi hangat, sup apel ikan patin akan menciptakan suasana buka puasa jadi lebih spesial.


4. Sup oyong bakso ikan, tambah misua lebih nikmat


Ingin sajian yang lebih mudah? Kamu bisa mengolah sup oyong dengan pelengkap bakso ikan. Meski jarang dibicarakan, oyong merupakan salah satu sayuran yang kaya vitamin A dan vitamin C sehingga baik untuk Kesehatan. Resep sup oyong bakso ikan ini dibuat bening sehingga terasa segar dan bisa dicicipi oleh semua umur, tergolong belum dewasa.


5. Tumis brokoli tahu putih, hidangan pendamping fleksibel


Makanan lainnya yang juga cocok dikonsumsi saat buka puasa ialah tumis brokoli. Sayuran ini telah dikenal kaya akan nutrisi, mulai dari asam folat, vitamin C, dan serat. Cara mengolahnya pun relatif mudah. Jadi, sajian ini cocok untukmu yang tidak punya banyak waktu mengolah masakan.


Padukan tumis brokoli dengan tahu putih untuk memperlihatkan tekstur rasa yang lebih kaya. Sajian ini akan lebih lezat jika brokoli tidak diolah terlalu usang, sehingga memberikan tekstur yang masih crunchy. Lihat resep lengkap tumis brokoli tahu ini, ya.


Berbuka puasa dengan hidangan kaya serat, tetapi tetap lezat, bukan hal yang mustahil. Selamat berpuasa Idul Adha, ya!