Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kuliner Olahan Kacang Almond Untuk Penganut Pembatasan Makanan Keto

Kacang almond tidak hanya rendah karbohidrat tetapi juga begitu multi fungsi. Hanya dengan jenis kacang ini, kau bisa menciptakan kudapan manis, roti, salad, sampai masakan pencuci ekspresi untuk menolong pembatasan makanan keto kau. Berikut aku pilihkan 7 masakan olahan kacang almond yang sesuai untuk penganut pembatasan makanan keto. Jangan ragu untuk mencobanya sendiri di rumah ya!


1. Almond Pancake


kacang almond
Meski tidak memakai tepung terigu, pancake ini sama lembutnya dan juga mengenyangkan. (Foto: Shutterstock)

Salah satu hal yang menjadi usulanbagi mereka yang ingin mengawali pembatasan makanan keto ialah sulitnya mencari pengganti sumber karbohidrat. Untuk yang biasa menikmati roti dan pancake sebagai makan pagi, maka gunakan  kacang almond sebagai bahan utama membuatnya. Olahan kacang almond yang satu ini dijamin bakal kamu suka!


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Kacang almond yang telah dihaluskan, tepung kelapa, tambahan stevia, baking powder, susu almond, minyak sayur, ekstrak vanili, dan garam.


Cara menjadikannya:



  1. Kocok semua bahan bersama-sama dalam satu mangkuk berskala besar hingga halus. Usahakan campuran biar tidak terlalu kental ataupun terlalu cair.

  2. Panaskan wajan yang telah diberi minyak sayur di atas api sedang.

  3. Tuangkan satu sendok sayur campuran ke atas wajan. Tutup dan masak sekitar dua menit, hingga gelembung mulai terbentuk.

  4. Balikkan adonan dan masak dua menit lagi. Ulangi hingga sisa gabungan habis.

  5. Sajikan pancake dengan selai kacang.


2. Tumis Buncis dan Kacang Almond


kacang almond
Sebagai sobat makan, santap hidangan ini bersama ‘nasi kembang kol’. (Foto: Shutterstock)

Sebagai pengganti nasi biasa, penggiat diet keto umummemakan ‘nasi kembang kol’ yang yang dibuat dari kembang kol yang dihaluskan lalu ditumis dengan sedikit minyak, bawang putih, dan garam. Kembang kol memiliki kadar karbohidrat yang rendah dengan tekstur menyerupai nasi. Teman makannya adalah tumis buncis dan olahan kacang almond yang satu ini.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Kacang almond, minyak zaitun, garam, bawang merah, buncis, bawang putih, garam dan Royco Kaldu Ayam.


Cara membuatnya:



  1. Panaskan wajan berskala sedang yang diisikan minyak zaitun dan mentega di atas api rendah. Masukkan bawang merah dan tumis selama satu menit.

  2. Tambahkan buncis, bawang putih, garam dan Royco. Aduk rata sampai buncis matang. Sajikan hangat-hangat selaku lauk. 


3. Chicken Parmesan           


kacang almond
Menggunakan tepung almond sebagai tepung panir, Chicken Parmesan ini sama renyahnya dengan yang umumnya. (Foto: Shutterstock)

Hidangan keto yang satu ini biasa kita kenal juga dengan sebutan lainnya seperti ayam goreng tepung atau chicken schnitzel. Yang membedakan Chicken Parmesan di resep ini dengan lainnya ialah penggunaan tepung almond sebagai pengganti tepung terigu. Hasilnya sama-sama renyah dan pastinya dengan kalori yang lebih rendah. Demi menerima kerenyahan optimal tanpa mesti menggoreng, gunakan panggangan untuk resep yang satu ini.


Bahan-materi yang dibutuhkan: Fillet dada ayam, mentega, keju parmesan, tepung almond, oregano, peterseli, paprika abu, garam, dan Royco Kaldu Ayam.


Cara memasaknya:



  1. Pertama, panaskan panggangan sampai 200C.

  2. Alasi loyang dengan kertas roti dan semprot dengan cooking spray agar tidak lengket.

  3. Celupkan ayam dalam mentega kemudian lapisi dengan adonan materi-bahan yang tersisa.

  4. Letakkan di atas loyang kemudian panggang selama 20 – 25 menit. Sajikan.


4. Almond Milk Rice Pudding


kacang almond
Manis tetapi tidak mengganggu diet keto kamu! (Foto: Shutterstock)

Siapa bilang diet keto pantang menikmati camilan yang elok-bagus? Dengan sedikit perjuangan, kamu masih mampu mencicipinya selama tidak terlalu banyak mengandung gula atau karbohidrat. Salah satunya yakni dengan olahan kacang almond berikut ini!


Bahan-materi yang diharapkan: Beras Jepang, suplemen stevia, susu almond, dan garam.


Cara menjadikannya:



  1. Dalam panci sup berukuran sedang; campurkan beras, tambahan stevia, garam, dan satu cangkir susu almond.

  2. Masak adonan di atas api kecil dan aduk sampai lima menit. Secara bertahap tambahkan lima cangkir susu almond lagi dan masak sampai saus sungguh kental selama 25 menit.

  3. Biarkan dingin, lalu masukkan lagi satu cangkir susu almond. Sajikan dengan selai kacang atau bagian buah alpukat.


5. Kari Sayur Keto


kacang almond
Untuk hidangan ini, pilih sayur yang rendah karbo dan gula sesuai selera kau. (Foto: Shutterstock)

Salah satu tantangan paling besar yang dihadapi ketika melaksanakan diet keto adalah memilih menu sayur yang tidak banyak mengandung gula atau karbo. Selanjutnya adalah bagaimana caranya menghidangkan sajian yang kreatif semoga tidak jenuh. Kari Sayur Keto ini memakai sayur musiman dan bumbu yang rendah karbohidrat. Cocok dihidangkan selaku makan malam di trend hujan. Yuk, dicoba olahan kacang almond berikut ini!


Bahan-materi yang dibutuhkan: Kembang kol, brokoli, bayam, minyak kelapa, bawang bombay, bawang putih, jahe, saus ikan, kecap asin, pasta kari merah, dan susu almond.


Cara menjadikannya:



  1. Masukkan dua sendok makan minyak kelapa ke dalam panci di atas api sedang. Setelah minyak panas, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai mulai matang.

  2. Kecilkan api dan masukkan brokoli ke dalam wajan dan lanjut masak selama 2 menit. Tambahkan satu sendok makan pasta kari merah dan masak hingga wangi.

  3. Kemudian masukkan sayur bayam. Masak sampai layu dan tambahkan susu almond. Aduk rata.

  4. Tambahkan minyak kelapa, saus ikan, kecap asin, dan jahe. Biarkan mendidih selama 5-10 menit. Sajikan selagi hangat.


6. Salad Quinoa dan Kacang Almond


kacang almond
Kamu bebas memakai jenis sayur rendah karbo yang lain seperti brokoli, selada air, mentimun, paprika, dan masih banyak yang lain. (Foto: Shutterstock)

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Quinoa, air perasan lemon, kacang almond matang, sayur rendah karbo sesuai selera (teladan: mentimun, bayam, brokoli atau arugula), mentega almond, minyak zaitun, dan debu cabe.


Cara menjadikannya:



  1. Panaskan panggangan hingga 200C. Dalam panci sedang di atas api besar masukkan quinoa, satu gelas air, dan air perasan lemon. Masak sampai mendidih. Bumbui dengan garam, tutup, dan kecilkan api. Masak selama 10 menit.

  2. Iris mentimun (atau sayur rendah karbo yang lain) kemudian sisihkan.

  3. Dalam mangkuk, campurkan mentega almond, minyak zaitun, air perasan lemon, dan bubuk cabe. Sisihkan.

  4. Dalam mangkuk lain, campurkan quinoa, kacang almond matang yang sudah dihancurkan kasar, dan mentimun (atau sayur lainnya). Aduk dengan saus dan suguhkan.


7. Roti Keto 90 Detik


kacang almond
Campur materi, masukkan ke dalam microwave, dan masak selama 90 detik. Boom! Sarapan kamu sudah siap! (Foto: Shutterstock)

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Telur, susu, minyak zaitun, tepung kacang almond, tepung kelapa, baking powder, dan garam.


Cara membuatnya:



  1. Kocok telur, susu, minyak, tepung kelapa, tepung kacang almond, baking powder, dan garam dalam mangkuk. Tambahkan keju atau daun bawang sesuai selera.

  2. Tuangkan gabungan ke dalam gelas anti panas dan masak dalam microwave selama kurang lebih satu setengah menit. Keluarkan dari dalam gelas dan hidangkan.