Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sajian Arisan Khas Peranakan Yang Akan Membuat Tamu Terpukau

Bulan ini kebagian jadi tuan rumah arisan keluarga? Sajikan sajian lezat biar para tamu semakin betah. Menentukan menu arisan seringkali susah, untuk itu kita perlu menentukan tema sajian apalagi dahulu. Masakan apa yang lebih diminati keluargamu, apakah masakan tradisional, Western, atau Peranakan?


Dalam padu padan menu arisan, hal yang umumnya bikin pusing yaitu memilih jenis sajian yang sesuai dipasangkan dengan hidangan yang lain. Nah, kali ini tim MAHI ingin mengembangkan cara gampang memilih menu yang sesuai satu sama lain, ialah memilih rancangan hidangan dari dapur yang senada. Pilihannya jatuh pada dapur Peranakan Cina yang pasti gampang diminati dan cita rasanya telah bersahabat di lidah banyak orang.


1. Capcay Jamur Shimeji


Salah satu masakan peranakan yang paling populer adalah capcay. Hidangan ini sangat sesuai dijadikan menu arisan. Dulu, banyak orang yang menerka capcay mempunyai arti 10 sayuran. Namun, bergotong-royong capcay tidak mesti terdiri dari 10 sayuran. Kita juga memiliki keleluasaan untuk memilih sayuran pada hidangan ini.


capcay jamur shimeji
Capcay jamur shimeji yummy untuk menu arisan. (Foto: Lina Tjoandra)

Cobalah berimprovisasi dengan memilih sayuran yang jarang digunakan seperti jamur shimeji dalam Capcay Jamur Shimeji. Jamur ini mempunyai tekstur yang kenyal dan rasanya tidak secara umum dikuasai, cocok disandingkan dengan sayuran lain.


2. Fuyunghai Asam Manis


Fuyunghai juga mampu menjadi perhiasan sajian arisan yang sulit ditolak. Makanan berbahan utama telur ini mempunyai bentuk yang berlawanan dari telur dadar yang lain. Terdapat beberapa protein dan sayuran di dalamnya yang menciptakan rasa fuyunghai begitu digemari.


Fuyunghai Asam Manis selalu berjodoh dengan saus asam elok yang membuat rasanya kian sedap. Tentu saja membuat sausnya tak mampu asal pilih. Untuk memperlihatkan rasa anggun dan gurih pada saus, jangan lupa tambahkan Bango Kecap Manis.


3. Menu Arisan Ayam Sioh Taoco


Ayam Sioh Tauco tersaji di meja.
Ayam sioh tauco bisa jadi opsi menu arisan khas Peranakan yang enak. (Foto: MAHI)

Untuk menyempurnakan sajian protein pada menu arisan, sajikan Ayam Sioh Taoco khas peranakan. Makanan ini telah terkenal apalagi dulu di Malaysia. Cita rasanya unik dengan perpaduan bumbu taoco, asam jawa dan ketumbar.


Permainan rasa asin, bagus, dan gurih dari Ayam Sioh Taoco akan memberikan pengalaman berbeda untuk para tamu arisan yang hadir. Makanan ini juga tidak pedas dan bisa dikonsumsi bawah umur. Membuat Ayam Sioh Tauco memerlukan waktu yang cukup lama biar teksturnya empuk, adalah sekitar 1,5 jam.


4. Daging Sapi Lada Hitam


Daging sapi lada hitam sering jadi favorit di kedai makanan Chinese. Lada hitam atau black pepper sesungguhnya tidak terlalu lazim digunakan oleh Tiongkok, kecuali di kawasan Sichuan yang terkenal dengan masakan pedas. Hal ini yang menciptakan daging sapi lada hitam menjadi unik dan terkenal diseluruh dunia.


Resep Daging Sapi Lada Hitam gampang sekali untuk dibentuk di rumah. Agar rasanya semakin kaya, pilih dua jenis paprika untuk mengolahnya. Paduan lada hitam yang gurih dan pedas akan menyatu dengan segarnya paprika.


5. Siomay


Tak lengkap rasanya kalau arisan berjalan tanpa acara snacking. Siomay menjadi salah satu makanan peranakan yang popularitasnya tak mampu disangsikan lagi. Ingin menghidangkan siomay yang berbeda dan lebih irit? Kita mampu membuatnya sendiri di rumah.


Membuat Siomay juga relatif mudah dan kita bisa menciptakannya sendiri di rumah. Tidak banyak materi dan alat yang dibutuhkan. Begitupun dengan saus kacangnya yang khas. Gunakan Bango Kecap Manis pada olahan saus kacangnya, biar rasa siomay lebih lezat.




Selain masakan Peranakan, kita juga mampu memilih tema lain untuk hidangan arisan. Simak resep Nasi Liwet Solo untuk menu tradisional yang menggugah selera. Selamat mencoba!