Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Macam Masakan Khas Padang Yang Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah

Siapa yang bisa menolak kelezatan masakan khas Padang dengan segala karakteristiknya yang kita cintai itu? Dari rendang daging yang kaya rasa sampai soto, balado hijau yang membuatketagihan, sampai sotonya yang segar, siapapun sukar menolaknya. Dicintai para penikmat masakan Nusantara membuat rumah makan berkonsep masakan Sumatera Barat tersebar seluruh daerah di Indonesia bahkan sampai keluar negeri.


Meski bukan keturunan Minang, kau juga mampu menghadirkan cita rasa Sumatera Barat ini di dapurmu. Nyatanya masakan sekelas rendang, gulai, hingga ragam balado juga mampu disertai asalkan kau mendengarkancara menjadikannya. Ditambah, bumbu yang dipakai cukup biasa dan gampang didapatkan di mana saja. Sebagai berita, pelajari juga trik membuat kuliner tahan lama dan tak gampang bau.


Yuk, kita eksklusif saja mengintip enam resep kuliner khas Padang yang bisa kamu coba di rumah!


1. Rendang daging


Resep rendang daging sapi
Tidak hanya ikonik, rendang daging khas Minang memang tidak ada bandingannya di dunia! (Foto: Royco)

Siapa yang tak kenal rendang khas Minang? Makanan ini pernah dinobatkan menjadi makanan terlezat nomor 1 oleh cnn.com tahun 2017. Nama rendang sendiri berasal dari kata ‘merandang’ yang artinya proses mengolah masakan masakan demi menghilangkan kadar air dalam masakan.


Meski warnanya cenderung gelap, kau tentu oke tak ada yang bisa menandingi kelezatan rendang, kan? Kaya bumbu dan santan kental yang segar dengan proses mengolah makanan yang tidak sebentar bukan bermakna kamu tak mampu mempraktikkannya di rumah. Pastikan kau memasaknya dengan semua bumbu dan bahan yang diperlukan agar cita rasanya seenak rumah makan Padang langgananmu.


Simak resep Rendang Daging Padang.


2. Telur dadar Padang


Selain rendang, makanan khas yang sering kita jumpai di kedai makanan Padang yakni telur dadar. Berbeda dari telur dadar biasa, versi Minang lebih tebal dan kaya bumbu. Untuk telur dadar yang tebal ini, ada tekniknya biar telur dadar matang dan juga garing, adalah goreng dengan minyak banyak. Untuk menjadikannya lebih gampang, gunakan wajan antilengket.


Simak resep Telur Dadar Padang.


3. Sate Padang


Sate Padang tersaji di meja.
Sate padang, pendekar dikala malam hari datang. (Foto: MAHI)

Sate Padang juga punya banyak penggemar. Biasanya, sate padang dijual di kedai kecil dan dijual sehabis petang tiba. Sate dengan cita kari ini juga mampu kau membuatsendiri di rumah.


Ada beberapa rempah wajib yang perlu kau siapkan mirip asam kandis, kunyit, jahe, dan serai. Daging sate juga mesti diungkep terlebih dulu biar bumbunya meresap.


Simak resep Sate Padang


4. Dendeng Balado Basah


Menu favorit yang lain di restoran Padang ialah dendeng balado. Biasanya, dendeng yang tersaji ada dua jenis ialah dendeng kering dan dendeng lembap. Kamu lebih senang yang mana?


Dendeng Padang berisikan irisan daging dipadukan dengan lado atau bumbu sambal baik lado merah atau lado hijau. Namun proses membuatnya lebih cepat dibandingkan rendang.


Simak resep Dendeng Balado Basah.


5. Mie Rebus Minang


Mie rebus Minang tersaji hangat.
Mie Rebus Minang dari Payakumbuh bakal bikin tambah terus. (Foto: Shutterstock)

Menu yang satu ini tak banyak tersaji di restoran Padang, namun kelezatannya tak kalah terkenal. Mie rebus Minang berasal dari kawasan Payakumbuh. Berbeda dari mie rebus biasa, mie ini tersaji dengan suwiran rendang.


Ulek cabai dan kaldu tulang sumsum juga jadi salah satu kunci pembeda kuliner khas Padang yang satu ini. Kamu juga bisa membuatnya di rumah karena caranya relatif mudah.


Simak resep Mie Rebus Minang.


6. Soto Padang


Berbicara kuliner khas Padang, tak bisa lepas dari kenikmatan soto Padang. Berbeda dari kuliner minang yang lain, soto Padang tidak memakai santan dan condong light. Meski begitu, rasanya tetap kental alasannya adalah kaya rempah.


Cara membuatnya membutuhkan keteguhan. Ciri khas soto Padang yaitu daging dan paru yang garing dan tipis. Berani mengolah masakan sendiri di rumah?


Simak resep Soto Padang.




Dari keenam masakan khas Padang di atas, mana menu favoritmu? Dengan tingkat kesusahan mengolah makanan yang berlainan-beda, kau mampu mulai mencobanya dari yang termudah. Selamat menjajal !