Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Olahan Tahu Praktis Untuk Menu Perhiasan Makan Siang

Punya stok tahu di rumah? Yuk, kita kreasikan jadi menu menarik! Ada ragam olahan tahu yang bisa dicoba. Caranya pun terbilang praktis sebab tak membutuhkan banyak langkah.


Selain gampang ditemukan, tahu juga tergolong materi makanan yang gampang diolah. Rasanya gurih tapi netral, sehingga cocok dibentuk pedas atau cantik. Tahu juga memiliki banyak jenis, mulai dari tahu putih, tahu kuning, hingga tahu cokelat.


Kali ini, kita akan membahas beberapa olahan tahu yang mudah dibuat tanpa banyak materi komplemen. Apa saja itu?


1. Tahu rica ayam suwir


Suka masakan pedas? Olahan tahu yang satu ini cocok jadi pilihanmu. Kita mampu menggabungkan bumbu rica yang pedas dan segar dengan tahu kuning. Sebelum dipadukan dengan bumbu rica, kita goreng dahulu tahunya hingga bagian kulitnya agak kering.


Tahu rica ayam suwir dalam piring putih dengan garnish sayuran hijau
Nikmati tahu rica ayam suwir ini selaku menu utama ataupun pendamping. (Foto: MAHI)

Agar rasanya kian gurih, tambahkan ayam yang kita suwir apalagi dahulu. Kenapa ayam suwir? Fungsinya ialah untuk membuat hidangan tahu tetap stand out. Resep lengkap tahu rica ayam suwir bisa kamu intip di artikel MAHI sebelumnya. Sajikan bersama nasi hangat!


2. Sup tahu bakso ikan


Butuh sajian hangat berkuah untuk hari yang mendung? Sup tahu bakso ikan yaitu opsi sempurna. Tahu yang kita pakai pada resep ini yakni tahu putih. Tapi, kamu boleh kok mengubahnya dengan tahu cokelat atau tahu kuning.


Kita tambahkan bakso ikan dan oyong untuk menciptakan sup ini kian lezat. Agar kuahnya tepat, tambahkan minyak wijen dan Royco Kaldu Ayam. Disajikan ketika hujan, duh, bakal sukar ditolak deh! Cobain resep sup tahu bakso ikan berikut!


3. Resep bakwan tahu


Resep yang satu ini bisa jadi kudapan atau hidangan pendamping makan siang. Siapa yang tak suka gorengan? Kabar baiknya, tahu juga cocok dijadikan bakwan, mirip bakwan jagung atau bakwan sayuran yang lain.


Memang, tahu condong benyek dan mudah hancur. Agar merekat sempurna, kita tambahkan telur pada adonan bakwan tahu. Agar bakwan ini tetap crunchy, campurkan tepung beras pada campuran terigunya. Intip resep bakwan tahu yang juga gampang disertai para pemula.


4. Tahu kukus kembang sosis


Tahu Kukus Kembang Sosis tersaji hangat.
Tahu Kukus Kembang Sosis, menu kudapan gres di rumah! (Foto: MAHI)

Ingin olahan tahu yang lebih sehat? Kita bisa menyuguhkan tahu kukus yang tetap lezat meski tanpa digoreng. Kuncinya ada pada adonan tahu yang kita buat. Sebaiknya, gunakan tahu putih yang lembut untuk kuliner ini. Kamu mampu menambahkan daging cincang adar tahu kukus makin maknyus.


Makanan ini juga cocok dijadikan sebagai jamuan dikala saudara atau teman bertandang. Tahu kukus ini bisa dicemil atau jadi sajian pendamping. Yuk, kita coba resep lengkap tahu kukus kembang sosis berikut ini!


5. Gulai tahu kecap


Untuk penyuka kuliner berempah, coba resep gulai tahu kecap yang lezat ini. Pekatnya racikan lengkuas, bunga lawang, ditambah dengan susu cair sebagai pengganti santan akan memanjakan lidahmu.


Tahu yang kita gunakan pada resep ini adalah tahu putih. Jenis tahu ini memang cocok diracik dengan kuah yang pekat. Untuk memperkaya rasa, tambahkan juga cabe rawit. Pedasnya akan membuat suasana makan jadi makin seru. Jangan heran bila anggota keluarga minta nambah nasi terus.


Lima resep olahan tahu di atas bisa kau pilih untuk makan siang atau makan malam. Sesuaikan dengan selera keluarga. Selamat mengolah makanan!