Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Hidangan Kuliner Rumahan Yang Tepat Untuk Hangatkan Tubuh

Kala tubuh terasa lelah dan kurang sehat, tak jarang nafsu makan menurun. Padahal, di saat tersebut tubuh kita memerlukan energi tambahan untuk melawan virus atau kuman yang menyerang. Jika anggota keluargamu ada dalam kondisi ini, sebaiknya sajikan sajian kuliner rumahan yang membantu hangatkan badan.


Ada beberapa rempah yang diandalkan mampu menghangatkan badan, seperti jahe [1] dan lada [2]. Rempah tersebut mampu kita olah jadi sajian yang tak hanya membuat badan lebih segar tapi juga memanjakan pengecap. Yuk, kita simak sajian masakan rumahan apa saja yang bisa kau coba di dapur!


1. Resep sop daging sapi, kesukaan baru di rumah


Hangatkan tubuhmu dengan sop daging sapi yang enak. Kamu mampu menggunakan beberapa bagian daging sapi untuk sup. Misalnya saja bab has dalam yang minim lemak, sehingga cocok untukmu yang ingin menjaga berat badan. Namun, kalau ingin kuah yang lebih gurih, kamu bisa menentukan daging bagian sandung lamur, daging iga, sengkel, atau kamu juga bisa menggunakan sumsum dan dengkul selaku bahan kuahnya.


Daging yang mengandung banyak lemak punya tekstur lebih kenyal. Salah satu kunci kelezatan menu ini adalah merica atau lada. Selain memperlihatkan efek menghangatkan badan, mengonsumsi kuliner mengandung lada dalam takaran tertentu juga bisa membantu atasi pilek [2]. Lihat materi-materi lengkap dan cara menciptakan sop daging sapi, sajikan dengan nasi hangat.


2. Resep sayur daun kelor bening, kaya akan khasiat


Sayur daun kelor bening tersaji dalam mangkuk putih di atas meja.
Yuk, siapkan sayur daun kelor bening yang menyehatkan ini! (Foto: MAHI)

Sayur bening yaitu salah satu kuliner yang paling praktis untuk diolah. Daun kelor yang begitu berlimpah di Indonesia adalah bahan yang tepat untuk dipadukan dalam masakan ini. Agar makin nutrisinya, perkaya dengan pemanis labu siam serta jagung pipil. Sup yang sederhana namun kaya khasiatnya untuk kesehatan ini yaitu opsi sempurna untuk menghangatkan tubuh.


Biasanya sayur bening memanfaatkan juga beragam sayuran hijau yang cepat matang. Misalnya saja bayam, atau daun katuk yang banyak dimakan ibu menyusui. Meski berlimpah, daun kelor memang belum setenar bayam ataupun daun katuk. Padahal di India maupun Afrika, daun kelor kerap dipakai selaku obat ataupun dalam kuliner. Pastikan untuk mengetahui khasiat daun kelor secara lengkap di Masak Apa Hari Ini dan pelajari resep lengkap sayur daun kelor bening. Yuk, sajikan yang sehat untuk hari ini!


3. Resep sup ayam makaroni yang hangat


Jika kau mengharapkan menu kuliner rumahan yang lebih ringan dan cepat dimasak, resep sup ayam makaroni ini mampu jadi opsi tepat. Agar lebih sehat, kita bisa gunakan ayam kampung. Memang, ayam kampung perlu diolah lebih lama karena daging dan tulangnya tidak seempuk ayam negeri. Harganya pun relatif lebih mahal meski cita rasanya lebih gurih. Rempah yang kita pakai untuk membuat sup ayam tidak banyak.


Bumbu khususnya yaitu bawang putih. Bawang putih mampu membantu atasi kecapekan dalam badan [3]. Seperti sop daging, kita juga menggunakan lada untuk memperkaya rasa sup ini. Yuk, kita coba menjadikannya. Proses membuatnya tak sampai satu jam, kok!


4. Resep sup krim brokoli yang menyehatkan


Semangkuk sup krim brokoli lezat.
Sup krim brokoli yang mampu dibentuk di rumah. (Foto: Shutterstock)

Coba juga menciptakan sup krim brokoli sendiri di rumah. Tekstur yang kental membuat sup krim ayam brokoli ini memberikan tambahan gurih di lidah. Bagian brokoli yang kita buat untuk resep ini ialah bab kuntumnya. Jadi pastikan memilih brokoli yang masih segar. Proses menjadikannya juga semakin simpel dengan memakai Royco Sup Krim Ayam. Total proses memasaknya cuma sekitar 30 menit saja. Cocok ya untuk dihidangkan ketika sarapan? Yuk, kita simak resep sup krim ayam brokoli!


5. Resep kari bihun khas Medan


Kari Bihun khas Medan tersaji di atas mangkuk putih.
Kari Bihun memiliki rasa dan kuah yang begitu kaya. (Foto: MAHI)

Saatnya menyuguhkan hidangan kaya rempah. Resep yang mampu kau coba ialah kari bihun, masakan khas Medan. Masakan dengan kuah kental ini menggunakan banyak sekali rempah, mulai dari kapulaga, cengkih, kayu anggun, kunyit, dan jahe. Kamu juga bisa kok mengubah santan dengan susu UHT untuk hidangan lebih rendah kolesterol.


Untuk kaldu yang lebih pekat, gunakan ceker ayam ke dalam air rebusan. Adapun untuk topping kari bihun, kamu mampu gunakan ayam suwir yang sebelumnya sudah direbus terlebih dahulu. Sudah siap menciptakan sajian kuliner rumahan Istimewa ini? Resep kari bihun ini mampu kamu racik dalam waktu sekitar satu jam.


6. Resep soto ayam kampung, sajian kuliner rumahan


Beruntungnya kita hidup di negara yang kaya akan hidangan sup dan soto. Setelah kari khas Medan, kita juga bisa menyuguhkan soto ayam dari banyak sekali kota dari Lamongan sampai Banyumas. Untuk sajian kuliner rumahan yang lebih light, kita mampu suguhkan soto ayam kampung di rumah. Rempah yang kita perlukan untuk bumbunya ialah kemiri, kunyit, lada, serai, dan jahe.


Paduan lada dan jahe mampu menunjukkan kehangatan tambahan untuk tubuh. Intip resep lengkap soto ayam kampung dan suguhkan dengan nasi hangat, sambal cabe rawit, dan kerupuk. Yum, nikmatnya! Demikian lima hidangan makanan rumahan yang mampu kamu coba di rumah. Selamat menjajal !




Referensi:


[1] Keiichiro Sugimoto Hiroaki Takeuchi, Kazuya Nakagawa, dan Yasuhiro Matsuoka. 2018. Hyperthermic Effect of Ginger ( Zingiber officinale ) Extract-Containing Beverage on Peripheral Skin Surface Temperature in Women. US National Library of Medicine National Institutes of Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/. (diakses 16 Maret 2019)


[2] Chaitanya Pandit, S. Sai Latha, T. Usha Rani & K. R. Anilakumar. 2018. Pepper and cinnamon improve cold induced cognitive impairment via increasing non-shivering thermogenesis; a study. https://www.researchgate.net/. (diakses 16 Maret 2019)


[3] Morihara N1, Nishihama T, Ushijima M, Ide N, Takeda H, Hayama M. 2007. Garlic as an antifatigue agent. US National Library of Medicine National Institutes of Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/. (diakses 16 Maret 2019)