Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memasak Hot Pot, Kuliner Rebus Khas Asia Untuk Cuaca Cuek

Siapa yang tidak mau menikmati makanan rebus berkuah yang disuguhkan hangat di ekspresi dominan hujan? Di tengah cuaca sejuk dan ingin mempertahankan suhu tubuh tetap fit, maka kuliner jadi kuncinya. Tentu kamu baiklah jika hidangan hot pot atau yang juga dekat dengan istilah shabu-shabu ini sungguh menghidupkan selera.


Hujan deras yang terjadi sewaktu-waktu mungkin akan menghambat acara jajan hot pot di luar bersama keluarga ataupun sahabat-teman. Nah, ini jadi momen yang sempurna untuk menciptakan sendiri masakan yang seru dikonsumsi ramai-ramai ini!


Sebelum menjadikannya, saya ingin berbagi sedikit kiat dan isu seputar keperluan menyajikan hot pot sendiri di rumah:


1. Masak hot pot haruslah beramai-ramai


Menikmati hotpot akan lebih seru jika setiap individunya mengolah makanan materi-bahannya. Kalau kau tak mempunyai kompor gas mini atau kompor listrik portable tak perlu membatalkan menjadikannya di rumah. Kamu bisa menggunakan rice cooker atau mini cooker yang biasa kamu gunakan untuk kamping. Siapkan di atas meja makan dan tata agar mampu tenteram untuk mengolah makanan beramai-ramai.


2. Siapkan panci khusus hot pot makanan rebus


Gunakan panci yang memang biasa digunakan untuk memasak hot pot. Kalau tidak punya yang khusus, gunakan panci yang tidak terlalu dalam biar kau mampu dengan gampang mencelupkan bahan ke dalam kaldu panas. Supaya lebih seru, kau mampu menggunakan panci half-half atau panci yang diberi sekat sehingga kau mampu menikmati dua jenis kaldu secara terpisah.


Panci bersekat untuk dua jenis kaldu makanan rebus.
Gunakan dua jenis kaldu agar masakan rebus Asia ini lebih seru. (Foto: Shutterstock)

3. Masak kaldu terlebih dahulu


Kaldu ayam, sapi, atau angsa mampu menjadi alternatif pilihan untuk sup dasar shabu-shabu. Kalau ingin beraneka ragam kamu mampu menambahkan bumbu tom yum. Bisa juga cita rasa pedas disertakan dengan pasta cabai atau bagian cabai kering.


4. Pilih bahan daging dan sayuran yang bervariasi


Selain kaldu, yang tak kalah penting yakni eksistensi daging, ikan, seafood, sayuran, tahu, sampai mi. Gunakan daging sapi iris yang bisa didapat dengan mudah di supermarket ataupun toko online. Daging sapi yang dipakai yakni irisan daging tipis yang dipakai untuk BBQ, teppanyaki, atau teriyaki.


Sawi hijau, bok choy, sawi putih, ataupun jamur-jamuran yakni berbagai macam sayuran yang bisa kau hadirkan. Kamu juga bisa menghadirkan irisan daging ayam dan daging kambing bila suka. Sediakan juga serpihan tahu putih dan aneka mi (kwetiau, bihun, mi telur, atau suun) supaya makan hot pot lebih membuat kenyang.


Variasi daging untuk hidangan rebus.
Ragam makanan rebus untuk materi-materi hot pot. (Foto: Shutterstock)

5. Tambahkan kondimen biar lebih mantap


Bersantap sajian rebus ini takkan lengkap jika tanpa kedatangan saus dan kondimen. Yang dimaksud dengan kondimen yaitu bahan-bahan komplemen yang disajikan untuk melengkapi atau menyempurnakan cita rasa hot pot. Beberapa diantaranya ialah cincangan bawang putih, bawang daun, daun ketumbar, dan cabai.


Sementara untuk sausnya kamu mampu menawarkan kecap asin, minyak wijen, sambal rawit rebus, dan saus hoisin. Kamu bisa memilih atau mencampur berbagai macam kondimen dengan saus.


Nah, setelah menerima gosip seputar mempersiapkan sajian hot pot, kau tentu takkan kebingungan lagi dikala akan merencanakan kuliner rebus ini, kan? Yuk, hidangkan hot pot untuk demam isu hujan ini!