Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kiat Masak Cepat Yang Mau Membuatmu Ketagihan Di Dapur

Tips masak cepat pastinya penting bagi kau yang mempunyai sejuta acara tetapi ingin punya waktu untuk mencurahkan kegemaran mengolah makanan. Agar tetap bisa menciptakan makanan rumahan yang lezat di tengah kesibukan, ada beberapa tips masak yang wajib kau tahu. Bikin masakan lezat tak mesti repot, kok. Ayo simak caranya!


1. Pilih materi kuliner yang cepat matang


Masak simpel bukan mempunyai arti sekadar telor ceplok, lho. Akali dengan memilih bahan-bahan yang cepat matang, misalnya fillet daging ayam, daging sapi bab has dalam, udang kupas siap pakai, atau fillet ikan. Bahan-bahan yang tak perlu proses usang dalam mengolah masakan mampu memotong waktu di dapur.


One dish meal wajib jadi daftar menu harian.
Tips masak cepat yang hendak membuatmu terlihat jago masak. (Foto: Shutterstock)

2. Buat bumbu sekaligus banyak


Daripada setiap mengolah masakan harus membuat bumbu, sebaiknya setiap tamat pekan kamu menyiapkan bumbu masak sekaligus untuk seminggu, bahkan sebulan. Buat jenis bumbu masak sesuai kebutuhanmu, misalnya bumbu dasar mirip bumbu putih, bumbu merah, atau bumbu kuning. Porsikan dalam ukuran sekali masak, kemudian simpan dalam freezer. Mudah, kan?


3. Buat persediaan frozen food sendiri


Daripada berbelanja, seharusnya siapkan sendiri frozen food di rumah. Kamu mampu menciptakan kuliner-masakan yang cukup lama prosesnya memasaknya dalam jumlah besar, kemudian dibagi dalam porsi sekali saji. Misalnya untuk kuliner gulai, rendang, kari daging, atau semur. Bekukan dalam freezer dan panaskan dikala akan disuguhkan.


4. Pilih teknik masak yang singkat


Tak usah berlama-usang di dapur kalau memang sedang tergesa-gesa. Akali dengan menentukan teknik masak yang cepat. Pilih jenis kuliner yang ditumis daripada harus diungkep lalu digoreng atau dibakar. Atau bisa juga pilih teknik masak pan fried (menggoreng dengan sedikit minyak) dengan menggunakan bahan daging atau ikan yang cepat matang.


5. Sajikan menu one dish meal


Ini cocok bagi kamu yang malas mengolah masakan beberapa hidangan (nasi, lauk, dan sayuran) secara terpisah atau bertahap. Cari inspirasi lewat hidangan one dish meal, ialah dalam satu menu, sudah terdapat kombinasi karbohidrat, lauk, dan sayuran. Misalnya Nasi Goreng Ayam Sayuran, Nasi Kebuli, Kwetiau Cap Cay, atau Soto Ayam. Kamu mampu menambahkan komposisi sayuran dan lauk agar lebih komplit.


6. Gunakan pertolongan alat dapur elektro


Beberapa alat dapur ini akan sangat membantu pekerjaanmu di dapur. Misalnya blender, food processor, pressure cooker (panci presto), dan slow cooker. Setiap alat mempunyai fungsi yang bisa mempersingkat waktumu di dapur. Misalnya panci presto untuk mempercepat pemasakan daging supaya lebih cepat empuk, food processor untuk menolong menggiling sekaligus mencampur gabungan, dan bermacam-macam yang lain.


7. Selalu sediakan sayuran beku siap pakai


Sayuran beku juga dapat kau siapkan sendiri di rumah. Pilih jenis sayuran mampu disimpan dalam freezer, contohnya wortel, buncis, kacang panjang, atau brokoli. Blansir sampai nyaris matang, kemudian bekukan. Jika sedang tak memiliki waktu, kamu tinggal mengeluarkannya dari freezer dan menumisnya sebentar. Tak perlu adegan memotong dan mencuci sayuran.


Selalu sedia sayuran beku
Sayuran beku bisa mempersingkat waktu masak sayuran. (Foto: Shutterstock)