Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Membuat Sup Buah A La Hong Kong Yang Sedang Viral!

Sup buah a la Hong Kong atau yang terkenal disebut dengan nama xi mi lu atau sai mao lou simpulan-akhir ini sedang trend dan jadi topik hangat di golongan foodie. Sudah pernah mencobanya?


Sejatinya xi mi lu yaitu tapioca dessert asal dapur Kanton yang berbahan dasar santan dengan isian tapioca pearl atau bola-bola sagu. Semakin berkembang, dessert ini  juga dipadukan dengan susu evaporasi dan bahan isi lainnya. Misalnya mirip buah segar potong, buah kalengan, dan dessert olahan (jelly, puding, atau nata de coco).


Xi mi lu, dessert sup buah yang menggunakan tapioca pearl.
Tapioca pearl, bahan utama sup buah a la Hong Kong. (Foto: Shutterstock)

Sup buah xi mi lu model setempat


Beberapa dessert Asia yang juga populer di negara tetangga seperti mango sago pearl dan taro pearl bisa jadi ialah leluhur kreasi sup tapioca pearl cuek ini. Xi mi lu juga mulai diketahui  di kota-kota besar di Indonesia, seperti Medan, Pekanbaru, Batam, dan beberapa kawasan yang lain.


Bedanya, model setempat dibuat dengan variasi komplemen isi yang menawan seperti buah segar, dawet, atau cincau. Ada juga yang menghadirkan substitusi berupa krim atau susu evaporasi sebagai pengganti santan oleh para penjaja kuliner. Tampilannya yang colorful dan instagrammable menciptakan sajian elok mirip sup buah ini gampang viral dengan banyak improvisasi bahan.


Karena xi mi lu sendiri hanya berbahan dasar saus santan anggun dan tapioca pearl, jadi sah-sah saja jika kamu ingin menghadirkan yang beda. Tambahkan ragam buah favoritmu untuk paling mudahnya. 


Puding mangga dengan tapioca pearl.
Hidangan bagus ini yaitu salah satu yang mampu kau ciptakan dari xi mi lu. (Foto: Shutterstock)

Cara menciptakan xi mi lu


Sebelum meracik xi mi lu versimu, tentukan apa saja yang ingin kamu jadikan sebagai materi isi sup buah kekinian ini. Saranku, seleksilah buah terbaik yang kamu temukan ketika membeli atau gunakan buah-buahan yang sedang ekspresi dominan. Untuk presentasi terbaik, seleksilah kombinasi isian berwarna kontras sehingga menghasilkan semangkuk sup buah yang membangkitkan selera.


Inilah resep sup buah a la Hong Kong atau xi mi lu yang bisa kau coba sendiri:


Untuk: 3 porsi


Bahan:



  • 200 g buah nangga harum cantik, potong kotak

  • 1 buah avokad, keruk isinya

  • 4 sdm sagu mutiara matang atau tapioca pearl

  • 3 sdm dawet

  • 50 g cincau atau puding cokelat atau coffee jelly

  • 3 buah leci kalengan

  • 350 ml santan kental

  • 75 g gula pasir

  • 1 lembar daun pandan

  • Es batu seperlunya


Cara membuat:



  1. Didihkan santan, daun pandan, dan gula pasir di atas api kecil sambil terus diaduk. Angkat. Sisihkan hingga tidak panas.

  2. Penyajian: Siapkan mangkuk saji, masukkan es watu, saus santan, dan semua bahan isi. Sajikan.


Nah, gampang sekali, kan, meracik sago soup asal Hong Kong ini. Jangan ragu juga untuk mengganti santan dengan susu, krim, atau susu evaporasi sebagai kuahnya. Yuk, bikin es buah kontemporer dan aneka macam camilan manis yang lain dari Masak Apa Hari Ini mirip cendol ataupun bubur kacang hijau!