Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengusir Lalat Secara Alami Supaya Dapur Lebih Bersih

Dapur menjadi lokasi vital di rumah, alasannya adalah dari kawasan ini banyak sekali macam makanan disuguhkan. Kita semua paham bahwa dapur dan alat-alat masak yang tidak bersih mampu mengganggu kesehatan keluarga. Itulah mengapa membersihkan dapur pun mesti diperhatikan, mulai dari cara mengelap meja sampai menghalau lalat.


Jika kita sering mengolah makanan resep daging-dagingan, lalat biasanya lebih sering tiba. Binatang yang suka berada di daerah kotor ini bisa jadi menjinjing bakteri. Untuk itu, menghalau lalat jadi sebuah kewajiban.


Kali ini, tim MAHI menyebarkan kiat mengusir lalat secara alami. Menggunakan bahan alami akan meminimalkan materi kuliner dan alat dapur terkotori materi kimia. Ada beberapa rempah yang baunya tidak disenangi lalat seperti pandan dan cengkih. Berikut ialah ulasannya!


Lalat hinggap di garpu pada makanan yang sedang dimakan.
Mengusir lalat bisa menggunakan materi-bahan alami yang tersedia di dapur. (Foto: Shutterstock)

1. Menjebak lalat dengan cuka apel


Cuka apel mampu dipakai sebagai perangkap lalat. Bau fermentasi cuka apel ini ternyata digemari lalat. Gunakan cuka apel sebagai umpan dengan cara menuangkan sedikit cuka apel pada botol bekas. Gunting bagian tengah botol sehingga membentuk gelas, lalu tutup dengan kertas. Buat lubang pada kertas sehingga lalat bisa masuk dan terjebak dalam larutan cuka apel.


2. Mengusir lalat dengan daun pandan


Berbeda dengan cuka apel, anyir daun pandan tidak digemari lalat. Alih-alih menangkapnya, kita mampu menggunakannya untuk menghalau lalat di dapur. Iris tipis daun pandan dan taruh di piring kecil. Simpan piring di tempat-kawasan yang sering dikerubungi lalat. Daun pandan yang masih segar dan wangi akan lebih efektif mencegah lalat tiba.


3. Menggunakan cengkih dan jeruk lemon


Potongan lemon dengan cengkih di bagian tengah.
Paduan lemon dan cengkih mampu digunakan untuk mengusir lalat sebab wanginya yang khas. (Foto: Shutterstock)

Wangi cengkih dan lemon juga tidak digemari lalat. Ada dua cara yang bisa dipilih. Pertama, potong lemon menjadi empat bab. Kemudian, tancapkan 4-5 batang cengkih di bagian tengah lemon. Taruh di piring kecil dan simpan di tempat yang sering dihadiri lalat.


Kedua, kita mampu menggunakan cengkihnya saja. Rendam cengkih dalam mangkuk berisi air. Simpan mangkuk tersebut di daerah yang sering dikerubungi lalat.


4. Mencampurkan kayu elok, bawang putih, dan bubuk cabe


Racikan pengusir lalat selanjutnya yakni campuran dari kayu elok, bawang putih, dan bubuk cabai. Ketiga rempah ini memiliki wangi yang kuat dan tidak disukai lalat. Kita mampu memakai kayu elok dan bawang putih bubuk, mampu juga memilih bawang putih dan kayu anggun utuh. Simpan tiga rempah tersebut di piring kecil.


5. Mengusir lalat dengan flora khusus


Jika sebelumnya kita memakai rempah untuk menghalau lalat, kita juga mampu menggunakan tumbuhan yang masih bertumbuh. Beberapa flora yang tidak digemari lalat adalah lavender, daun mint, bunga marigold, daun kemangi, dan daun salam. Wangi dari tanaman ini menciptakan lalat enggan tiba. Menyimpan pot kecil tanaman kemangi dan daun mint di dapur bisa menghalau lalat secara alami sekaligus membuat interior dapur terlihat lebih segar.




Demikian lima cara alami mengusir lalat di dapur. Namun, harus kita ingat bahwa menjaga kebersihan dapur tetaplah yang utama. Selalu simpan materi makanan yang memiliki peluang amis amis mirip daging di kawasan khusus. Segera buang masakan yang sudah basi biar lalat tidak menghampiri. Selamat mencoba!